Melon Orange Rasa Manis Untung Banyak

melon, orange, buah, tanaman, tanaman buah
Beri Penilaian
3.   Pengairan / penyiraman

Sirami secara rutin untuk memenuhi kebutuhan air tanaman. Lakukan tiap pagi dan sore hari sehingga tanaman bisa tumbuh secara sempurna.

4.   Penyiangan gulma

Siangi gulma secara rutin. Selain membuat lahan tanam menjadi lebih bersih, proses penyerapan nutrisi menjadi lebih sempurna dan mampu menurunkan resiko terserang hama dan penyakit.

5.   Pemupukan susulan

Lakukan pemupukan susulan pertama setelah berumur 7 hari setelah tanam, gunakan pupuk NPK dengan dosis konsentrasi 20 g/l air. Untuk waktu pemupukan susulan kedua lakukan setelah berumur 14 hari setelah tanam, gunakan pupuk NPK dengan dosis konsentrasi 40 g/l air.

Lakukan aplikasi pemupukan susulan ketiga setelah berumur 21 hari setelah tanam atau menjelang proses pembungaan. Sementera untuk pemupukan susulan keempat, lakukan setelah berumur 28 hari setelah tanam atau setelah proses pembungaan.

·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit selalu membuat kerusakan yang berujung pada kerugian bagi petani. Karena itu, mengendalikan serangan hama dan penyakit menjadi salah satu hal penting demi menjaga keberlangsungan hidup tanaman.

Hama dan penyakit yang sering menyerang dalam budidaya melon orange yaitu :

1.   Kutu daun

Kutu daun merupakan hewan serangga berukuran kecil yang menyebabkan kerusakan pada tanaman melon orange. Hewan ini memiliki antenna panjang dan kaki – kaki yang juga panjang.

Tubuhnya berwarna hitam, merah, coklat, dan kuning tergantung spesiesnya. Ada beberapa spesiesnya yang memiliki sayap, sementara spesies lainnya tidak memiliki sayap.

Gejala tanaman terserang hama kutu daun yaitu tanaman menjadi layu, pertumbuhannya menjadi terhambat, daun dan pucuk menjadi mengerut, serta terdapat madu hasil kutu daun yang menyebabkan infeksi tambahan.

Untuk mengatasi serangan kutu daun, cara pengendaliannya yaitu dengan melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, memanfaatkan predator alami kutu daun, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *