Tanaman Toga Peluang Usaha Menguntungkan dan Menyehatkan

tanaman toga,tanaman obat,budidaya tanaman,toga,peluang usaha,usaha pertanian,lmga agro,pertanian

Jenis Tanaman Toga Mudah Dibudidayakan

Tanaman toga atau tanaman obat sudah dikenal secara luas oleh para ahli maupun masyarakat awam sebagai salah satu tanaman yang bermanfaat. Manfaat nyata dari tanaman obat adalah mampu dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional atau sebagai bumbu masakan. Namun, terdapat beberapa jenis tanaman obat yang mudah dibudidayakan sehingga memudahkan para masyarakat untuk menanam secara mandiri.

Penanaman atau budidaya tanaman obat bisa dilakukan masyarakat pada lahan sempit sekalipun seperti pekarangan rumah dan ditanam di pot tanaman. Beberapa jenis tanaman obat bisa dibeli secara mudah oleh masyarakat di pasar tradisional maupun tukang sayur keliling. Dibawah ini terdapat beberapa jenis tanaman obat yang mudah ditemui dan dibudidayakan oleh masyarakat.

Kunyit

Jenis tanaman obat atau toga yang bisa dibudidayakan secara mandiri di rumah dengan memanfaatkan halaman rumah adalah tanaman kunyit. Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica Val atau Curcuma longa yang berasal dari asia tenggara dan asia selatan.

Tanaman kunyit memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali oleh masyarakat, yaitu tanaman dapat tumbuh hingga 100 cm. Tanaman kunyit memiliki bentuk batang tegak, bulat, serta membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan. Jenis tanaman obat satu ini memiliki banyak nutrisi didalamnya seperti protein, vitamin A, vitamin C, kalium, dan lain-lain.

Kencur

Kencur merupakan tanaman obat keluarga atau toga yang dapat dibudidayakan secara mandiri di halaman rumah atau pekarangan rumah. Tanaman kencur memiliki beberapa ciri khas yang mudah dikenali oleh masyarakat, mulai dari bagian daun tanaman hingga akar tanaman.

Bagian daun tanaman kencur memiliki pertumbuhan secara mendatar di permukaan tanah dengan bentuk bulat memanjang. Sedangkan bunga pada tanaman kencur memiliki warna putih serta beraroma harum dan terdapat  4 daun mahkota pada setiap bunga.

Tanaman kencur menjadi salah satu jenis tanaman toga yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang tersedia dimiliki kencur diantaranya adalah mineral, sineol, pati, asam sinamat, alkaloid, etil ester, dan lain-lain.

Kayu Manis

Jenis tanaman toga selanjutnya yang bisa dibudidayakan secara mandiri di halaman depan rumah dan untuk kebutuhan sehari-hari. Tanaman kayu manis merupakan jenis tanaman yang menyebar luas di daerah asia tenggara seperti Indonesia dan negara disekitarnya.

Tanaman kayu manis termasuk tanaman jenis rempah-rempah yang banyak tumbuh di daerah dengan ketinggian 500 sampai 1500 meter. Tanaman kayu manis memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dikenali masyarakat seperti batangnya yang memiliki postur tegak berkayu dan berserat halus. Selain itu, tanaman kayu manis juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *