Jarak Tanam Gambas Yang Tepat Agar Hasil Panen Berkualitas

sayur gambas, gambas oyong, jarak tanam gambas, jenis gambas, jarak tanam oyong, LMGA AGRO

Persiapan Lahan Pertanian

Sebelum melakukan budidaya gambas yang baik dan benar, petani perlu melakukan persiapan lahan pertanian yang akan petani gunakan.

Lahan pertanian sebaik nya petani bersihkan dahulu dari gulma atau tanaman liar agar nantinya tanaman gambas tidak berebut nutrisi.

Selanjutnya petani bisa melakukan penggemburan tanah untuk budidaya gambas di lahan pertanian dengan menggunakan cangkul atau petani bajak terlebih dahulu.

Pembuatan bedengan dengan ukuran lebar 80 hingga 100 cm dengan panjang dan tinggi sesuai lahan pertanian bisa petani lakukan selanjutnya.

Apabila petani melakukan budidaya gambas yang baik dan benar di sawah atau lahan datar sebaiknya bedengan agak lebih tinggi.

Bedengan yang agak tinggi perlu petani buat agar sawah atau lahan datar yang petani gunakan tidak tergenang oleh air hujan.

Tanaman gambas tidak menyukai lahan pertanian yang tergenang air atau terlalu basah karena akan mengakibatkan tanaman layu bahkan mati.

Jarak antar bedengan yang petani buat yang optimal untuk tanaman gambas dengan lebar 2 hingga 2,5 meter antar bedengan.

Pemupukan Dasar

Tanaman gambas membutuhkan unsur hara yang baik untuk tumbuh dan berkembang hingga menjadi tanaman gambas yang berkualitas.

Pada dasarnya pada tanah yang terdapat di lahan pertanian sudah memiliki unsur hara yang penting dan tanaman butuhkan.

Tapi, jika unsur hara di lahan pertanian belum mencukupi sebaiknya petani melakukan pemupukan dasar di lahan pertanian yang petani gunakan.

Pemupukan dasar tanaman gambas bisa petani lakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos, KCL, Za, TSP, dan Urea.

Pupuk untuk gambas tersebut perlu petani taburkan secara merata di atas bedengan yang petani gunakan untuk budidaya gambas yang baik dan benar.

Setelah itu, diamkan lahan selama 7 hingga 10 hari dan tersiram oleh air hujan sebelum petani pasang mulsa.

Baca Juga : Cara Menanam Gambas Agar Berbuah Lebat Yang Menguntungkan

Mengetahui Jarak Tanam Gambas Agar Bisa Tumbuh Subur

Saat melakukan budidaya tanaman gambas, sebaiknya petani perlu mengetahui jarak tanam gambas yang tepat agar tumbuh optimal.

Karena tanaman gambas yang memiliki jarak tanam gambas terlalu dekat tidak akan bisa tumbuh dengan optimal.

Hal itu terjadi karena tanaman gambas akan berebut nutrisi serta cahaya matahati untuk proses fotosintetis atau pertumbuhan tanaman.

Petani perlu melakukan pembuatan lubang tanam dengan jarak tanam gambas yaitu 70 hingga 80 cm dalam satu bedengan.

Jarak tanam gambas tersebut mampu memberikan cahaya matahari yang optimal untuk pertumbuhan tanaman gambas yang petani budidayakan.

Lubang tanam perlu petani buat dengan bentuk segaris dan terletak di tengah-tengah bedengan yang petani miliki.

Dengan jarak tanam gambas tersebut petani memiliki 2 opsi penanaman yaitu bisa petani tanam langsung atau petani semai terlebih dahulu.

Benih tanaman gambas terbaik yang akan petani gunakan sebaiknya petani kecambahkan dulu agar pertumbuhan seragam dan merata.

Kulit atau cangkang benih tanaman gambas sebaiknya petani pecahkan dahulu dengan menggunakan gunting kuku di bagian tunas akan tumbuh.

Selanjutnya benih tanaman gambas terbaik petani rendam kedalam air hangat kukudan bisa petani campur ZPT selama 10 jam.

Benih gambas yang sudah petani rendam selama 10 jam, selanjutnya petani tiriskan dan petani bungkus dengan kertas lembab atau kain.

Bedengan yang sudah petani buatkan lubang tanam dengan jarak tanam gambas yang tepat  selanjutnya petani masukkan benih.

Petani bisa memasukkan benih sebanyak kurang lebih satu benih per lubang tanam dengan tunas menghadap bawah.

Selanjutnya lubang tanam yang berisi benih tanaman gambas bisa petai tutup dengan menggunakan tanah tipis dan petani siram hingga basah.

Untuk menghindari benih tanaman gambas terserang hama petani bisa menggunakan nematisida di sekitar benih tanaman.

Dengan jarak tanam gambas dan penanaman tersebut, petani mampu untuk menghasilkan panen gambas yang tinggi dan berkualitas.

Baca Juga : Jual Sayuran Oyong Esenza Plus Buat Petani Semakin Untung

Perawatan Pohon Gambas Setelah Tanam

sayur gambas, gambas oyong, jarak tanam gambas, jenis gambas, jarak tanam oyong, LMGA AGRO
Tanaman Gambas Perlu Petani Rawat

Dalam budidaya gambas yang baik dan benar, perawatan tanaman gambas merupakan salah satu hal penting yang harus petani lakukan.

Perawatan tanaman gambas perlu petani lakukan untuk menghasilkan tanaman gambas yang memiliki kualitas tinggi.

Tanaman gambas yang memiliki kualitas tinggi berpotensi menghasilkan panen buah gambas yang berkuantitas tinggi dan berkualitas super.

Selain itu, perawatan tanaman gambas juga untuk mencegah hama dan penyakit menyerang tanaman gambas yang petani budidayakan.

Berikut merupakan Perawatan tanaman gambas agar tumbuh optimal :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *