Cara Menanam Cabe Sios Tavi Buat Petani Untung

cara menanam cabe Sios Tavi,cara menanam cabe,benih cabe,budidaya cabe,petani,lmga agro
5/5 - (1 vote)

Pembibitan Cabe

Langkah pertama yang harus petani lakukan pada cara menanam cabe Sios Tavi adalah melakukan pembibitan cabe Sios Tavi. Pembibitan merupakan bagian penting dalam proses atau cara menanam cabe Sios Tavi untuk kebutuhan usaha budidaya cabe pada lahan pertanian.

Pembibitan cabe Sios Tavi bisa petani lakukan dengan memanfaatkan wadah tertentu seperti tray semai maupun polybag. Polybag dan tray semai cocok petani gunakan untuk langkah pembibitan ini karena memiliki ukuran kecil dan mudah untuk proses perawatannya.

Sebelum melakukan proses pembibitan cabe Sios Tavi, petani terlebih dahulu menyiapkan media tanam untuk benih cabe. Media tanam untuk proses pembibitan cabe Sios Tavi adalah campuran tanah, pupuk organik, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Sebelum mencampurkan media tanam menjadi satu, sebaiknya petani melakukan proses pengayakan terlebih dahulu agar setiap komponennya menjadi halus.

Setelah media tanam selesai petani masukkan pada polybag maka letakkan pada lokasi yang terlindung dari sinar matahari dan hujan. Untuk hasil pembibitan yang lebih baik, petani bisa memberikan perlindungan seperti jaring-jaring agar benih terhindar dari hama atau serangga.

Proses pembibitan bisa petani lakukan dengan memasukkan benih sedalam 0.5 cm lalu tutup dengan tanah kompos dan siram hingga lembab. Setelah itu, petani harus melakukan perawatan seperti penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari.

Benih cabe yang berumur 1-3 hari bisa petani tutup permukaan polybagnya dengan kertas dan siram hingga basah. Dalam 3 hari ke depan biasanya benih yang telah melewati proses tersebut akan berkecambah. Bibit cabe Sios Tavi yang siap pindah tanam memiliki umur 21-24 hari dan tumbuh 3-4 helai daun.

Pengolahan Lahan Pertanian

Lahan pertanian atau lahan budidaya menjadi tempat yang penting untuk petani cabe karena bertindak sebagai tempat pemeliharan tanaman cabe. Sehingga, pengolahan lahan pertanian menjadi salah satu bagian penting dalam proses cara menanam cabe Sios Tavi untuk budidaya cabe.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani mulai dengan membajak lahan dengan menggunakan alat pertanian seperti cangkul sedalam 20-40 cm. Tujuan pembajakan lahan adalah untuk membersihkan batu ataupun sisa-sisa tanaman yang terdapat pada lahan pertanian.

Langkah selanjutnya yang bisa petani lakukan adalah membuat bedengan sebagai tempat pertumbuhan tanaman cabe Sios Tavi. Ukuran bedengan yang bisa petani buat adalah lebar 1 meter, tinggi 30-40 cm, dan jarak antar bendengan sekitar 60 cm. Sedangkan panjang bedengan bisa menyesuaikan dengan kondisi lahan dengan panjang maksimal sekitar 15 meter.

Setelah itu, petani sebagai pelaku usaha pertanian harus membuat saluran drainase yang baik untuk menghindari genangan air. Petani juga harus mengecek kondisi atau tingkat keasaman tanah harus normal dengan nilai pH 6-7. Apabila tingkat pH tanah tidak normal, petani bisa menambahkan kapur dolomit untuk menormalkan tingkat pH tanah.

Pemupukan Dasar

Cara menanam cabe Sios Tavi pada lahan pertanian memiliki beberapa langkah penting seperti pemupukan dasar yang petani harus lakukan. Pemupukan dasar bisa petani awali dengan menggunakan jenis pupuk yang tepat, pupuk organik seperti kompos dan kandang sebagai contohnya.

Proses pemupukan dasar pada lahan pertanian bisa menggunakan teknik aplikasi berbeda dan menyesuaikan kondisi kesuburan lahan pertanian. Selain itu, tingkat keasaman tanah atau pH tanah juga menentukan proses pemberian pupuk pada lahan budidaya cabe.

Proses pemupukan dasar pada budidaya cabe bisa petani lakukan dengan menyebarkan pupuk organik secara merata pada bedengan. Pupuk yang petani butuhkan untuk pemupukan dasar sekitar 20 ton/ha dengan tambahan pupuk ZA 250 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Dalam proses cara menanam cabe Sios Tavi, petani bisa menutup bedengan dengan mulsa pertanian untuk menjaga tingkat kelembaban tanah. Selain itu, mulsa pertanian juga bermanfaat untuk menekan erosi dan mencegah pertumbuhan gulma. Mulsa pertanian selanjutnya petani biarkan selama 1 minggu dengan kondisi terpasang pada bedengan.

1 hari sebelum proses penanaman bibit cabe, petani bisa membuat lubang tanam pada bedengan dengan memanfaatkan alat pelubang mulsa. Pembuatan lubang tanam pada bedengan bisa petani buat dengan jarak antar lubang sekitar 60-70 cm dengan sistem zigzag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *