JUAL BENIH CABE RAWIT DEWATA F1 POTENSI HASIL TINGGI

CABE RAWIT DEWATA, CARA MENANAM CABE DEWATA F1, TANAMAN CABE DEWATA F1, JUAL BENIH CABE DEWATA F1, LMGA AGROJual benih cabe rawit Dewata F1 cap Panah Merah. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) 08125222117 ( SMS/WA ). Juga melayani konsultasi gratis mengenai budidaya cabe rawit yang baik dan benar mulai dari cara menyemai benih hingga panen.

Benih cabe rawit Dewata F1 merupakan bibit cabe rawit unggulan produksi dari PT East-West Seed. Isi bersih kemasan sebanyak 2250 butir benih. LMGA Agro juga menyediakan benih hibrida sayur dan buah produksi dari pabrik-pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesia.

Selain benih, LMGA Agro juga menyediakan bermacam pupuk dan pestisida, alat pertanian yang dapat membantu Anda dalam bercocok tanam.

LMGA Agro mengirim pesanan Anda juga benih cabe rawit Dewata F1, dengan cepat dan tepat waktu ke alamat Anda menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

CABE RAWIT DEWATA F1 POTENSI HASIL TINGGI

Benih cabe rawit Dewata F1 merupakan bibit cabe rawit super, direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah mulai dari 10 m dpl. Cabe rawit Dewata F1 dapat dipanen mulai umur 65 hari setelah tanam. Tumbuhan akan berbunga pada umur 35 hari setelah tanam.

Potensi hasil menanam benih cabe rawit Dewata F1 tinggi yaitu antara 10 – 12 ton/ha dengan berat per buahnya 1,8 gram dan rata-rata berat buah per tanaman ± 700 gram.

Benih cabe rawit Dewata adalah jenis cabe rawit yang berwarna putih saat muda, tumbuh tegak, lebat dan kokoh. Tinggi tanaman cabe rawit Dewata F1 ± 50 cm, tanaman tumbuh rimbun dan kompak.

Cabe rawit Dewata F1 matang berwarna merah oranye. Buah berasa pedas dan kulit yang tebal sehingga tahan pengangkutan jarak jauh.

Melihat karakteristik cabe rawit Dewata di atas, merupakan pilihan yang tepat bagi petani untuk budidaya cabe rawit Dewata F1. Umur mulai panen yang cepat, buah yang tumbuh lebat sehingga hasil panen cabe rawit Dewata F1 cukup tinggi.

Cabe rawit memiliki nama latin Capsicum frutescens adalah salah satu jenis cabe yang banyak ditanam di wilayah Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat ideal untuk bercocok tanam cabe rawit.

Bagi penggemar rasa pedas cabe, mengkonsumsi cabe rawit dapat memberikan sensasi pedas dan terbakar yang unik karena tingkat kepedasannya lebih tinggi dibandingkan dengan cabe merah dan cabe keriting.

Dibandingkan jenis cabe lain, cabe rawit cenderung lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, juga memiliki usia produktif yang lebih lama. Lama usia produktif tanaman cabe rawit yaitu 2 hingga 3 tahun.

BUDIDAYA CABE RAWIT DEWATA HIBRIDA DARI PANAH MERAH

Menanam cabe rawit Dewata F1 ditanam pada dataran rendah dengan jenis tanah yang berpasir. Cabe rawit secara umum dapat ditanam dimana saja dan memiliki adaptasi lingkungan yang luas.

Tanaman cabe rawit tumbuh baik pada ketinggian 0 – 500 m dpl. Penanaman di ketinggian 1000 m dpl, produktivitas kurang maksimal.

Tanaman cabe rawit Dewata F1 memerlukan sinar matahari penuh dan minimal 8 jam/hari. Lokasi penanaman tidak terdapat naungan. Tanah memiliki pH sebesar 6,5 – 7.

Tanah untuk menanam cabe rawit juga adalah lahan yang steril, tidak bekas penanaman cabe minimal selama 6 bulan. Sebaiknya menanam cabe rawit tidak berdekatan dengan lahan cabe juga yang sudah ditanam lebih dulu.

MEMBUAT BIBIT CABE DEWATA F1  HASIL  MAKSIMAL

Baik penanaman di lahan luas maupun untuk di pekarangan rumah sendiri, penting sekali untuk menumbuhkan benih di wadah yang kita atur kondisinya sedemikian rupa. Benih cabe yang ditanam pada wadah polybag terbukti dapat mengurangi jumlah tanaman yang mati karena stress tanaman.

Maksud dari pembibitan adalah mengecambahkan benih pada wadah yang diatur medianya sehingga benih dapat tumbuh baik dan sehat. Media untuk membuat bibit cabe yang digunakan adalah campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan arang sekam bila ada. Semua bahan tersebut harus diayak halus dan kemudian dicampur menjadi satu.

Komposisi perbandingan yang tepat untuk media semai bibit cabe rawit Dewata adalah tanah : kompos = 1 : 1. Sedangkan bila menggunakan arang sekam, tanah : kompos : arang sekam = 2 : 1 : 1. Media yang sudah siap dimasukkan pada polybag ukuran 5 x 10 cm. Dibiarkan selama 1 minggu dan diletakkan ditempat yang teduh dan terlindung.

BACA JUGA : MENANAM CABE KERITING BENIH OR TWIST 42 HIBRIDA

Tempat untuk menyemai bibit cabe sebaiknya menggunakan naungan plastik yang bisa dibuka tutup agar aliran udara dapat berganti setiap hari. Juga bisa dipasangkan jaring untuk melindungi bibit-bibit dari hama atau serangga.

Penyiraman bibit bila masih benih adalah dengan menutup permukaan benih dengan kertas koran, lalu siram air perlahan pada lapisan koran. Biasanya setelah 3 hari, benih akan berkecambah dan kertas koran tidak dipakai lagi. Penyiraman dilakukan setiap hari minimal 1 kali sehari.

CARA MENANAM BIBIT CABE RAWIT DEWATA

CABE RAWIT DEWATA F1, TANAMAN CABE RAWIT DEWATA F1, CARA MENANAM CABE DEWATA F1, LMGA AGRO
CABE RAWIT DEWATA F1

Bibit cabe dipelihara hingga berumur 20 – 25 hari atau sampai muncul 3 – 5 helai daun sejati. Ditempat lain, kita mempersiapkan penanaman bibit di lahan luas.

Lahan yang akan kita gunakan harus bersih dari gulma, batu/kerikil dan sisa-sisa tanaman. Bisa juga menyemprotkan herbisida untuk mengendalikan pertumbuhan gulma.

Lahan digemburkan dengan cara dicangkul, digaru atau dibajak sampai kedalaman 40 cm. Lahan yang gembur akan memudahkan akar tumbuh dengan baik dan dapat menyerap unsur hara dalam tanah.

Jangan lupa untuk mengecek pH tanah, bila pH<5 maka untuk menetralkan menggunakan kapur dolomit sebanyak 1 – 4 ton/ha sampai pH menjadi netral.

Bedengan tanaman cabe dibuat dengan lebar 100 – 110 cm, tinggi 30 -40 cm dan jarak antar bedengan adalah 60 cm dan digunakan sebagai parit. di atas bedengan yang sudah jadi, tebarkan pupuk kandang ditambah pupuk kimia Urea, SP-36 dan KCL.

Agar perawatan tanaman cabe rawit Dewata dapat efektif, bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Mulsa dipasang pada siang hari agar dapat melekat erat. Lalu biarkan tanah selama 1 minggu agar pupuk dapat terserap dalam tanah.

Satu hari sebelum penanaman bibit, mulsa dilubangi menggunakan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro ). Lubang digunakan untuk menanam bibit, jarak lubang 60 x 60 cm sebanyak 2 baris dalam 1 bedeng.

Sebaiknya lubang tanam dibuat model zig-zag. Sebelum penanaman, bedengan dan polybag disiram air agar mudah dalam melepas bibit dari polybag.

Penanaman bibit dilakukan serentak selesai dalam satu hari dan sebaiknya dilakukan pada sore hari. Bibit yang sudah ditanam, ditutup tanah kemudian siram sampai basah.

BACA JUGA : TIPS DAN KIAT SUKSES MENANAM CABE DAN TOMAT DI MUSIM PENGHUJAN

CARA MERAWAT TANAMAN CABE RAWIT DEWATA AGAR CEPAT BERBUAH

Penyiraman dilakukan dengan cara kocor disesuaikan dengan cuaca. Bila musim panas, tanaman cabe rawit Dewata perlu disiram minimal 2 hari sekali pada pagi hari atau sore hari. Bersama penyiraman dapat dilakukan penyiangan dan pendangiran.

Bila ada tanaman yang sakit atau mati, harus segera dicabut dan digantikan dengan tanaman yang baru dan masih segar.

Penyulaman bibit dilakukan paling lama 2 minggu setelah pindah tanam.  Bibit yang mati dicabut lalu dibakar ditempat yang agak jauh.

Pemasangan ajir/lanjaran berfungsi untuk menopang tanaman cabe rawit agar tumbuh berdiri kokoh. Ajir yang ditancapkan maksimal paling lama 1 minggu setelah penanaman bibit.

Bila tanaman sudah agak besar, diikatkan pada ajir lalu dikat menggunakan tali salaran ( tersedia di Toko pertanian LMGA Agro ). Ajir terbuat dari bambu atau kayu dan ditancapkan 4 cm dari pangkal batang tanaman cabe rawit.

Pemangkasan tanaman cabe rawit Dewata dilakukan dengan memotong tunas aksiler, yaitu tunas samping. Memotong sebanyak 2 – 3 tunas samping yang berada pada batang pokok utama tanaman.

Pemangkasan tunas ini untuk merangsang pembungaan dan berbuah lebih lebat. Pemangkasan menggunakan gunting yang bersih dan tajam.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE RAWIT BHASKARA UMUR GENJAH

Pemupukan susulan pertama dilakukan saat tanaman cabe rawit Dewata umur 2 minggu setelah semai. Pemupukan pertama sebanyak 3 kg NPK per 1000 tanaman, larutkan pupuk dengan 200 liter air dan kocorkan pada tanaman sebanyak 200 ml/tanaman.

Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 1 minggu sekali dan dosis ditambahkna secara berkala. Pupuk susulan yang digunakan selain NPK adalah KCL, TSP, KNO3 atau MKP dengan dosis disesuaikan kebutuhan tanaman.

Untuk memenuhi kebutuhan unsur mikro, dapat disemprotkan pupuk daun ( dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro ). Penyemprotan pupuk daun setiap 1 minggu sekali. Agar efektif dan praktis, penyemprotan pupuk daun bersamaan dengan penyemprotan insektisida atau fungisida.

HAMA & PENYAKIT CABE RAWIT

1. REBAH SEMAI

Petani perlu mengenal gejala penyakit ini karena gejala ini yang paling awal ditemui oleh petani cabe rawit terutama, saat di persemaian bibit cabe. Gejala rebah semai yaitu pada pangkal batang di dekat akar akan membusuk, menyusut lalu patah. Penyebabnya adalah oleh infeksi jamur.

Penyakit rebah semai bibit cabe rawit adalah menyemprotkan fungisida kontak berbahan aktif karbendazim dan fungisida sistemik berbahan aktif melataksil atau dimetomorf.

2. HAMA TANAMAN CABE RAWIT 

Hama yang sering menyerang tanaman cabe rawit antara lain ulat grayak, ulat tanah, tungau, jangkrik. aphids, lalat buah, bekicot dan thrips.

Untuk mencegah serangan hama, kita harus rutin menjaga dan membersihkan kebun. Seperti selalu mencabut gulma, menghilangkan daun-daun kering atau yang sudah layu. Memasang perangkap lalat berupa atraktan untuk mencegah serangan lalat buah.

3. PENYAKIT TANAMAN CABE RAWIT

Mengenal penyakit layu pada tanaman cabe rawit, penyebabnya adalah Pseudomonas solanacearum yaitu bakteri parasit yang biasa menyerang akar, pangkal batang, tunas juga seluruh bagian tanaman cabe rawit.

Gejala awal penyakit layu yaitu tampak tanaman cabe rawit yang masih segar saat pagi hari, namun saat siang hari tanaman mulai layu dan kembali segar di sore harinya. Gejala tersebut berlangsung dalam beberapa hari saja dan kemudian tanaman cabe rawit mengering lalu mati.

Pencegahan dan pengendalian penyakit tanaman cabe rawit yang dapat kita lakukan antara lain :

  • Melakukan pengolahan lahan dan membuat bedengan yang tinggi. Pengecekan pH tanah dan harus dalam kondisi netral.

  • Menanam cabe rawit menggunakan benih yang berkualitas dan unggul. Bila perlu yang tahan penyakit dan tahan virus.

  • Pemupukan yang berimbang, terutama bila menggunakan pupuk kandang adalah pupuk yang telah difermentasi/kering.

  • Pemupukan unsur N jangan berlebihan karena tanaman akan rentan penyakit.

  • Pengaturan drainase yang baik dan air tidak menggenang.

  • Mencabut dan memusnahkan tanaman dan bagian tanaman seperti daun, buah, ranting yang mati/membusuk.

  • Menjaga jarak tanam agar tidak terlalu berdekatan erutama saat penanaman di musim hujan.

BACA JUGA : BENIH CABE RAWIT MHANU F1 PRAYIT POTENSI HASIL TINGGI

PANEN TANAMAN CABE RAWIT DEWATA HASIL TINGGI

CABE RAWIT DEWATA, CARA MENANAM CABE RAWIT DEWATA, TANAMAN CABE DEWATA F1, JUAL BENIH CABE DEWATA F1, LMGA AGRO
PANEN CABE  DEWATA F1

Cabe rawit Dewata dipanen pada umur 65 – 75 hari setelah semai dan panen dapat dilakukan berkali-kali hingga tanaman tidak berproduksi lagi. Panen dilakukan pada pagi hari dan dengan interval 3 – 4 hari sekali sebanyak 16 – 20 kali panen.

Untuk pemasaran jarak jauh, cabe rawit Dewata sebaiknya dipanen saat tingkat kematangan 70%. Sehingga saat sampai di tempat tujuan, cabe rawit sudah matang.

Sedangkan untuk pasar lokal, pemanenan dilakukan saat tingkat kematangan cabe rawit 80%. Panen yang masih muda dapat menyebabkan buah cabe rawit Dewata cepat layu, bobot buah berkurang dan buah cepat busuk.

Buah cabe rawit Dewata yang dipanen segera dimasukkan wadah yang berongga dan diletakkan di tempat yang teduh, terhindar dari sinar matahari langsung. Sehingga buah cabe tidak cepat layu.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI DEWATA BUAH LEWAT PILIHAN TEPAT

Demikian artikel tentang benih cabe rawit Dewata F1 cap Panah Merah dan cara menanam cabe rawit yang baik dan benar.

Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Dapat menghubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).  Kami juga melayani konsultasi gratis mengenai budidaya tanaman sayur dan buah.

LMGA Agro mengirim semua kebutuhan Anda tentang bercocok tanam seperti benih hibrida terutama benih cabe rawit Dewata, alat pertanian, sarana dan prasarana ke alamat Anda dengan cepat dan tepat waktu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba menanam cabe rawit menggunakan benih cabe rawit Dewata.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *