TIPS MENGATASI LAYU PADA TANAMAN TOMAT

Beri Penilaian

tips mengatasi layu pada tomat, tomat, benih, tips, jual benih, lmga agro, toko pertanian, murah, harga grosirTIPS MENGATASI LAYU PADA TANAMAN TOMAT. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tomat merupakan komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan petani dan berpeluang ekspor.(Rev.07-01-2021)

Tanaman dari famili Solanaceae ini memiliki nilai ekonomi tinggi. Manfaat tomat untuk kesehatan menjadikan buah tomat banyak kita konsumsi. Buah tomat menjadi bagian utama bahan pangan manusia. Tetapi dalam budidayanya tidak selalu dapat memanen tanaman tomat dalam keadaan yang segar dan baik.

Ada saja serangan organisme peganggu yang menyebabkan petani gagal panen. Penyakit yang harus kita waspadai menyerang pada tanaman tomat adalah layu fusarium dan layu bakteri.

Layu Fusarium Dan Penanganannya

1.Layu fusarium

Penyakit layu fusarium ini penyebabnya oleh cendawan Fusarium oxysporum. Patogen ini menginfeksi jaringan pembuluh tanaman sehingga menyebabkan terhambatnya sistem serapan air dan hara dari dalam tanah.

Cara kerja patogen ini adalah dengan membentuk koloni (sekelompok) pada pangkal batang tanaman. Selanjutnya patogen ini mengambil air dan hara yang tanaman butuhkan terus menerus. Air dan hara tanaman yang seharusnya mengalir ke jaringan tanaman menjadi berkurang, sehingga menyebabkan tomat mati.

Gejala yang dapat teramati adalah tanaman menjadi layu saat siang hari, sedangkan pada sore hari segar kembali. Pada gejala lanjut, daun-daun pada bagian bawah (tua) tanaman akan menguning dan layu.

Gejala ini akan menjalar kepucuk tanaman dan berlanjut selama beberapa hari lalu pada akhirnya tanaman tomat akan kering dan mati. Jika membongkar tanah pada sekitar lubang tanam maka akan tampak akar tanaman membusuk dan berwarna kecokelatan.

Jika memotong pangkal batang secara melintang akan terdapat lingkaran cokelat kehitaman berbentuk cincin yang menunjukkan berkas pembuluh pengangkut rusak.

Pengendalian Layu Fusarium Pada Tanaman Tomat

Cara Pengendalian penyakit layu fusarium :

  • Pengendalian Teknis : Lakukan penggiliran tanaman tomat dengan tanaman yang tidak rentan terhadap serangan Fusarium oxysporum. Pengolahan lahan dengan pencangkulan dan pembalikan tanah, agar bibit penyakit terkena sinar matahari. Pengapuran lahan untuk meningkatkan pH tanah. Pada pH mendekati normal, cendawan tidak begitu aktif menyerang. Jaga kelembaban pada areal pertanaman, hindari adanya genangan air yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan spora.
  • Pengendalian Mekanis : Sanitasi kebun untuk menjaga kelembaban areal pertanaman. Penyiangan secara rutin terhadap gulma atau tanaman pengganggu. Musnahkan tanaman tomat yang terserang, usahakan agar tanah pada tanaman terserang tidak tercecer. Masukkan tanaman dalam wadah agar tanahnya tidak tercecer. Beri kapur pada bekas tanaman yang tercabut.
  • Pengendalian Organik : Sebagai pencegahan, secara biologi dapat memberikan trichoderma pada saat persiapan lahan. Pada umur 25 hst, 40 hst dan 70 hst melakukan pengocoran dengan pestisida organik pada tanah, contoh wonderfat dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan. Dapat juga melakukan pengocoran dengan air rebusan serai atau bawang putih setiap tujuh hari sekali.
  • Pengendalian Kimiawi : Meskipun cendawan ini tergolong resisten terhadap bahan aktif pestisida, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi fungisida sistemik berbahan aktif benomil, metalaksil atau propamokarb hidroklorida dengan dosis/konsentrasi sesuai petunjuk. Lakukan penyemprotan secara rutin minimal tujuh hari sekali.

Layu Bakteri Tomat Dan Cara Mengatasinya

2. Layu bakteri

Berbeda dengan layu fusarium yang penyebabnya oleh cendawan, untuk layu bakteri penyebabnya oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Penyakit ini termasuk penyakit yang cukup berbahaya bagi tanaman tomat.

Hal ini karena pada tingkat serangan yang berat akan menyebabkan tanaman tomat mati dan gagal panen sehingga menimbulkan kerugian pada petani. Serangan bakteri ini juga relatif cepat, dalam kurun waktu 3 hari tanaman akan menjadi layu.

Penyakit ini umumnya akan menyerang tanaman tomat pada dataran rendah saat musim hujan. Menyebabkan kelayuan dan pada tingkat serangan yang berat akan mematikan keseluruhan tanaman tomat.

Gejala yang timbul berupa layu yang mulainya dari pucuk daun kemudian merambat keseluruh bagian tanaman. Cara mengetahui bahwa tanaman tomat mati sebab karena penyakit layu bakteri adalah :

4 Comments on “TIPS MENGATASI LAYU PADA TANAMAN TOMAT”

    1. jika kebutuhan tanaman akan air sudah terpenuhi, maka layu bisa disebabkan oleh jamur atau bakteri. Mengatasinya bisa dengan menggunakan arashi pak. Konsultasi lebih lanjut dan detil bisa hubungi 082141747141

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.