JUAL BIBIT MELON KINANTI F1 RASA MANIS DAN RENYAH

MELON KINANTI, BUAH MELON KINANTI, CARA MENANAM MELON KINANTI, JUAL BENIH MELON KINANTI, JUAL BIBIT MELON KINANTI, LMGA AGRO
MELON KINANTI

WWW.LMGAAGRO.COM – Jual bibit melon Kinanti F1 Rasa Manis dan Renyah. Benih melon Kinanti dapat di beli di Toko pertanian On Line LMGA AGRO  Bp. Budi : Telp. 082141747141 atau SMS/WA 08125222117. Toko Pertanian LMGA AGRO siap mengirim bibit melon Kinanti F1 anda ke seluruh Indonesia dengan cepat dan tepat waktu. Kami memberi jaminan bahwa pesanan Bibit melon Kinanti pesanan anda pasti datang dan terkirim. 

Indonesia di kenal banyak petaninya yang menanam benih melon. Salah satu benih melon yang di tanam adalah benih melon Kinanti merupakan buah melon yang manis rasanya serta mempunyai harga jual di pasaran tinggi. Petani menanam melon Kinanti tidak akan kesulitan jual buah melon kuning nya saat di jual.

BENIH MELON KUNING KINANTI

Benih melon Kinanti adalah benih melon kuning F1 hibrida produksi Tunas Agro Seed. Buah melon Kinanti memiliki tampilan yang unik dan menarik bagi konsumen. Rasa buah melon Kinanti juga tidak kalah manis dengan jenis melon lainnya. Benih melon kuning Kinanti ikut meramaikan pasar benih melon di Indonesia. Benih melon kuning Kinanti memiliki karakteristik antara lain :

  1.  Tanaman melon Kinanti memiliki pertumbuhan tanaman melon yang cepat dan kuat.

  2. Buah melon Kinanti berbentuk bulat lonjong dengan kulit buah berwarna kuning dan daging buah yang berwarna jingga/oranye.

  3. Berat buah melon Golden Kinanti mencapai 1.5 – 2.5 kg per buah.

  4. Kadar rasa manis buah melon Kinanti sebesar 13 – 16 °Brix.

  5. Panen buah melon kuning Kinanti pada umur antara 65 – 70 hst.

  6. Benih melon kuning Kinanti tersedia dalam kemasan 15 gram per sachet.

Budidaya benih melon kuning Kinanti memiliki keuntungan lain yaitu harga jual buah melon Kinanti cukup tinggi di pasaran. Telah banyak petani yang membuktikan bahwa menanam melon kuning Kinanti memperoleh omzet hingga puluhan juta rupiah.

Benih melon kuning Kinanti merupakan salah satu varian melon jenis golden dengan harga jual sekitar Rp. 15.000 per kg. Karena rasa buah melon kuning Kinanti lebih manis dan renyah dibandingkan dengan jenis melon lainnya.

BUDIDAYA MELON KINANTI F1 RASA MANIS DAN RENYAH

Budidaya melon merupakan salah satu pilihan bisnis dibidang budidaya tanaman yang menjanjikan.

Dalam usahanya membutuhkan pengetahuan, skill, ketelitian dan tekun. Usaha yang berat memang namun setelah mampu melaluinya maka hasil yang diperoleh adalah keuntungan yang luar biasa.

Menanam melon kuncinya adalah mengenal karakter tanaman melon, cuaca saat penanaman, dan keuletan kita.

Budidaya Melon Kinanti yang baik adalah dengan memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hasil panen yang didapatkan. Faktor-faktor tersebut diantaranya faktor kesuburan tanah, iklim dan cuaca, perawatan dan faktor hama dan penyakitnya yang menyerang.

BACA JUGA : SUKSES BUDIDAYA MELON
Syarat Tumbuh Menanam Melon

Syarat tumbuh dalam menanam melon merupakan faktor penting dan mempengaruhi hasil panen kelak. Suhu ideal untuk budidaya melon yaitu 25 – 30 °C dan cocok ditanam pada ketinggian 300 – 900 m dpl.

Lokasi tanam mendapatkan sinar matahari penuh dan curah hujan yang relatif rendah. Tanah yang baik untuk budidaya melon adalah tanah liat berpasir dan tidak terlalu basah. Derajat keasaman tanah normal yaitu 5.8 – 7.2.

Bibit Melon Kinanti F1
  1. Sebelum benih melon kuning Kinanti disemaikan, benih direndam dalam air hangat ( suhu 20 – 25 °C ) selama 8 – 12 jam. Setelah itu benih melon kuning Kinanti diperam/ditiriskan selama 48 jam.

  2. Menyiapkan media tanam dan polybag untuk persemaian benih melon Kinanti. Media tanah yang digunakan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang ( 2 : 1 ). Polybag yang digunakan berukuran kecil.

  3. Setelah siap, benih melon Kinanti dibenamkan pada media tanah dengan kedalaman 1.5 cm. Lalu polybag ditata berjajar menghadap ke timur.

  4. Lokasi untuk membuat bibit melon Kinanti harus terdapat naungan. Fungsi naungan untuk melindungi bibit tanaman dari sinar matahari langsung dan jatuhnya air hujan.

  5. Perawatan bibit adalah penyiraman setiap hari yang rutin.

  6. Bibit melon Kinanti yang telah berdaun 4 – 5 helai atau berumur 10 – 12 hari, sudah dapat dan siap dipindahkan ke lahan tetap.

Cara Menanam Melon Kinanti yang benar
  1. Tanah tempat menanam melon harus dibajak agar tanah menjadi gembur, tanah dibersihkan dari gulma, bebatuan dan sisa akar tanaman lain.

  2. Membuat bedengan dengan panjang maksimal 12 – 15 m, lebar bedengan 100 – 110 cm, tinggi bedengan 30 – 50 cm. Setiap antar bedengan dijadikan parit yang lebarnya adalah 55 – 65 cm.

  3. Setelah itu, bedengan diberi pupuk dasar yaitu pupuk kandang atau kompos sebanyak 15 – 20 ton/ha. Ditambahkan juga 375 kg/ha pupuk ZA, 375 kg/ha pupuk KCl dan 250 kg/ha pupuk SP-36. Pupuk-pupuk tersebut dicampurkan pada tanah bedengan lalu dibiarkan selama 2 – 4 hari.

  4. Sebelum menanam melon Kinanti, diukur terlebih dahulu pH tanah. Bila kurang dari angka 5 maka tanah diberi kapur dolomit sebanyak 2 ton per hektar. Dolomit dicampurkan pada tanah sampai merata, pemberian ini sebaiknya dilakukan 2 – 3 hari sebelum pemupukan dasar.

  5. Dua hari sebelum penanaman, bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Bagian perak bagian luar dan yang berwarna hitam bagian dalam. Pemasangan mulsa dilakukan siang hari.

  6. Membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam dan setiap bedengan terdapat 2 baris. Jarak antar baris yaitu 60 cm dan jarak antar lubang 50 – 60 cm dalam satu baris.

  7. Bila bibit melon Kinanti sudah siap dan umur sudah cukup, bedengan juga telah siap maka bibit ditanam pada tiap lubang. Sirami bibit yang baru ditanam agar tidak kekeringan dan bibit tidak stress. Penanaman dilakukan saat matahari tidak terik.

Perawatan Budidaya Melon Kinanti

Langkah-langkah pemeliharaan yang perlu diperhatikan yaitu melakukan penyulaman setelah 3 – 5 hari setelah tanam. Penyiangan membersihkan rumput liar dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Penyiraman dilakukan setiap hari setiap pagi dan disesuaikan denga kondisi lahan dan tanaman.

Pemasangan ajir bertujuan untuk mendapatkan buah melon Kinanti bagus dan agar buah tidak menyentuh permukaan bedengan. Juga agar penetrasi sinar matahari dapat merata ke seluruh tanaman. Ajir yang digunakan bambu dengan panjang 1.5 m dan ditancapkan 3 hari setelah tanam atau sebelum tanaman tinggi.

BACA JUGA : MELON KUNING BERDAGING ORANGE, KINANTI

Ajir ditancapkan miring ke dalam tanaman membentuk huruf X dan dua ajir saling bersilangan. Setelah itu, satu ajir yang lebih panjang dan lebih kuat dipasangkan horisontal di antara silangan ajir-ajir tersebut lalu diikat tali rafia.

DOSIS PEMUPUKAN MELON KINANTI

Pemupukan susulan budidaya melon Kinanti dilakukan setelah  berumur 7 hari setelah tanam. Pupuk yang digunakan adalah 2 kg ZA dan 1 kg KNO3 Merah dilarutkan dalam 100 liter air. Larutan pupuk tersebut dicampurkan dan disiramkan sebanyak 250 ml per lubang pupuk ( menggunakan gelas aqua ).

Pupuk susulan selanjutnya diberikan setiap 10 hari hingga tanaman berumur 60 hari saat tanaman memasuki fase pembentukan dan pemasakan buah. Pada fase tersebut, pupuk yang diberikan dengan cara melarutkan 4 kg NPK 16 : 16 : 16 + 1 kg KNO3 Merah + 1 Kg KNO3 Putih + 1 kg Calcium Cantik ke dalam 130 Liter air. Larutan pupuk tersebut juga dengan cara disiramkan sebanyak 250 ml per lubang pupuk.

Pengendalian Hama dan Penyakit. Budidaya melon Kinanti di Indonesia yang beriklim tropis cukup rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama yang biasa menyerang budidaya melon antara lain kutu daun, lalat buah, ulat daun, thrips dan tungau. Sedangkan penyakit yang menyerang yaitu antraknosa, busuk buah, busuk batang dan mozaik.

Untuk mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit yaitu dengan melakukan kultur teknis budidaya. Seperti rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan menjaga sanitasi kebun. Bila diperlukan, dapat dilakukan penyemprotan pestisida yang sesuai. Dosis yang diberikan sesuai petunjuk pada kemasan.

BACA JUGA : MELON KUNING ALISHA TAHAN VIRUS
Pemanenan Buah Melon Kinanti yang benar

Melon Kinanti F1 siap dipanen pada umur 65 – 70 hari setelah tanam. Cara panen buah melon  Kinanti adalah dengan memotong tangkai buahnya menggunakan pisau. Tangkai buah disisakan sepanjang 2 cm agar masa simpannya dapat lama. Proses pemanenan dilakukan bertahap dan dipilih buah yang benar-benar siap dipanen

Buah melon Kinanti juga dapat dipanen pada tingkat kematangan 90% atau sekitar 3 – 7 hari sebelum buah melon matang penuh. Pemanenan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 8 – 11 dan dilakukan secara bertahap dan hati-hati.

Buah melon yang sudah dipetik dimasukkan ke dalam bakul atau keranjang buah. Dikumpulkan di tempat yang kering dan sejuk, pada bagian bawah wadah dilapisi alas jerami padi.

Buah melon disortir dan dipilih buah yang penampilan bagus dan berkualitas yang siap dipasarkan. Jika diangkut jarak jauh, wadah yang digunakan dialasi jerami dan memiliki celah/lubang agar sirkulasi udara lancar dan buah tidak cepat membusuk.

Demikian ulasan kami tentang budidaya Melon menggunakan benih melon Kinanti dan cara merawat tanaman melon hingga pemanenan. Untuk penjelasan yang lebih detail dapat menemui Kami di Toko Online LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

BACA JUGA : MELON APOLLO KULIT KUNING HARGA CANTIK

Kami juga melayani konsultasi GRATIS cara  budidaya melon Kinanti F1 dan budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba .

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *