Tips Terbaru Cara Menanam Melon Berbuah 3 Agar Petani Untung Besar

cara menanam melon, Tanam melon, buah melon, tumbuhan melon, tanaman buah melon, jenis jenis melon, LMGA AGRO

Pemupukan Dasar

Tanaman melon adalah jenis tanaman yang memiliki umur pendek sehingga akan membutuhkan air dan unsur hara makro dan mikro yang banyak.

Unsur hara makro dan mikro serta kebutuhan air yang tercukupi membuat tanaman melon menghasilkan 2 hingga 6 buah per pohon.

Untuk memenuhi hal itu petani bisa melakukan pemberian pupuk dasar pada bagian bedengan dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 1 kg.

Pupuk lain yang petani gunakan adalah pupuk NPK konsentrasi 25 g, ZA 10 g, dan SP36 10 g per tanaman.

Petani bisa mencampurkan bahan tersebut dengan tanah yang terdapat dalam bedengan secara menyeluruh dan merata.

Apabila pH tanah yang terdapat di lahan pertanian kurang dari 6, maka petani perlu memberikan dolomit tambahan di  bedengan.

Jumlah dolomit yang bisa petani gunakan dalam menambah pH tanah adalah 5 kg hingga 7 kg dan petani bisa ratakan.

Petani juga bisa menggunakan mulsa penutup tanah seperti mulsa plastik supaya tanah di bedengan tetap memiliki suhu hangat dan lembab.

Penggunaan Bibit Melon Unggul

Penggunaan bibit melon unggul sudah banyak petani lakukan sebagai salah satu langkah cara menanam melon berbuah 3.

Sudah banyak perusahaan benih berlomba-lomba memproduksi benih tanaman melon unggul yang bisa petani gunakan untuk cara menanam melon berbuah 3.

Beberapa perusahaan benih yang sedang berlomba untuk memproduksi benih melon tunggul seperti, Panah Merah, Pertiwi, dan Sakata.

Penggunaan benih melon unggul akan membantu dan menguntungkan petani dalam melakukan budidaya tanaman melon di lahan pertanian.

Benih melon unggul akan membantu petani karena menghasilkan tanaman yang tahan akan serangan hama dan penyakit yang bisa merusak tanaman.

Selain itu, benih melon unggul akan menguntungkan petani kerana akan menghasilkan tanaman yang produktif dengan potensi panen berkualitas.

Benih melon unggul bisa dengan mudah petani temukan di toko pertanian terdekat atau toko benih terdekat langganan petani.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO menyediakan benih melon unggul untuk membantu petani dalam mendapatkan sarana pertanian terbaik.

Pindah Tanam

Bibit melon bisa petani pindah tanam ketika memasuki usia 1 minggu atau sudah memiliki daun setidaknya sebanyak 3 lembar.

Petani juga perlu melakukan pembuatan jarak tanam antar tanaman dengan lebar 50 cm hingga 60 cm agar tanaman tumbuh optimal.

Pindah tanam sebaiknya petani lakukan ketika waktu belum memasuki jam 10 pagi atau setelah jam 3 sore.

Selanjutnya petani bisa membuat lubang tanam dan petani sesuaikan dengan ukuran bibit melon yang akan petani pindah tanam.

Baca Juga : Sukses Budidaya Tanaman Buah Melon

Perawatan Pohon Melon Milik Petani Agar Berbuah 3

Dalam budidaya tanaman melon, perawatan pohon melon merupakan hal yang terpenting yang harus petani lakukan agar tanaman tumbuh optimal.

Perawatan pohon melon juga merupakan salah satu cara menanam buah melon berbuah 3 seperti yang petani inginkan.

Tanaman melon yang tumbuh optimal tidak hanya dapat berbuah lebih dari 3, tetapi juga mampu untuk menghasilkan panen yang berkualitas.

Selain itu, perawatan pohon melon juga bertujuan agar pohon melon yang petani budidayakan tidak terserang hama dan penyakit.

Berikut merupakan cara melakukan perawatan pohon melon agar berbuah 3 :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *