Cara Penggunaan Calaris Untuk Jagung Supaya Tanaman Aman

calaris herbisida, herbisida untuk jagung, dosis calaris per tangki, calaris jagung, herbisida selektif untuk jagung

Jenis Gulma Yang Dapat Tumbuh Liar Pada Lahan Pertanian

calaris herbisida, herbisida untuk jagung, dosis calaris per tangki, calaris jagung, herbisida selektif untuk jagung
Jual Herbisida Calaris Untuk Jagung Kualitas Terbaik Harga Murah | LMGA AGRO

Gulma merupakan suatu tanaman yang mampu untuk tumbuh pada tempat – tempat yang tidak diinginkan oleh manusia.

Mereka sering muncul pada kebun, ladang, perkebunan, area pertanian, serta berbagai lingkungan lainnya yang berguna untuk pertanian, hortikultura, atau tujuan rekreasi.

Gulma mampu untuk bersaing dengan tanaman yang petani budidayakan untuk memperoleh sumber daya misalnya air, nutrisi, cahaya matahari, serta ruang tumbuh.

Akibatnya, tanaman gulma yang tidak diinginkan tersebut akan mengganggu pertumbuhan serta perkembangan tanaman, bahkan bisa merusak dengan keseluruhan apabila tidak petani berantas.

Beberapa ciri khas gulma seperti :

  • Tumbuh Cepat : Gulma mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat, yang memungkinkannya untuk menyebar serta menutupi area yang luas dalam waktu yang singkat.
  • Perakaran Kuat : Gulma seringkali memiliki sistem perakaran yang kuat dan memadat, sehingga bisa bertahan dan tumbuh baik pada berbagai kondisi tanah.
  • Reproduksi Efisien : Gulma sering memiliki cara reproduksi yang efisien, seperti pembentukan biji yang banyak serta gampang untuk tersebar.
  • Beradaptasi Dengan Baik : Gulma cenderung beradaptasi dengan beraneka kondisi lingkungan serta memiliki toleransi yang tinggi terhadap berbagai tekanan lingkungan.
  • Mengganggu Pertanian : Saat gulma tumbuh pada antara tanaman pangan atau tanaman bernilai ekonomis lainnya, akan mengakibatkan turunnya produktivitas panen dan meningkatkan biaya produksi.

Gulma liar sendiri juga mempunyai beberapa jenis berbeda, yang perlu untuk petani ketahui supaya bisa segera melakukan tindakan untuk memusnahkannya.

Pada bawah ini merupakan berbagai jenis gulma yang mampu untuk tumbuh dengan liar pada lingkungan sekitar lahan tanam pertanian.

Rumput – Rumputan Liar

Terdapat tiga jenis rumput – rumputan liar yang mampu untuk tumbuh pada sekitar lingkungan lahan tanam pertanian, seperti berikut ini.

Jenis pertama merupakan rumput liar atau Paspalum spp mempunyai daun dengan ukuran yang sempit serta bertekstur agak halus dengan batang ramping.

Beraneka spesiesnya mampu untuk tumbuh dengan merumpun atau membentuk rumput tunggal, salah satu spesies yang umumnya tumbuh merupakan Paspalum Conjugatum.

Kedua adalah rumput rabuk atau Eleusine Indica yang batangnya agak tegak dengan daun panjang serta biasanya agak pipih.

Umumnya jenis rumput rabuk mampu untuk tumbuh pada area yang terganggu contohnya adalah perkebunan, ladang, serta pada pinggir jalan.

Jenis ketiga yaitu rumput gajah Pennisetum Purpureum dengan ukuran daunnya lumayan lebar serta mempunyai bulir agak besar.

Tanaman ini mampu untuk tumbuh lumayan tinggi serta bisa menghambat tanaman yang lain sebab mempunyai ukuran lumayan besar.

Semak Belukar

Untuk jenis gulma semak belukar, dapat terbagi menjadi tiga golongan yang berlainan, contohnya adalah pada bawah ini.

Pertama adalah semak kucing atau Acalypha Indica yang mempunyai daun agak bergerigi serta biasanya dapat tumbuh pada area terbuka dan terganggu.

Jenis kedua yaitu semak kejibeling atau Chromolaena Odorata serta banyak orang yang mengenalnya sebagai semak ceplukan

Semak ini mampu untuk tumbuh secara cepat serta memproduksi bunga kecil yang mempunyai warna cenderung putih atau ungu.

Ketiga merupakan semak daun lebar atau Sida spp dengan ukuran daun yang besar dan bunga yang mempunyai warna kuning atau oranye.

Berbagai spesiesnya mempunyai sifat invasif serta akan sangat gampang sekali untuk menyebar, sehingga akan mengacaukan pertumbuhan tanaman budidaya.

Tanaman Berbunga Liar

Untuk jenis gulma tanaman berbunga liar, dapat terbagi menjadi beraneka jenis berbeda, contohnya adalah pada bawah ini.

Pertama yaitu Aster atau Asteraceae yang merupakan keluarga tanaman berbunga yang mencakup banyak spesies gulma.

Bunga aster umumnya bisa memiliki bentuk bintang dengan warna yang bervariasi, misalnya adalah putih, ungu, atau merah muda.

Jenis kedua adalah bunga matahari liar atau Helianthus Annuus yang mempunyai bunga besar dengan warna kuning serta bagian pusatnya coklat gelap.

Bunga matahari liar dapat tumbuh cukup tinggi serta memiliki biji yang biasanya dapat menjadi sumber makanan untuk beberapa burung.

Terakhir merupakan dandelion atau Taraxacum Officinale yakni suatu gulma berbunga kuning yang dikenal dengan biji yang gampang sekali terbawa oleh angin.

Tanaman ini mempunyai daun yang agak bergigi serta mempunyai batang yang mampu untuk mengeluarkan getah dengan warna putih.

Rimpang Serta Akar – Akaran

Jenis gulma rimpang dan akar – akaran, dapat terpisah menjadi dua golongan yang berlainan, seperti pada berikut ini.

Golongan pertama adalah rumput teki atau Cyperus Rotundus yang mempunyai rimpang cukup kuat serta lumayan sulit untuk petani berantas.

Rumput teki mampu untuk tumbuh pada lahan yang keadaannya basah serta banyak orang yang menganggap salah satu gulma yang sulit dikendalikan.

Golongan kedua yakni rumput gajah atau Imperata Cylindrica yang banyak orang mengenalnya sebagai alang – alang.

Jenis rumput ini memiliki rimpang yang lumayan panjang dengan akarnya yang agak dangkal.

Alang – alang sering menjadi masalah pada ladang serta area terbuka yang lain sebab mampu tumbuh dengan cukup cepat.

Baca Juga : Harga Kayabas 500ml Murah Berkualitas Tetap Jadi Yang Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *