GRAND 22 : BENIH KUBIS HIBRIDA F1 TAHAN HUJAN CAP KAPAL TERBANG

GRAND 22, GRAND 22 F1, KUBIS GRAND 22, GRAND 22 CHIA TAI SEED, GRAND 22 CAP KAPAL TERBANG, LMGA AGRO, JUAL BENIH GRAND 22
GRAND 22

lmgaagro.com — GRAND 22 : Benih Kubis Hibrida F1. Jual benih kubis GRAND 22 harga murah dapat diperoleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ( telepon ) dan 0812 5222 117 ( SMS/WA ). Benih GRAND 22, benih kubis yang beradaptasi baik di musim hujan.

LMGA Agro juga terdapat benih sayur kubis varietas lain yang juga unggul dan berkualitas. Juga tersedia benih sayur dan buah komoditas unggul di Indonesia dari berbagai varietas. Tersedia pula alat-alat pertanian, sarana dan prasarana lengkap kebutuhan budidaya pertanian Anda.

LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian gratis tentang cara menanam, cara membuat bibit, cara merawat tanaman dan cara mengendalikan hama dan penyakit tanaman budidaya kita. LMGA Agro siap mengantarkan pesanan kubis Grand 22 dan kebutuhan pertanian anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat.

KUBIS HIBRIDA F1 GRAND 22

Kubis hibrida F1 GRAND 22 adalah benih kubis cap Kapal Terbang produksi PT. BISI International Tbk. Kubis GRAND 22 cocok ditanam di dataran menengah sampai dataran tinggi ( 400 – 1000 m dpl ) dan beradaptasi baik di musim hujan.

Tanaman kubis GRAND 22 tumbuh tegak dan seragam. Daun berwarna hijau tua dengan kepala bulat pipih, kompak dan sangat keras. Kubis GRAND 22 tahan untuk pengiriman dan pengangkutan jarak jauh.

Berat krop/kepala kubis GRAND 22 antara 1,5 – 2,0 kg/krop. Kubis GRAND 22 dapat dipanen pada umur ± 65 hari setelah pindah tanam. Kebutuhan benih untuk budidaya kubis GRAND 22 sebesar ± 200 g/ha. Jarak tanam yang dianjurkan adalah 50 x 60 cm.

Kubis, kol atau kobis adalah nama sayuran yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini menyukai tanah yang tidak becek dan kubis biasnya di tanam di daerah pegunungan ( 400 m dpl ke atas ) dan di daerah tropis.

Kubis segar mengandung banyak vitamin A, B, C dan E. Mineral yang banyak terdapat pada kubis adalah Kalium, Kalsium, Fosfor, Natrium dan Besi. Kubis segar juga mengandung senyawa yang dapat merangsang pembentukan glutation, yaitu zat untuk menon-aktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

MANFAAT KUBIS GRAND 22

Kubis dapat dikonsumsi segar yaitu sebagai lalapan maupun diolah terlebih dahulu. Sebagai lalapan, kubis sebagai pelengkap untuk sajian berbagai jenis sambal. Juga biasa disertakan dalam menu nasi goreng atau lalapan ayam dan ikan lele. Daun kubis yang diolah dimanfaatkan untuk orak-arik atau capjay.

Daun kubis yang direbus menjadi lunak, tipis dan transparan. Daun kubis yang direbus biasa diolah untuk sayuran seperti sup.

BACA JUGA : KK CROSS RAJANYA KUBIS DATARAN RENDAH

Konsumsi kubis yang berlebih menyebabkan beberapa gangguan dalam tubuh. Seperti suku kubis-kubisan yang lain, kubis juga mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung dan dapat menimbulkan kembung. Daun kubis mengandung kelompok glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit.

Warna kubis umumnya adalah hijau sangat pucat, namun ada pula jenis kubis yang berwarna hijau dan ungu kemerahan.

Dari bentuk kropnya, dikenal 2 macam kubis yaitu kubis bulat dan kubis gepeng ( bulat agak pipih ). Pembagian jenis kubis ini sudah umum dikalangan petani dan pedagang kubis di Indonesia.

TANAMAN KUBIS GRAND 22 HIBRIDA F1

Tanaman kubis Grand 22 secara umum memiliki ciri khas membentuk krop. Pertumbuhan awal ditandai dengan pembentukan daun secara normal dan semakin dewasa, daun-daun mulai melengkung keatas hingga akhirnya tumbuh merapat satu sama lain.

Saat kondisi seperti tersebut, petani biasanya menutup krop dengan daun-daun di bawahnya supaya warna krop makin pucat. Dan saat ukuran krop  kubis Grand 22 telah mencukupi maka kubis siap untuk dipanen.

Secara budidaya, kubis adalah komoditi semusim. Secara biologi, kobis adalah tanaman dwi-musimbiennial ) dan memerlukan vernalisasi untuk pembungaan.

Apabila kubis tidak mendapat suhu dingin, tumbuhan ini dapat terus tumbuh tanpa berbunga, setelah berbunga kemudian mati.

Tanaman kubis tumbuh baik pada ketinggian 800 m dpl ke atas, dengan curah hujan yang cukup serta suhu antara 15 – 20 °C.

Tanaman kubis menyukai tanah yang gembur, tekstur tanah yang sarang dengan pH tanah antara 6 – 6,5. Tanaman kubis mampu tumbuh di sepanjang tahun.

BACA JUGA : BENIH KUBIS, MANFAAT KUBIS DAN CARA MENANAM KUBIS

Penanaman kubis di dataran rendah menyebabkan ukuran krop mengecil dan tanaman menjadi sangat rentan terhadap ulat pemakan daun Plutella.

Penampilan kubis yang dipanen di Indonesia, menentukan harga jualnya di pasaran. Sehingga tak jarang petani melakukan penyemprotan insektisida yang berlebihan agar kubis tidak berlubang akibat dimakan ulat.

Dan ini harus disadari para konsumen, penikmat kubis untuk mencuci air mengalir hingga bersih kubis yang baru dibeli.

BUDIDAYA KUBIS GRAND 22 CAP KAPAL TERBANG

  • PENGOLAHAN TANAH. Lahan dibersihkan dari gulma dan tanaman liar untuk meminimalisir serangan penyakit yang terdapat pada tanah. Penyakit tersebut seperti akar bengkak, busuk lunak, rebah semai dan lain-lain.

  • Gulma-gulma yang ada dicabut, dikumpulkan kemudian dibakar atau dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Agar tanah gembur dan dapat mengalirkan air dengan baik, tanah diberi pupuk organik terutama penanaman di musim kemarau.

  • PERSIAPAN LAHAN. Tanah diolah dengan kedalaman 20 – 30 cm dan bila pH kurang dari 6 maka beri tanah dengan dolomit sebanyak ± 2 ton/ha. Membuat bedengan dengan lebar yaitu 1 m dan tinggi 20 – 30 cm dan panjang disesuaikan luas bedengan. Jarak antar bedengan 30 cm.

  • PERSEMAIAN BIBIT. Menggunakan media semai campuran tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1. Sebelum dibenamkan dalam media, benih kubis GRAND 22 direndam dalam air hangat beberapa jam kemudian diangin-anginkan.

  • CARA BUDIDAYA KUBIS GRAND 22 METODE LMGA AGRO
  • Benih dibenamkan pada media kemudian benih ditutup daun pisang selama 3 – 4 hari. Benih disiramkan rutin setiap hari. Beri naungan pada persemaian bibit kubis menggunakan plastik dan dibuka saat pagi sampai pukul 10.00 dan dibuka lagi pukul 15.00.

  • Lakukan pengamatan rutin terhadap bibit kubis, terutama bila diserang penyakit tepung berbulu ( Peronospora parasitica ) atau ulat daun yang menyerang daun pertama. Jika terkena maka daun kemudian dipetik lalu daun yang terserang dibuang.

  • Bibit kubis yang siap dipindah adalah yang telah muncul 3 – 4 daun sejati. Atau telah berumur 3 – 4 minggu.

  • JARAK TANAM tanaman kubis ada 2 yaitu untuk penanaman jarang 70 x 50 cm dan penanaman rapat 60 x 50 cm.

  • PUPUK DASAR BUDIDAYA KUBIS. Pemberian pupuk dasar diberikan 1 hari sebelum bibit dipindah tanam. Dosis yang diberikan 250 kg/ha TSP, 50 kg/ha Urea, 175 kg/ha ZA dan 100 kg/ha KCl. Selanjutnya pupuk dicampur menjadi satu dan dimasukkan pada lubang tanam yang sebelumnya sudah diberi pupuk kandang lalu ditutup dengan tanah. Setelah diberi pupuk dasar, tanah dibiarkan selama 2 – 3 minggu.

  • PEMASANGAN MULSA. Sebelum bedengan ditutup mulsa, sirami bedenag dengan air karena sebaiknya penutupan mulsa saat tanah dalam kondisi basah.

  • Mulsa plastik yang digunakan disesuaikan dengan lebar setiap bedengan. Fungsi pemakaian mulsa adalah untuk menekan erosi, mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan dan mengendalikan gulma.

CARA MENANAM KUBIS GRAND 22

  1. Membuat lubang tanam pada permukaan mulsa sesuai jarak tanamnya dan musim penanaman. Bila musim hujan, jarak tanam dibuat agak jarang agar kondisi lahan tidak lembab, sedangkan saat musim kemarau jarak tanam dibuat rapat.

  2. Pilih bibit yang segar dan sehat lalu ditanam pada lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Bila bibit disemai menggunakan bumbung daun pisang maka ditanam beserta bumbungnya. Sedangkan bila bibit disemai pada polybag maka bibit dikeluarkan dari polybagnya dan medianya juga dimasukkan ke lubang tanam.

  3. Bila disemai pada bedengan, bibit diambil beserta tanahnya dengan cara diputar lalu dicabut menggunakan alat solet, tanahnya disertakan ± 2 – 3 cm dari batang dan sedalam 5 cm. Sesudah ditanam, bibit disiram air hingga basah.

  4. Tanaman kubis dapat ditumpangsarikan dengan tomat, cabai dan bawang merah. Caranya yaitu 2 baris kubis dan 1 baris tomat atau tomat ditanam  saat  umur 3 – 4 minggu usai tanam kubis ditanam.

CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA TANAMAN KUBIS GRAND 22
  1. Penyulaman tanaman dilakukan maksimal sampai tanaman berumur 2 minggu, yaitu terhadap tanaman yang mati atau tumbuh tidak normal maka segera dicabut dan diganti dengan bibit yang baru dan sehat.

  2. Fase penyiraman dilakukan pada tanaman mulai fase pra pembentukan tanaman atau saat awal masa tanam, yaitu umur 0 – 49 hari. Penyiraman dilakukan setiap hari saat pagi dan sore hari. Namun apabila hujan penyiraman tidak perlu dilakukan.

  3. Pemupukan susulan diberikan begitu masuk pada umur 28 hari dengan dosis 50 kg/ha Urea, 175 kg/ha ZA dan 100 kg/ha KCl. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 10 – 15 hari sekali. Pemberian pupuk dengan cara dikocor.

  4. Penyiangan terhadap gulma dilakukan pada umur 2 – 4 minggu setelah pindah tanam. Untuk bedengan yang tertutup mulsa, dipastikan tidak banyak gulma yang tumbuh. Sehingga gulma yang dicabut pada parit-paritnya saja. Dalam satu musim tanam, biasanya penyiangan cukup dilakukan 2 – 3 kali. Bersama penyiangan, dilakukan juga pembumbunan dan penggemburan tanah sekitar tanaman.

    BACA JUGA : JUAL KUBIS TAKADA TAHAN AKAR GADA

  5. Setelah tanaman berumur sekitar 30 hari, penyiraman dilakukan dengan cara dileb dan dilakukan setiap 2 – 3 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi lahan.

  6. Pemangkasan terhadap cabang atau tunas-tunas samping dan dilakukan seawal mungkin untuk merangsang pembentukan bunga dengan optimal.

PENGENDALIAN HAMA TANAMAN KUBIS GRAND 22

Pengendalian hama pada fase awal saat tanaman berumur 0 – 49 hari, diantaranya adalah Ulat tanah ( Agrotis ipsilon hufn. ), ulat daun kubis ( plutella xylostella ), ulat krop kubis ( crocidolomia binotalis zell. ) dan ulat krop bergaris ( hellula undalis f. ).

Perlu kiranya melakukan pengamatan terhadap kondisi tanaman terutama bila terdapat serangan hama ulat-ulat tersebut.

Penngamatan rutin dilakukan setiap 1 minggu sekali mulai umur 13 hari dan umumnya populasi paling tinggi terjadi pada awal musim kemarau.

BACA JUGA : CARA KERJA OBAT LAYU ARASHI DI TANAMAN HORTIKULTURA

Cara mengendalikan hama-hama tersebut yaitu dengan mengumpulkan lalu dimusnahkan secara mekanik selain itu melakukan sanitasi lingkungan.

Tanaman muda yang mati dikarenakan penyakit rebah kecambah ( Rhizoctonia solani Kuhn. ) dicabut lalu segera disulam dengan tanaman baru dan sehat. Bila perlu tambahkan Natural Glio pada lubang tanam.

PERAWATAN TANAMAN KUBIS GRAND 22 MENJELANG PANEN
  • Tanaman kubis menjelang panen yaitu pada fase pembentukan krop pada umur 50 – 65 hari setelah tanam, penyiangan dilakukan secara manual menggunakan tangan sebelum saat panen.

  • Melakukan pengamatan kondisi tanaman lebih intensif pada hama yang mengakibatkan kerusakan berat pada saat menjelang panen. Seperti ulat daun kubis dan ulat krop kubis. Umumnya hama menyerang pada bulan Pebruari sampai Maret. Serangan hama menjelang panen tidak perlu dikendalikan secara kimiawi.

GARND 22, GRAND 22 F1, KUBIS GRAND 22, KIL GRAND 22, KUBIS CAP KAPAL TERBANG, GRAND 22 CHIA TAI SEED, KUBIS DATARAN RENDAH, LMGA AGRO
BENIH KUBIS GRAND 22

Panen kubis GRAND 22 mulai dipanen pada umur ± 65 hari setelah pindah tanam. Tanda-tanda kubis yang siap dipanen adalah pada bagian terluar daun kubis pada bagian kropnya telah melengkung keluar dan berwarna agak ungu, disamping itu krop sisi dalam telah padat.

Saat panen disertakan juga 2 helai daun hijau untuk melindungi bagian krop kubis. Usahakan tidak terjadi luka atau memar.

Pengamatan terhadap penyakit busuk lunakErwinia carotovora ) dan penyakit busuk hitamXanthomonas camprestris ). Daun-daun yang terinfeksi harus dibuang dan dimusnhakan/dibakar.

Demikian ulasan kami tentang benih kubis hibrida F1 GRAND 22 cap Kapal Terbang dari PT. BISI International Tbk. Benih GRAND 22 tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ( telp ) dan 0812 5222 117 ( SMS/WA ).

BACA JUGA : BENIH KUBIS BERKUALITAS UNTUK DATARAN RENDAH

LMGA Agro melayani juga konsultasi pertanian secara gratis mengenai cara budidaya kubis GRAND 22, cara persemaian bibit, cara merawat tanaman kubis GRAND 22 yang baik dan benar serta cara mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang kubis GRAND 22.

LMGA Agro siap melayani pesanan benih kubis GRAND 22 dan benih sayur dan buah dari berbagai varietas produksi pabrik benih terkemuka. Tersedia juga alat-alat pertanian juga saran dan prasarana untuk menunjang budidaya pertanian Anda. LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *