JUAL BIBIT MELON ERNA F1 TAHAN VIRUS

MELON ERNA, MELON ERNA HARGA MURAH, JUAL MELON ERNA, BENIH MELON ERNA, LMGA AGRO
MELON ERNA

WWW.LMGAAGRO.COMJual bibit melon Erna F1 tahan virus. Benih melon Erna F1 bisa di beli di Toko pertanian LMGA AGRO. Berminat budidaya melon Erna???. Hubungi P. Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Di Toko Online LMGA AGRO juga menjual benih sayuran dan buah, pestisida, pupuk, sarana prasarana pertanian lengkap, menyediakan konsultasi gratis. Kami mengirim pesanan Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

MELON ERNA F1

Di Toko Online LMGA AGRO tersedia benih melon Erna F1 merupakan benih melon Erna Mutiara Bumi. Melon Erna masuk kategori melon hijau, benih melon anti virus.

Erna F1 adalah melon hibrida tahan virus, berdaging putih kehijauan. Pertumbuhan tanaman kuat dan seragam, berproduksi tinggi dan mudah dalam perawatannya. Tanaman melon Erna juga mudah dibuahkan lebih dari satu buah per tanaman.

Penanaman benih melon Erna cocok untuk dataran rendah hingga menengah. Buah melon Erna berwarna hijau terang dan memiliki net yang tebal. Pembentukan net buah melon Erna mulai umur 40 hari setelah tanam, buah berbentuk bulat semi oval dan berukuran besar.

Buah melon Erna memiliki daya simpan lebih tahan lama, dikarenakan kulit buahnya keras sehingga tahan pecah. Melon Erna toleran terhadap penyakit Downy Mildew. 

Buah melon Erna F1 berdaging putih kehijauan , berasa manis dan memiliki kadar gula kurang lebih 12 – 13 brix. Bobot buah 2 – 3 kg per buah. potensi hasil 45 – 50 ton/Ha. Tanaman dapat dipanen umur 60 – 65 hari setelah tanam. Isi bersih kemasan produk adalah 15 gram.

BUAH MELON ERNA MUTIARA BUMI

Buah melon Erna Mutiara Bumi masuk kategori melon hijau, merupakan jenis melon lokal. Secara umum melon hijau memiliki ciri-ciri fisik kulit luar yang keras, kasar dan berjala tebal  sehingga dapat tahan selama pengangkutan. Daging buah berwarna hijau pucat, dan beraroma harum.

Manfaat penting bila kita rutin mengkonsumsi buah melon yaitu :

  • Dapat menyehatkan jantung kita.  Hal ini karena kandungan serat dalam buah melon sehingga dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan Kalium buah melon yang tinggi dapat mengurangi tekanan darah dan melancarkan aliran darah ke jantung.

  • Kandungan serat yang tinggi, seperti serat Peptin, akan membantu menghilangkan sembelit, melancarkan buang air besar dan mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh.

BACA JUGA : JUAL BIBIT MELON MADESTA F1 TAHAN VIRUS

BIBIT MELON TAHAN VIRUS

Benih Erna F1 Mutiara Bumi toleran terhadap Gemini Virus dan penyakit downy mildew. Virus Gemini biasanya disebabkan oleh penyakit bawaan dari benih sebelumnya dan ditularkan oleh kutu. Tanaman yang terserang menunjukkan gejala bercak kuning mulai dari batang, daun hingga buah dan menyebabkan buah menjadi busuk.

Virus Gemini adalah salah satu penyakit tanaman melon yang menjadi perhatian serius bagi petani. Virus Gemini dibawa oleh serangga kutu kebul ( Bemisia tabaci ) dan virus Gemini sangat mudah menular. Serangan penyakit virus Gemini dapat merusak tanaman hingga menimbulkan gagalnya panen dan tidak dapat berproduksi sama sekali.

Serangga pembawa virus Gemini Kutu Kebul ( white fly ), membawa RNA virus gemini dari tanaman yang tertular ke tanaman sehat. Teknik pencegahan serangan ini adalah membunuh vektor penularan dan menggunakan benih melon anti virus Gemini atau hibrida F1.

Untuk mencegah penularan dari vektornya dapat menggunakan insektisida sistemik yang berbahan aktif Imidakloprit + Spirotetramat. Insektisida bisa di beli di toko pertanian LMGA AGRO.

Benih Melon Erna Toleran Penyakit Downy Mildew
BENIH MELON ERNA F1, BIBIT MELON ERNA, MELON ERNA, LMGA AGRO, HARGA MURAH
MELON ERNA F1

Downy Mildew dalam bahasa Indonesia adalah penyakit Embun Bulu, jamur yang menyerang daun tanaman dari suku cucurbitaceae. Jamur embun bulu ini bersifat obligat yang artinya menempel pada jaringan hidup tanaman lain. Jamur ini dapat menyebarkan sporanya ke daun lain, dengan bantuan angin.

Langkah paling tepat diawal adalah mencegah terjadinya serangan penyakit ini. Yaitu dengan menanam melon menggunakan benih yang toleran penyakit Downy Mildew. Patogen tidak mudah menginfeksi tanaman karena tanaman memiliki sifat genetik yang mampu melawan serangan jamur embun bulu.

BUDIDAYA MELON ERNA

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara menanam melon sebagai usaha pencegahan serangan penyakit tanaman melon Erna, yaitu antara lain :

  1. Menghindari penanaman di dekat tanaman vektor embun bulu. Tanaman vektor biasanya tanaman yang sudah terinfeksi penyakit embun bulu sebelumnya. Lahan penanaman melon tidak berdekatan dengan tanaman lain yang satu suku cucurbitaceae agar tidak tertular penyakit yang sama jenisnya.

  2. Tidak menanam di musim hujan yang ekstrim. Cendawan/jamur embun bulu berkembang cepat pada kelembaban lingkungan yang tinggi. Curah hujan yang tinggi menyebabkan kelembaban lingkungan tinggi, apalagi air hujan terkandung unsur Nitrogen yang menyuburkan pertumbuhan jamur.

  3. Rutin melakukan penyiangan. Pertumbuhan gulma/rumput liar akan menyebabkan area pertanaman lembab. Sinar matahari juga tidak dapat mencapai keseluruhan tanaman melon karena terhalang gulma. Sehingga penyiangan rutin dilakukan minimal sekali seminggu sesuai kondisi lahan.

CARA MENANAM MELON ERNA

Persiapan lahan untuk menanam melon Erna dengan cara mengolah tanah dengan cara dibajak menggunakan cangkul atau traktor sampai kedalaman 20 cm. Lahan dibersihkan dari gulma, lalu dibuat bedengan yang lebarnya 120 cm dan panjang sesuai luas lahan. Tinggi bedengan 40 cm dan jarak antar bedengan 40 cm. Parit dibuat dengan kedalaman 50 cm.

Pupuk dasar terdiri dari Pupuk Kandang 6 Ton/ Ha, Za : TSP : KCL dengan dosis 250 Kg : 350 : 300 Kg/Ha, Dolomit 2 Ton /Ha. Pupuk diberikan merata di semua bedengan. Lalu diratakan dan diaduk dengan tanah.

Mulsa Hitam perak ( juga tersedia di Toko Online LMGA AGRO ) dipasangkan untuk menutupi bedengan. Pemasangan mulsa harus di lakukan pada siang hari saat sinar matahari terik agar mulsa yang dipasang dapat dengan kuat dan kencang. Setelah bedengan tertutup mulsa lahan dibiarkan kurang lebih 7 hari agar pupuk yang diberikan mulai tercampur dengan tanah dan tidak panas di tanaman.

Membuat lubang tanam dan lubang pupuk menggunakan alat pelubang ( juga tersedia di toko Online LMGA AGRO ). Lubang tanam adalah jarak tanam melon 60 x 60 cm ( saat musim kemarau ) dan 70 x 70 cm ( saat musim hujan ). Setelah membuat bedengan, dibiarkan selama 10 – 14 hari. Lubang pupuk berjarak 15 cm dari lubang tanam.

PEMBIBITAN MELON ERNA

Menyiapkan bibit melon Erna menggunakan media tanah yang berasal dari bawah rumpun bambu. Tanah tersebut subur dan tidak banyak ditumbuhi rumput liar. Tanah untuk media semai diayak halus terlebih dahulu. Kemudian tanah dimasukkan dalam polybag ( juga tersedia ditoko online LMGA AGRO ) ukuran 6 x 8 cm.

Polybag ditata rapi dan berjajar di bawah sungkup yang terbuat dari bambu setengah lingkaran. Persemaian dibuat dengan lebar 1 – 1.2 meter dengan ketinggian 60 cm dan panjang 5 – 10 meter, bagian atap menggunakan plastik UV atau Plastik Transparan.

Bibit hibrida Erna berumur 8 – 10 hari atau terdapat 3 – 4 daun, sudah dapat dipindahkan ke lahan tetap. Sebelum penanaman bibit, bedengan disiram air hingga basah. Juga polybag disiram air agar bibit mudah dipindah dan tidak merusak akar.

BACA JUGA : JUAL BIBIT MELON TERMURAH DAN KUALITAS TERBAIK
TANAMAN MELON ERNA

Tanaman melon Erna agar tidak rebah dan merambat, bila sudah mencapai tinggi 40 – 50 cm diikatkan ke ajir/turus menggunakan tali rafia. Pengikatan batang tanaman melon dilakukan setiap jarak 40 – 50 cm hingga tanaman melon mencapai ketinggian 2 meter.

Ajir yang digunakan sepanjang 1.5 meter, ditancapkan menyerong ke arah dalam bedengan. Sehingga ajir-ajir yang ditancapkan saling bersinggungan membentuk huruf X. Kemudian dipasang sebilah bambu yang panjang dan diletakkan horisontal diantara ajir-ajir yang bersilangan, lalu diikat kuat dengan tali rafia.

Pemilihan calon buah melon Erna yang dipelihara adalah bunga betina yang terdapat pada cabang lateral ruas ke 9 – 12. Buah yang dipelihara dipilih yang sehat (1 buah/tanaman), sedangkan varietas yang memiliki buah berukuran besar dapat 2 buah/tanaman.

Buah matang dicirikan yaitu warna buah melon erna mulai berubah, terdapat retak pada tangkai buah, jaring pada permukaan kulit buah tampak lebih tegas, aroma buah mulai menusuk hidung, buah mudah dipetik dari tangkainya, daun dekat bunga sudah mengering dan buah akan tenggelam apabila dimasukkan ke dalam air.

Tanaman melon Erna dapat panen pada umur 60 – 65 hari setelah tanam. Demikian ulasan kami tentang benih melon hibrida tahan virus, melon Erna cap Mutiara Baru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tertarik untuk menanam tanaman melon Erna, benih bisa di beli di Toko Online LMGA AGRO, hubungi Bapak Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. LMGA AGRO juga benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat. LMGA AGRO juga melayani konsultasi Pertanian secara Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *