Kunci Sukses Cegah Layu Bakteri dan Layu fusarium Pada Tomat dan Cabe

Layu jamur dan bakteri menyerang bermacam jenis tanaman sayur dan buah. Gejala serangan bakteri pada tanaman juga jamur yaitu bagian tanaman layu mendadak, mulai bagian atas daun, warna menjadi kecoklatan, mengering layu dan akhirnya mati.

Perbedaan layu fusarium dan layu bakteri adalah pada penyebabnya. Penyebab Layu fusarium oleh jamur (Fusarium Oxysporum) sedangkan penyebab layu bakteri oleh bakteri (Pseudomonas Solanacearum) yang terbawa vektornya.

Petani Indonesia saat ini sudah banyak yang mengusahakan dan membudidayakan untuk budidaya Tanaman Hortikultura. Penyebabnya karena tanaman jenis Hortikultura ini mempunyai nilai jual yang tinggi dan cepat panen. Sehingga perolehan perputaran dana dan keuntungan juga semakin cepat dan besar.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas sedikit mengenai serangan Layu jamur bakteri pada tanaman sayur. terutama tanaman cabe/tanaman cabai dan tomat yang sudah banyak pembudidayaanya, dan familiar kalangan masyarakat petani Indonesia.

Pembahasan kita fokuskan pada masalah bagaimana agar tanaman cabai dan tanaman tomat yang  dibudidayakan tersebut tidak terserang penyakit layu jamur serta bakteri. terutama pada saat penanaman musim hujan seperti saat ini. 

Potensi serangan layu bakteri pada cabai dan tomat, serta gejala layu fusarium pada tomat sangatlah tinggi. Layu jamur dan bakteri pada tanaman cabe dan Tomat meningkat disebabkan pada saat kondisi penghujan. tingkat kelembaban lingkungan budidaya semakin tinggi. Pengendalian air terkadang susah untuk  jumlah dan waktunya.

Baca Juga : Budidaya Cabe Laba Panah Merah, Tanaman Terhindar Mati Layu

2 Comments on “Kunci Sukses Cegah Layu Bakteri dan Layu fusarium Pada Tomat dan Cabe”

    1. Terima kasih bapak Nyapek sudah mampir di Blog kami, untuk mencari Arashi bapak bisa hubungi langsung Toko Pertanian LMGA AGRO di kontak Person : Budi Hp. 082 141 747 141, dengan senang hati kami akan melayani bapak dan mengirim ke manapun posisi bapak. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *