Cara Menanam Terong Bulat Hijau Agar Hasil Panen Berkualitas

cara menanam terong bulat hijau, tanaman terong, budidaya terong, budidaya tanaman terong, terong lalap hijau, LMGA AGRO

Cara Menanam Terong Bulat Hijau Yang Tepat

Untuk mendapatkan tanaman terong bulat hijau yang bisa tumbuh subur dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Cara menanam terong bulat hijau menjadi langkah penting yang harus petani lakukan untuk menghasilkan panen terong bulat hijau yang berkualitas.

Petani berpotensi menghasilkan banyak keuntungan dari budidaya terong bulat hijau apabila petani melakukan cara menanam terong bulat hijau dengan benar.

Berikut ini tahapan dalam cara menanam terong bulat hijau sebagai peluang usaha pertanian yang menguntungkan :

Pengolahan Lahan Pertanian

Cara menanam terong bulat hijau pertama yang bisa petani lakukan adalah pengolahan lahan pertanian yang akan petani gunakan.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani awali dengan melakukan pembentukan bedengan agar pertumbuhan akar tanaman bisa baik.

Selain itu, pembuatan bedengan juga memiliki tujuan agar tanaman bulat hijau yang petani tanam bisa terhindar dari banjir.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani lakukan sejak 1 bulan sebelum petani melakukan penanaman benih terong bulat hijau.

Pemupukan Dasar

Cara menanam terong bulat hijau selanjutnya petani bisa melakukan pemupukan dasar lahan pertanian yang akan petani gunakan.

Pemupukan dasar lahan pertanian bisa petani lakukan dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Selanjutnya petani bisa melakukan pencampuran pupuk kandang atau kompos ke dalam bedengan yang sudah petani buat.

Petani menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos karena mampu untuk mengikat air dalam bedengan.

Persemaian Dan Penanaman

Cara menanam terong bulat hijau berikutnya adalah melakukan persemaian dan penanaman benih terong bulat.

Persemaian benih terong bulat hijau bisa petani awali dengan melakukan pemeraman benih dengan menggunakan handuk lembab sebanyak 24 jam.

Selanjutnya petani bisa melakukan persiapan media tanam yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1.

Hasil campuran media tanam bisa petani masukkan ke dalam polybag semai dengan tinggi 8 cm dan diameter 5 cm.

Benih terong bulat hijau yang sudah petani semaikan selama kurang lebih 25 hari bisa petani pindah tanam ke lubang tanam.

Ciri bibit terong bulat hijau yang bisa petani pindah tanam adalah memiliki 3 helai daun sempurna dengan tinggi bibit 7,5 cm.

Penanaman bibit terong bulat hijau sebaiknya petani lakukan ketika sore hari dengan jarak tanam ideal adalah 75 cm antar tanaman.

Bibit terong bulat hijau bisa petani tanam dengan cara memasukkannya kedalam lubang tanam yang sudah petani buat sedalam 10 -15 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *