Mengenal Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Mengatasinya

mengatasi, penyakit pada tanaman tomat, pestisida untuk tomat, penyakit pada tomat, fungisida untuk busuk daun
Beri Penilaian

Mengenal Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Mengatasinya. Toko Pertanian Online LMGA AGRO (0821-4174-7141) (Telepon) atau (0812-5222-117) (WhatsApp) menyediakan Sarana Pertanian terbaik harga murah.

Dalam melakukan usaha dalam bidang pertanian petani memerlukan sarana pertanian terbaik untuk menunjang seluruh kegiatan dalam bidang pertanian.

Penggunaan sarana pertanian terbaik akan membantu petani dalam melakukan usaha pertanian dan membantu petani untuk mencapai kesuksesan.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO menyediakan segala sarana pertanian lengkap terbaik harga murah untuk membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pertanian.

Sarana Pertanian Terbaik Yang tersedia di Toko Pertanian LMGA AGRO seperti benih tanaman, pupuk tanaman, pestisida hama penyakit, dan ZPT.

Selain itu, LMGA AGRO juga menyediakan alat pertanian lengkap yang bisa petani dapatkan untuk membantu petani dalam mengolah lahan pertanian.

Untuk benih tanaman yang LMGA AGRO sediakan meliputi Benih tanaman sayuran hingga benih tanaman buah-buahan yang cocok untuk petani budidayakan.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO juga menyediakan pupuk pertanian seperti pupuk organik, pupuk majemuk, dan pupuk daun.

Sedangkan untuk pestisida yang tersedia dalam LMGA AGRO meliputi insektisida, fungisida, bakterisida, dan herbisida.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga menyediakan layanan konsultasi yang bisa petani gunakan untuk bertanya jawab seputar dunia pertanian.

Dengan menggunakan jasa layanan konsultasi petani bisa mendapatkan input yang baik dan bisa petani terapkan pada lahan pertanian.

Kendala utama dalam budidaya tanaman adalah hama dan penyakit tanaman yang bisa merusak tanaman dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Untuk itu petani perlu mengetahui penyakit pada tanaman tomat dan cara mengatasinya agar pengendalian bisa lebih mudah.

Dalam melakukan budidaya tanaman petani akan menemukan beberapa kendala yang menghambat kinerja petani.

Hama dan penyakit tanaman merupakan salah satu penghambat yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hingga hasil panen.

Hal itu membuat petani harus mengerti tentang penyakit pada tanaman tomat dan cara mengatasinya agar petani bisa melakukan pengendaliannya.

Mengenal Buah Tomat Bermanfaat dan Bergizi

Buah tomat merupakan salah satu komoditas pangan yang bisa dengan mudah kita temukan di pasaran seperti supermarket hingga pasar tradisional.

Tomat merupakan sayuran yang berbentuk buah dengan ciri-ciri berbentuk bulat, berwarna kuning kemerahan, dan memiliki rasa segar.

Tomat banyak menjadi pilihan untuk konsumsi sehari-hari karena tomat memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk membantu memenuhi nutrisi harian kita.

Berikut merupakan kandungan nutrisi atau gizi yang terkandung dalam buah tomat dengan takaran 100 gram :

  • Energi 24 kalori
  • Protein 2 g
  • Air 93 g
  • Karbohidrat 3,3 g
  • Lemak 0,7 g
  • Kalsium 5 mg
  • Serat 1,8 g
  • Fosfor 27 mg
  • Zat besi 0,5 mg
  • Kalium 210 mg
  • Natrium 10 mg
  • Seng 0,2 mg
  • Tembaga 0,07 g
  • Karoten Total 320 mcg
  • Beta-karoten 384 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1) 0,07 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,04 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Niacin 0,7 mg

Dengan sederet kandungan nutrisi atau gizi  yang terkandung dalam buah tomat membuat tomat memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut merupakan sederet manfaat jika kita rutin mengkonsumsi buah tomat:

Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Dalam buah tomat terkandung nutrisi seperti antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan salah satu pemicu utama tumbuhnya sel kanker yang merupakan salah satu penyakit yang mengerikan.

Mencegah Dan Mengatasi Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam tomat mampu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh bagi pasien diabetes tipe 1.

Sedangkan untuk pasien diabetes tipe 2 juga mengalami penurunan kadar gula darah serta kadar lemak dalam tubuh.

Menurut The American Diabetes Association, bagi penderita diabetes mereka anjurkan untuk mengkonsumsi tomat 25 – 38 gram untuk mengatasinya.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah tomat mampu untuk mengatasi sembelit atau susah BAB karena tomat mengandung air dan serat yang mampu untuk melancarkan pencernaan.

Serat juga berfungsi sebagai pendorong kotoran yang terdapat dalam usus agar keluar untuk mengurangi sembelit atau konstipasi.

Namun,buah tomat memiliki keunikan lain yaitu mampu untuk mencegah atau mengatasi diare pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut European Journal Of Public Health, kandungan beta-karoten dan likopen yang terkandung dalam tubuh akan mempengaruhi resiko terkena serangan jantung.

Semakin rendahnya kandungan beta-karoten dan likopen dalam tubuh maka tubuh semakin berisiko untuk mengalami serangan jantung.

Oleh karena itu kandungan beta-karoten dan likopen yang tinggi dalam buah tomat memiliki manfaat sebagai penekan resiko terkena serangan jantung.

Selain itu kandungan likopen dalam tomat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang merupakan pemicu penyakit jantung.

Likopen dalam buah tomat juga memiliki fungsi sebagai pelindung lapisan pembuluh darah yang membuat turunnya resiko terjadinya pembekuan darah.

Melindungi Atau Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah tomat untuk konsumsi sehari-hari memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata karena tomat mengandung beta-karoten yang baik untuk mata.

Selain itu, kandungan likopen, lutein, antioksidan, dan beta-karoten dalam buah tomat mampu mencegah kerusakan mata akibat katarak hingga degenerasi makula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.