Tips Terbaru Cara Menanam Melon Berbuah 3 Agar Petani Untung Besar

cara menanam melon, Tanam melon, buah melon, tumbuhan melon, tanaman buah melon, jenis jenis melon, LMGA AGRO

Pemasangan Ajir

Untuk mendapatkan buat yang berkualitas petani bisa melakukan pemasangan ajir dari bilah bambu untuk menopang tanaman melon yang petani tanam.

Pemasangan ajir memiliki fungsi agar buah melon tumbuh tidak langsung terkena permukaan tanah dan agar tanaman mendapatkan sinar matahari langsung.

Petani sebaiknya memasang ajir sebelum tanaman melon tumbuh besar supaya ajir yang petani tancapkan tidak melukai akar tanaman.

Penyiraman Pohon Melon

Tanaman melon sebaiknya petani siram secara teratur ketika petani melakukan budidaya tanaman melon di lahan pertanian.

Penyiraman tanaman melon sebaiknya petani lakukan pada sore hari hingga tanaman melon berusia satu minggu.

Selanjutnya petani bisa melakukan penyiraman tanaman melon di lahan pertanian setiap dua hari sekali agar air tidak berlebihan.

Apabila sudah memasuki musim hujan, sebaiknya petani memperbaiki drainase agar berfungsi sebagaimana mestinya agar lahan pertanian tidak banjir.

Lahan pertanian yang banjir akan mengakibatkan tanaman melon tidak bisa tumbuh dengan baik bahkan bisa mengakibatkan gagal panen.

Pemupukan Susulan

Untuk melakukan pemupukan susulan petani bisa melakukannya ketika tanaman melon memasuki usia satu minggu setelah tanam.

Pemupukan bisa petani lakukan dengan menggunakan pupuk yang berbentuk cair atau menggunakan pupuk padat yang petani larutkan terlebih dahulu.

Pupuk cair yang petani gunakan bisa dari pupuk cair organik atau pupuk kimia organik yang memiliki kandungan nutrisi untuk tanaman.

Pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk kimia bisa petani lakukan sebanyak 6 kali untuk membuat tanaman tumbuh produktif.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Untuk mendapatkan tanaman melon yang berbuah 3, petani perlu mengetahui cara menanam melon berbuah 3 dengan cara perawatan tanaman melon.

Perawatan tanaman melon yang perlu petani lakukan secara teliti dan merata adalah pengendalian hama dan penyakit tanaman melon.

Tanaman melon yang tidak terserang hama dan penyakit akan menghasilkan panen melon yang optimal dan berkualitas tinggi.

Apabila tanaman melon yang petani budidayakan sudah terserang hama dan penyakit utama tanaman melon maka petani perlu melakukan pengendalian.

Pengendalian hama dan penyakit yang bisa petani lakukan pada budidaya melon adalah sanitasi lahan pertanian, dan penyemprotan pestisida yang sesuai.

Untuk melakukan penyemprotan pestisida, petani juga perlu menggunakan pestisida dengan dosis yang tepat agar hama dan penyakit tidak bermutasi.

Selain itu, penggunaan pestisida yang berlebihan juga bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi rusak sehingga tanaman tidak tumbuh optimal.

Baca Juga : Penyakit Tanaman Melon Buat Keuntungan Petani Menurun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *