RAWITA CABAI KECIL MENGGANTUNG PANAH MERAH

Cabai Rawita, Cabai Mengantung, Hibrida Rawita, Cabai Kecil Rawita, Cap Panah Merah, LMGA AGRO, Toko Pertanian, Harga Murah, Agen, Distributor, Dealer
CABAI RAWITA

Persaingan produksi benih dalam 3 tahun ini semakin ketat antara sesama perusahaan benih di Indonesia. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan petani karena sebagai konsumen utama perusahaan benih tersebut akan semakin mendapatkan benih yang mempunyai Standart kualitas yang lebih baik dan lebih tinggi. Begitu pula dengan perusahaan adanya kompetisi produksi benih secara sehat akan memacu perusahaan untuk terus maju dan bisa menemukan benih terbaik yang semakin adaptasi dengan lingkungan dan kebutuhan petani di Indonesia. Hanya perusahaan yang benihnya berkualitas dan banyak di pakai petani yang bisa besar dan terus bertahan.

Kompetisi sehat dan ketat di dalam negeri akan memacu perusahaan benih bisa berkompetisi untuk menciptakan benih  beradaptasi secara luas sehingga bisa bersaing di luar Indonesia ( Global ). Export benih ini minimal ke negara lain yang Iklim nya masih setipe dengan Indonesia ( Tropis ) sehingga kesesuaian benih yang di hasilkan masih tinggi. Penulis yakin peluang Export itu karena pada dasarnya Plasma Nutfah sumber Nutrisi tanaman yang ada di Indonesia banyak dan melimpah.

Sampai saat ini tata niaga pertanian di Indonesia belum di atur oleh negara. Hanya produk utama saja yang negara ikut tata kelola tata niaga ini seperti beras. Tata niaga pertanian akan lebih bila negara turut andil sehingga seringkali harga produksi pertanian di bawah BEP bisa di hindari.  Harga produk pertanian di bawah BEP ini akan memacu petani tidak berproduksi atau alih profesi karena mengalami kerugian. Kerugian yang sering di alami oleh petani juga akan menciptakan semakin jauh dan terputusnya generasi muda penerus yang mau terjun dalam bidang pertanian. Ketergantungngan negara terhadap sumber makanan akan menggangu kesetabilan dalam pembangunan karena semua barang di datangkan dari negara lain yang tentunya akan menyedot cadangan devisa kita. Karena itu campur tangan negara terhadap harga produk pertanian di Indonesia harus secepatnya di lakukan sehingga harga barang yang diproduksi petani bisa terproteksi di atas BEP.

Cabai sebagai komoditi utama  dirumah tangga setiap tahunnya selalu mengalami gejolak harga yang tidak terbendung, harga bisa mencapai Rp. 150,000 per Kg sehingga terkadang dari cabai ini menjadi penyumbang Inflasi yang tinggi. Penulis yakin kalau tata niaga pertanian yang ada di kelola secara baik serta ada campur tangan pemerintah, Petani bisa menikmati harga panennya, harga kebutuhan sarana produksi terjangkau maka negara kita bisa menjadi Exportir semua hasil pertanian. Maka negara Indonesia akan layak dan bangga mendapatkan sebutan Negara Agraris ( “jangan hanya mendapat julukan Agraris karena jumlah petaninya banyak tapi tidak sejahtera” ).

Dalam 2 tahun ini cabai Rawit dengan tipe buah mengantung banyak di tanam dan di budidayakan di negara kita. Hal ini karena cabai rawit dengan tipe buah menggantung ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain adalah :

  • Cabai rawit  menggantung akan lebih mudah di petik saat panen, sehingga biaya akan lebih murah

  • Cabai dengan tipe buah menggantung akan lebih aman dari gangguan hewan terutama burung sehingga resiko semakin kecil

  • Letak cabai mengantung maka buah tidak mudah terserang cacar karena air atau embun penyebab cacar akan tidak mengenai cabai secara langsung sehingga jamur penyebab tidak menyerang

  • Produktivitas tanaman cabai dengan tipe mengantung lebih tinggi

Saat ini cabai tipe buah menggantung ini sudah ada yang varietasnya Hibrida ( F1 )  yang di keluarkan oleh perusahaan benih Nasional kita. Penulis akan coba sebutkan beberapa produk Cabai mengantung jenis hibrida antara lain adalah :  Perusahaan Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) ada Cabai Rawit Hibrida menggantung Raga 2, East West Seed ( Cap Panah Merah ) mengeluarkan cabai hibrida mengantung Rawita, Perusahaan benih Bintang Citra Asia ( BCA ) mengeluarkan benih cabai mengantung Hibrida Rinta, perusahaan benih Halbanero mengeluarkan benih rawit hibrida Mhanu Prayit dan Shypoon. Walaupun jumlah benih rawit hibrida mengantung ini masih sangat terbatas ini menunjukkan bahwa Trend benih benih jenis mengantung ini semakin di gemari oleh petani kita. Bahkan saat ini benih rawit menggantung yang baru saja di keluarkan oleh Halbanero yaitu “SHYPOON” sudah menjadi Idola dan banyak diburu oleh petani.

Pada kesempatan ini penulis akan sedikit mengulas mengenai cabai rawit mengantung yang di produksi oleh perusahaan benih PT.  East West Seed ( Cap Panah Merah ) yaitu Cabai Rawit F1 RAWITA. Beberapa karakter yang di miliki oleh cabai rawit mengantung Hibrida Rawita tersebut antara lain adalah :

  • Cabai Rawit menggantung Hibrida Rawita di rekomendasikan untuk dataran tinggi. Namun demikian cabai ini masih mempunyai produksi tinggi walau di tanam di dataran rendah sampai menengah

  • Tanaman Cabai hibrida Rawita tahan terhadap serangan layu terutama yang di sebabkan oleh bakteri

  • Panjang buah mencapai  3 cm dengan diameter 0.8 Cm dengan warna kulit buah kuning kehijauan

  • Tanaman Cabai tipe Frutescens sehingga dalam satu tangkai bisa lebih dari satu buah

  • Cabai kecil hibrida Rawita Cap Panah Merah ini mempunyai ujung semi tumpul dan kulit buah agak kasar ( bergelombang )

  • Cabai merah kecil Hibrida Rawita mempunyai rasa yang sangat pedas sebagaimana cabai lokal tipe mengantung dan bisa di penen  saat tanaman cabai berumur 110 hari

  • Cabai Rawita produk East West Seed ini  tersedia dalam kemasan 10 Gram ( sekitar 2.200 Butir ) dengan kebutuhan benih per Ha 10 kemasan ( 100 Gram )

Demikian sekilas info tentang cabai rawit kecil tipe menggantung RAWITA Cap Panah Merah tersebut kami tulis semoga bisa menambah informasi tentang benih cabai yang ada saat ini. Apabila ada petani dan pembaca semua berminat terhadap cabai merah kecil hibrida Rawita bisa menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko pertanian  On Line LMGA AGRO akan mengirim ke semua wilayah Indonesia sesuai permintaan anda semua. Toko Pertanian On Line LMGA AGRO menyediakan benih, obat, pupuk dan alat pertanian dengan harga bersaing. Kami hanya menyediakan sarana pertanian dari perusahaan yang ternama dan jelas.

Toko Pertanian LMGA AGRO bisa di hubungi di SMS / WA  hp. 0812 2522 117 atau untuk keperluan telepon dan konsultasi pertanian bisa lewat telepon CP. Budi Hp. 082 141 747 141.  Toko Pertanian LMGA AGRO memberi layanan Konsultasi Budidaya Pertanian Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *