Obat Kubis Musim Hujan Lindungi Dari Hama Penyakit Tanaman

obat kubis musim hujan,sayuran kol,sayur kol,hama tanaman,pestisida,lmga agro
Beri Penilaian

Ulat Tanah

Ulat tanah ( Agrotis ipsilon ) termasuk dalam jajaran hama ulat pengganggu bagi pertumbuhan tanaman kubis. Hama ulat tanah seringkali menyerang tanaman kubis yang baru saja pindah tanam ke lahan pertanian.

Ulat tanah menyerang tanaman kubis muda dengan cara memakan pangkal batang dan membuat tanaman menjadi mudah roboh. Selain itu, serangan hama ulat tanah ini terjadi saat malam hari dan bersembunyi di dalam tanah saat matahari terbit.

Bercak Daun

Bercak daun merupakan penyakit tanaman kubis yang terjadi akibat serangan jamur patogen Alternaria brasicae. Jamur patogen ini tumbuh saat lingkungan lahan budidaya kubis cenderung basah dan lembab.

Sehingga, jenis penyakit tanaman ini seringkali terjadi saat petani melakukan usaha budidaya kubis saat musim hujan. Selain itu, serangan jamur patogen ini menimbulkan gejala yang perlu petani ketahui.

Penyakit bercak daun akibat jamur patogen memiliki gejala adanya cincin berwarna coklat mudah hingga coklat tua pada daun. Apabila gejala ini petani biarkan maka akan berdampak pada kualitas hasil panen budidaya kubis.

Busuk Lunak

Busuk lunak termasuk dalam jenis penyakit tanaman kubis akibat serangan bakteri Erwinia carotovora. Selain itu, bakteri ini menyerang tanaman kubis sama seperti jamur penyebab bercak daun, yaitu saat lingkungan basah dan lembab.

Sehingga, serangan bakteri penyebab busuk lunak pada tanaman kubis seringkali terjadi saat musim hujan. Selain itu, gejala dari penyakit ini terbilang khas, yaitu batang atau krop mengalami kondisi busuk basah dan tercium aroma yang tidak sedap.

Akar Gada

Akar gada merupakan jenis penyakit pada tanaman kubis akibat serangan jamur patogen Plasmodiophora brassicae. Serangan jamur patogen ini terjadi akibat lingkungan lahan pertanian terlalu lembab pada saat musim hujan.

Penyakit akar gada menjadi salah satu penyakit tanaman paling petani takuti karena mampu mengubah bentuk akar layaknya umbi. Selain itu, penyakit akar gada ini mampu menghambat asupan air dan nutrisi untuk tanaman.

Gejala serangan penyakit akar gada pada tanaman kubis adalah daun tanaman mulai terlihat layu dan kekurangan air. Selain itu, krop hasil pertumbuhan tanaman kubis tidak tumbuh secara normal atau menjadi kerdil.

Baca Juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.