Jual Benih Semangka Liberty F1 Berkualitas

Jual, Benih, Semangka, Liberty F1, Berkualitas

Peluang Usaha Budidaya Semangka Liberty F1

Peluang, Usaha, Budidaya, Semangka, Liberty F1

Peluang usaha budidaya semangka Liberty F1 menjadi favorit petani semangka tanpa biji. Budidaya semangka Liberty menjadi peluang usaha petani sayuran dan buah di pusat hortikultura.

Peluang usaha ini didasari dengan kebutuhan semangka di masyarakat. Masyarakat semakin menyukai semangka karena masyarakat tahu akan khasiat buah semangka.

Selain lezat semangka mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga masyarakat jadi tertarik untuk mengkonsumsi buah semangka.

Peluang ini dapat dimanfaatkan para petani semangka untuk membudidayakan semangka. Dengan demikian petani akan semakin bersemangat untuk budidaya buah semangka.

Semangka Liberty F1 mudah dalam penanaman dan pemeliharaan karena tahan lama dan penyakit. Tanaman semangka Liberty F1 direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah.

Umur panen dari semangka Liberty F1 kurang lebih 65 hari dan memiliki potensi hasil panen kurang lebih 34 ton/ha.

Benih semangka Liberty F1 dapat dibeli dengan cara online di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Agar sukses budidaya semangka Liberty F1 direkomendasikan untuk menggunakan pupuk organik, pupuk NPK dan pupuk daun terbaik.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih semangka berkualitas dan pupuk dengan harga terjangkau.

Cara Menanam Semangka

Cara menanam semangka dapat dilakukan di lahan sawah kebun maupun disekitar rumah dengan lahan seadanya.

Yang terpenting adalah lahan yang digunakan untuk menanam memiliki tanah yang subur dan cukup pencahayaan sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Berikut cara menanam semangka :

Pemilihan Benih Semangka

Pemilihan benih semangka yang memiliki kualitas baik perlu dilakukan sebelum melakukan penanaman.

Hal ini bertujuan agar semangka yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan tanaman tahan terhadap penyakit dan virus yang menyerang.

Benih semangka berkualitas dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih Semangka

Setelah mendapatkan benih semangka berkualitas. Selanjutnya adalah penyemaian benih semangka.
Media penyemaian bisa menggunakan polybag yang diisi dengan tanah dan kompos yang telah dicampur dengan rata.

Jika sudah lubangi media tanam sedalam 1 cm dan masukkan benih kedalamnya lalu tutup lubang. Sebelum ditanam sebaiknya benih semangka direndam dengan air kurang lebih selama 10 menit.

Letakkan polybag di tempat yang aman dari hujan tetapi tetap tersinari oleh matahari agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun. Jika sudah maka benih siap pindah dari tempat penyemaian ke lahan penanaman.

Penanaman di Lahan

Setelah benih mulai tumbuh helai daun dan berkecambah selanjutnya benih dipindahkan dari media semai ke lahan penanaman.

Penanaman bibit bisa dilakukan di lahan sawah atau kebun dan juga bisa dilakukan di sekitar rumah dengan lahan seadanya.

Penanaman di lahan sawah perlu dilakukan penggemburan tanah persawahan dan pemberian pupuh agar tanaman semangka bisa tumbuh optimal.

Lahan sawah dibuat bedengan dengan diberi lubang dengan jarak 20 cm tiap lubang bedengan. Pindahkan benih yang telah disemai kedalam lubang dengan berhati – hati.

Benih semangka yang telah disemai dan sudah siap untuk di pindah tanam di lahan penanaman biasanya berumur satu bulan.

Perawatan Tanaman Semangka

Perawatan tanaman semangka berupa penyiraman, pemberian pupuk dan pengendalian dan penanggulangan dari hama dan penyakit yang menyerang.

Penyiraman tanaman semangka dilakukan ketika pagi dan sore hari. Penyiraman perlu dilakukan terutama pada saat musim kemarau. Penyiraman dilakukan agar tanaman semangka tetap segar dan bisa tumbuh dengan optimal.

Pemberian pupuk pada tanaman semangka berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi agar tanaman tumbuh dengan baik. Pupuk bisa dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Jika terdapat hama seperti ulat, kumbang dll segera lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida.

Bersihkan area sekitar tanaman semangka jika terdapat gulma. Gulma mengganggu tumbuh kembang tanaman semangka dengan cara menyerap nutrisi dari tanah sekitar tanaman semangka.

Lakukan pengontrolan batang semangka agar tidak terbelit dan menghalangi tumbuh semangka. Rapikan ranting semangka agar mudah dalam perawatannya dan terlihat rapi.

Pemanenan Semangka

Buah semangka bisa dipanen ketika berumur kurang lebih 80 – 100 hari. Nuah semangka yang dipanen dengan umur cukup memiliki rasa daging yang manis dan tidak berwarna pucat. Kulit berwarna hijau tua.

Baca Juga : Semangka Kuning Jelita F1 Produk Known You Seed

Hama dan Penyakit Tanaman Semangka

Hama, Penyakit, Tanaman, Semangka

Hama dan penyakit tanaman semangka sangat merugikan petani karena bisa mengakibatkan kegagalan disaat panen. Budidaya tanaman semangka terkadang mendapat gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Hama Tanaman Semangka

Hama tanaman semangka merupakan organisme penganggu tanaman yang menyebabkan kerusakan pada anatomi fisik tanaman. Kerusakan pada bagian tanaman dapat memberikan efek negatif pada pertumbuhan tanaman.

Berikut adalah hama tanaman semangka :

Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) ini menyerang daun dan batang muda pada tanaman semangka dan memakannya. Penyemprotan insekstisida dilakukan untuk meengendalikan hama ulat grayak.

Ulat Tanah

Ulat tanah sering menyerang daun dan juga pangkal batang tanaman semangka. Ulat ini menyerang ketika malam hari. Penyemprotan insektisida dilakukan untuk mengendalikan hama ulat tanah.

Kumbang

Kumbang menyerang bunga dan daun pada tanaman semangka. Daun yang berlubang akibat serangan kumbang akan terhambat proses fotosintesisnya.

Pengendalian hama kumbang dengan cara penyemprotan insektisida yang mengandung bahan aktif tiodikarb, profenofos, diafentiuron, metidation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *