Tanaman Toga Peluang Usaha Menguntungkan dan Menyehatkan

tanaman toga,tanaman obat,budidaya tanaman,toga,peluang usaha,usaha pertanian,lmga agro,pertanian

Jahe

Tanaman jahe menjadi jenis tanaman obat atau tanaman obat keluarga yang paling populer dan banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Tanaman jahe sudah sejak lama tumbuh berkembang dengan subur di daerah Indonesia, sehingga sudah banyak dikenal serta sangat bermanfaat.

Tanaman jahe memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Salah satu jenis olahan tanaman jahe yang sangat populer dan dikenal oleh masyarakat adalah wedang jahe.

Lengkuas

Tanaman lengkuas memiliki nama latin Alpinia Galaga (L). Will dan sering disebut dan dikenal sebagai tanaman laos. Jenis tanaman ini termasuk dalam salah satu jenis tanaman toga yang banyak dimanfaatkan karena memiliki banyak kandungan nutrisi. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan obat tradisional, tanaman lengkuas juga bermanfaat sebagai rempah-rempah atau bumbu untuk beberapa masakan.

Tanaman lengkuas dapat dibudidayakan dengan mudah di area lahan yang tidak terlalu luas sekalipun, seperti halaman rumah atau pekarangan rumah. Sehingga bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rempah-rempah sebagai bahan dasar obat atau bumbu masakan.

Baca Juga : Hortikultura, Jenis Tanaman yang Membuat Petani Untung

Manfaat Tanaman Obat Menyehatkan

tanaman obat,tanaman toga,budidaya tanaman,pertanian,manfaat,jahe,lengkuas,temulawak,kayu manis,kunyit,lmga agro

Tanaman obat atau tanaman toga memiliki banyak jenis dan beberapa telah disebutkan melalui penjelasan singkat diatas seperti jahe dan lengkuas. Pada setiap tanaman toga memiliki ciri-ciri yang berbeda namun terdapat beberapa yang memiliki bentuk yang sama apabila dilihat secara sekilas. Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama namun khasiat atau manfaat yang diberikan tentu saja berbeda.

Manfaat dari tanaman toga bisa didapatkan oleh tubuh dengan beberapa cara, seperti disajikan sebagai bumbu makanan, minuman, atau obat tradisional. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh setelah mengkonsumsi sajian dari tanaman obat.

Meredakan Peradangan

Salah satu jenis manfaat dari mengkonsumsi tanaman obat atau tanaman toga seperti tanaman kunyit adalah meredakan peradangan. Hal ini dikarenakan tanaman kunyit memiliki banyak kandungan zat kurkumin didalamnya yang sangat bermanfaat bagi pencegahan dan meredakan peradangan.

Zat kurkumin pada kunyit bekerja dengan cara memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh serta menurunkan kadar histamin. Sehingga fungsi kerja dari tanaman kunyit mampu meredakan peradangan dalam tubuh dan menjaga tubuh menjadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *