JUAL BENIH TIMUN ZATAVY F1 CAP PANAH MERAH

TIMUN ZATAVY F1, BENIH TIMUN ZATAVY, MENTIMUN ZATAVY , JUAL BIBIT MENTIMUN ZATAVY, LMGA AGRO, HARGA MURAH, CAP PANAH MERAH
TIMUN ZATAVY F1

WWW.LMGAAGRO.COM — Benih Timun Zatavy F1 cap Panah Merah. Benih bisa dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami siap mengantar pesanan benih timun Zatavy F1 Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. Cara menanam timun Zatavy F1, berkebun timun Zatavy F1, Budidaya mentimun Zatavy F1 dengan pupuk organik, bibit tanaman timun Zatavy F1 agar petani terhindar dari kerugian dalam berkebun mentimun Zatavy F1 Cap Panah Merah. Semua bisa di konsultasikan secara Gratis di Toko pertanian online LMGA AGRO.

BENIH TIMUN ZATAVY F1 CAP PANAH MERAH

Benih timun Zatavy F1 adalah benih timun Panah Merah yang direkomendasikan ditanam pada dataran rendah. Benih merupakan bibit timun unggul yang tahan Gemini Virus.

Panjang buah timun Zatavy F1 adalah 20 – 26 cm, warna kulit buah hijau gelap dan tanaman mudah merambat. Buah timun Zatavy F1 tidak berasa pahit hingga di bagian pangkal buahnya. Batang tanaman timun Zatavy F1 tumbuh kuat dan kokoh dan cukup kuat menahan hembusan angin dan menopang jumlah buah yang banyak.

Umur panen timun Zatavy F1 adalah 35 – 40 hari setelah tanam dengan bobot buah sekitar 325 – 345 gram per buah. Potensi hasil panen adalah 70 – 80 ton/ha.

TIMUN ZATAVY F1 PANAH MERAH

Timun Zatavy F1 cap Panah Merah ( EWINDO ) merupakan jenis mentimun unggul produksi East-West Seed. Timun adalah salah satu komoditi sayuran yang cukup punya penggemar di wilayah Indonesia. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari buah mentimun.

Buah timun Zatavy F1 dimanfaatkan sebagai kebutuhan pokok pendamping atau sebagai lalapan untuk makanan seperti nasi goreng, mie goreng, pecel lele, rujak, acar dan sambal. Buah timun diperlukan dalam rumah tangga maupun rumah makan besar bahkan restoran mewah. Dan pastinya mencari bentuk buah timun yang baik kualitasnya dan tidak pahit.

Manfaat mentimun semakin banyak seperti dalam kecantikan untuk masker wajah maupun dijadikan jus buah atau es timun yang diberi perasa sirup. Buah timun mengandung air yang cukup banyak sehingga menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh.

Kebutuhan timun yang baik dan berkualitas juga cenderung tinggi, sehingga potensi pasar juga ikut meningkat. Secara otomatis dapat meningkatkan harga timun. Kondisi seperti demikian menjadikan petani tertarik untuk budidaya timun  secara intensif karena melihat potensi hasilnya yang tinggi.

BUDIDAYA TIMUN ZATAVY F1

Budidaya timun hibrida F1 seperti timun Zatavy F1 yang di produksi PT. East West Seed Indonesia sangat menguntungkan karena merupakan benih timun terbaik yang tahan virus Gemini.

Virus Gemini dapat menyebabkan penyakit bulai daun atau virus kuning. Dimana gejala serangannya berubahnya warna daun menjadi kuning, tulang daun menebal dan daun menggulung ke atas.

Budidaya timun sangat menguntungkan karena disamping umur tanaman yang pendek dan cepat panen, perawatannya juga tidaklah sulit. Masa panen yang pendek dan murah dalam perawatan menjadikan biaya yang dikeluarkan petani tidaklah tinggi.

Keuntungan budidaya timun Zatavy F1 yang dapat langsung dinikmati hanya jangka waktu 1 – 2 bulan, tak heran bila petani mulai melakukan penanaman timun secara intensif dan dalam skala luas. Salah satunya dengan memilih benih timun unggul yang tahan virus.

Serangan penyakit pada tanaman timun karena virus, diantaranya Cucumber Mosaic Virus ( CMV ) dan Squash Mosaic Virus ( SMV ). Serangan virus ini dapat memberi dampak kerugian yang cukup besar bagi petani.

Serangan virus menyebabkan turunnya produktivitas tanaman sampai pada gagalnya panen dan sangat merugikan petani bila tidak ditangani sedini mungkin.

CARA BUDIDAYA TIMUN YANG BENAR

Permintaan timun yang semakin tinggi, menjadikan peluang usaha budidaya tanaman timun terbuka lebar bagi petani. Budidaya timun tidak perlu menggunakan teknologi yang terlalu rumit. Biaya selama perawatannya pun cenderung hemat bagi petani.

Agar budidaya timun ini berhasil baik maka perlu untuk mengetahui karakteristik dari tanaman timun. Selain sebaiknya memilih bibit timun unggul seperti benih timun Zatavi F1 Panah Merah ini. Tanaman timun juga diketahui mudah beradaptasi baik dengan berbagai jenis iklim dan musim.

Menanam timun ideal bila dilakukan di musim kemarau dengan sinar matahari penuh dan kebutuhan air yang tercukupi. Tanaman timun dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000 – 1200 m dpl. Jenis tanah yang ideal adalah gembur berpasir dan pH tanah normal.

Kandungan Gizi Mentimun
  • Kalori

  • Lemak

  • Natrium

  • Kalium

  • Karbohidrat

  • Serat

  • Glukosa

  • Protein

  • Vitamin A, B12, B6, C, D

  • Kalsium

Biasanya panen mentimun dilakukan saat belum terlalu masak buah karena untuk dijadikan sayuran dan agar dapat tahan lama kesegaran buahnya. Buah timun sering dijumpai sebagai hidangan masakan sebagai penyegar. Terutama pada masakan pedas atau sambal seperti lalapan.

Dengan mengkonsumsi buah timun maka gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik dan menjadi stabil. Sehingga kadar kolesterol juga ikut menjadi stabil. Konsumsi buah timun juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Banyaknya kandungan air dalam mentimun, membuat kita terhindar dari dehidrasi.

Persiapan Lahan Menanam Timun Zatavy F1
  • Lokasi lahan untuk menanam timun Zatavy F1 mendapatkan cahaya matahari yang cukup hangat. Sinar matahari cukup penting sebagai sumber nutrisi dan pengatur suhu tanah. Suhu tanah yang hangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

  • Membersihkan lahan dari gulma dan bebatuan, usahakan mencabut gulma hingga akarnya tercabut agar tidak tumbuh lagi. Sebaiknya tidak menggunakan herbisida untuk memberantas gulma, karena herbisida menyebabkan kualitas tanah menurun.

  • Tanah digemburkan menggunakan cangkul atau sekop dan bila perlu campurkan pupuk kandang untuk menambah nutrisi dalam tanah.

  • Membuat bedengan untuk timun Zatavy F1 dengan tinggi 50 cm, lebar 120 cm dan panjang yang disesuaikan dengan luas lahan. Jarak antar bedengan 40 cm yang dapat digunakan sebagai parit.

  • Pupuk dasar untuk Timun Zatavy F1 dapat menggunakan SP-36 sebanyak 20g/tanaman dan ZK plus 10 g/tanaman. Pemberian dilakukan 4 – 6 hari sebelum penanaman.

  • Agar hasil panen makin maksimal, bedengan dapat ditutup dengan mulsa plastik untuk mengurangi tumbuhnya gulma. Setelah itu membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam sebanyak 2 baris tiap bedengan.

  • Lubang tanam budidaya timun Zatavy F1 berjarak 60 x 50 cm, sedangkan lubang pupuk berjarak 5 cm dari lubang tanam.

  • Selanjutnya benih timun Zatavy F1 ditanam sedalam 1 – 2 cm sebanyak 2 benih per lubang tanam. Lalu benih ditutup tanah kompos.

Cara Membuat Bibit Timun Zatavy F1

Jika ingin menyemaikan benih Timun Zatavy F1 dalam pembibitan maka dapat menggunakan pot plastik kecil atau polybag. Wadah semai dapat diletakkan tempat yang diberi penerangan cahaya penumbuh atau inkubator khusus tanaman.

BACA JUGA : MENTIMUN METAVY CAP PANAH MERAH 

Pembibitan mentimun Zatavy F1 dilakukan 4 minggu sebelum waktu tanam. Saat akan dipindah, media tanam disiram air hingga basah agar bibit dapat dicabut dan tidak merusak akar. Bibit ditanam pada lubang tanam beserta medianya. Waktu penanaman sebaiknya saat pagi hari sebelum matahari tinggi.

Cara Merawat Tanaman Timun Zatavy F1

Perawatan tanaman timun Zatavy F1 mulai dilakukan saat berumur 5 – 10 hari setelah tanam.

  • Tanaman timun Zatavy F1 umur 5 hst, dilakukan penyulaman bila terdapat lubang tanam yang benihnya tidak tumbuh atau bibit yang mati. Penjarangan juga dilakukan untuk lubang tanam yang tumbuh sampai 3 tanaman.

  • Pengairan dilakukan seminggu sekali agar tanaman tidak mengalami stress air yang mengakibatkan rasa buah timun menjadi pahit.

  • Memasang bambu lanjaran untuk merambatkan tanaman. Dilakukan saat tanaman berumur 2 minggu setelah tanam. Batang tanaman diikatkan pada bambu lanjaran, menggunakan tali salaran/rafia.

  • Penyiangan tanamam Timun Zatavy F1  terhadap gulma yang tumbuh liar disekitar tanaman.

Cara Pemupukan Timun Zatavy F1

Pemberian pupuk susulan untuk budidaya timun Zatavy F1 diberikan pada umur 12 hari setelah tanam dengan sistem kocor. Komposisi pupuk yang diberikan yaitu 100 gr Urea, 100 gr ZA, 100 gr DAP, 25 gr KNO3 yang dilarutkan dalam 10 liter air. Perbandingan dosis pemberian 1: 1 : 1 : ¼.

Pemupukan tahap selanjutnya pada umur 20 hari setelah tanam dengan menggunakan sistem kering. Pupuk ditaburkan di tengah bedengan atau ditugal di antara 4 lubang tanam. Dosis pupuk yaitu Urea : SP-36 : KCl : NPK dengan perbandingan 2 : ½ : ½ : 1. Lalu pupuk yang dimasukkan lubang tanam ditutup dengan tanah.

Bila pemupukan menggunakan pupuk cair, semprotkan pupuk cair setiap 2 minggu sekali. Penyemprotan pupuk daun biasanya dicampur dengan pestisida untuk menghemat waktu dan tenaga. namun juga disesuaikan dengan kondisi tanaman dan di lapang.

Pemupukan Timun Zatavy F1 menggunakan pupuk Organik selalu kami anjurkan karena akan di dapatkan hasil yang lebih tinggi.

BACA JUGA : BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR
Pengendalian Hama dan Penyakit Timun Zatavy F1

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman timun tidaklah terlalu banyak. Dengan menggunakan benih timun Zatavy F1 tahan virus dan unggul , kita dapat sedikit tenang tanaman kita tidak akan terserang  hama dan penyakit, terutama serangan yang disebabkan oleh virus.

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan sesegera mungkin begitu tanaman menunjukkan gejala sakit atau abnormal. Cara mengendalikan hama dan penyakit dapat dilakukan dengan cara mekanis ( eradiksi/pemotongan daun ) dan secara kimiawi ( penyemprotan pestisida ).

Bagaimanapun tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati. Perawatan tanaman timun Zatavy F1 yang baik dan benar akan dapat mengurangi dan mencegah serangan hama dan penyakit. Bila serangan masih ringan, pengendalian dapat dilakukan secara manual dengan mematikan hama tersebut langsung. Atau memotong daun yang terserang.

Bila dirasa serangan sudah cukup berat, maka bisa dilakukan penyemprotan pestisida. Pemakaian pestisida dilakukan secara bijaksana dan tepat dosis dan waktu sesuai petunjuk pada kemasan.

Panen Timun Zatavy F1

Umur panen timun Zatavy F1 pada umur 35 – 40 hari setelah tanam. Pemanenan dilakukan setiap hari untuk memenuhi permintaan pasar terhadap bentuk dan ukuran buah. Di lapangan, petani tidak kesulitan memasarkan buah timun karena pembeli langsung mengambil dari lokasi tanam.

Waktu pemanenan timun Zatavy F1 dilakukan pagi hari untuk menjaga agar buah timun tetap segar. Cara panen dengan menotong buah timun menggunakan pisau tajam. Jika budidaya timun dilakukan dengan teknik yang tepat, buah timun dapat dipanen hingga 25 – 30 kali terhitung sejak awal panen atau panen pertama.

BACA JUGA : TIMUN F1 KOMANDO TAHAN VIRUS DAN BUAH TIDAK PAHIT

Demikian ulasan kami tentang benih timun Zatavy F1 cap Panah Merah. Beserta cara budidaya timun yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bila Anda tertarik dengan budidaya timun Zatavy F1 cap Panah Merah, benih dapat diperoleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi pak Budi di nomer 0821 4174 7141: Khusus SMS/WA 0812 5222 117. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis.

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim dan mengantar pesanan timun Zatavy F1  Anda ke seluruh  wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *