Jarak Tanam Gambas Yang Tepat Agar Hasil Panen Berkualitas

sayur gambas, gambas oyong, jarak tanam gambas, jenis gambas, jarak tanam oyong, LMGA AGRO

Pemasangan Lanjaran Atau Ajir

Tanaman gambas merupakan tanaman merambat yang mampu memiliki banyak tunas atau cabang dengan batang gambas mencapai 3 hingga 4 meter.

Oleh karena itu petani perlu membuat ajir atau lanjaran dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman gambas yang tumbuh.

Ajir atau lanjaran sebaiknya segera petani  pasang setelah proses penanaman benih tanaman gambas telah selesai petani lakukan.

Pemasangan lanjaran atau ajir bertujuan untuk membuat tanaman berproduksi maksimal dan  menghindari tunas atau cabang bertumpukan.

Penyulaman Tanaman

Petani perlu melakukan penyulaman tanaman apabila terdapat tanaman gambas yang tidak tumbuh sempurna atau terserang hama.

Penyulaman tanaman gambas memiliki bertujuan untuk mendapatkan tanaman gambas yang tumbuh seragam dan berkualitas.

Penyiraman

Untuk melakukan penyiraman tanaman gambas perlu petani lakukan untuk mencegah tanaman gambas kekeringan dan berakibat layu.

Penyiraman tanaman gambas bisa petani lakukan sesuai kebutuhan tanaman gambas dan tidak boleh berlebihan agar dan tidak boleh kurang.

Tanaman gambas biasanya membutuhkan banyak air ketika memasuki usia pertumbuhan vegetatif hingga memasuki masa pertumbuhan generatif.

Apabila tanaman gambas kekeringan atau kekurangan air maka mengakibatkan tanaman gambas tidak tumbuh optimal dan buah tidak normal.

Penyiangan Tanaman Gambas

Petani perlu melakukan penyiangan tanaman gambas yang petani tanam untuk mencegah tanaman gambas berebut nutrisi dengan gulma atau tanaman liar.

Penyiangan tanaman gambas bisa petani lakukan ketika fase awal pertumbuhan atau saat setelah petani tanam di lahan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *