Jual Benih Bengkoang Murah Berkualitas Terbaik

Jual benih bengkoang murah, jual, benih, bengkoang, murah, berkualitas, terbaik, jual benih bengkoang, harga murah
  1. Pilih benih buah bengkoang berkualitas baik. Seleksi dari kondisi fisiknya, ukuran, dll.
  2. Buat larutan garam dan air. Masukkan biji ke dalam larutan tersebut. Biji yang tidak tenggelam adalah biji yang memiliki kualitas jelek, dan biji yang tenggelam adalah biji dengan kualitas baik.
  3. Setelah itu, lakukan perendaman biji dengan larutan insektisida terlebih dahulu. Perendaman dengan larutan insektisida ini bertujuan agar tidak terserang hama serangga saat sudah kita tanam
  4. Buat lubang tanam pada atas bedengan. Lubang tanam kita buat dengan diameter ± 5 cm.
  5. Berikan jarak tanam sekitar ± 15 x 15 cm atau 20 x 20 cm
  6. Masukkan biji ke dalam lubang tanam yang telah kita buat. Tutup dengan tanah. Untuk 1 lubang tanam kita masukkan 1 biji bengkoang. Dengan cara itu maka akan menghemat benih dan memaksimalkan hasil budidaya bengkuang
  7. Bibit bengkoang akan mulai tumbuh pada hari ke 7 hingga 10 setelah penanaman kita lakukan.

Baca Juga : Budidaya Melon Alina F1 Cap Panah Merah Tahan Virus

Proses pemeliharaan dalam budidaya bengkoang terdiri dari beberapa proses. Proses pemeliharaan dalam budidaya bengkoang seperti :

  1. Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin. Jika media tanam terlihat kering, siram sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari.

Jika media tanam terlihat basah, maka cukup siram sebanyak 1 kali sehari, yakni pada pagi atau sore hari.

  1. Pemupukan

Proses pemupukan idealnya kita lakukan saat bengkuang berumur 2 sampai 3 bulan. Gunakan pupuk KCL dan SP 36 dan berikan dengan dosis 150 kg per ha.

Usahakan kondisi tanah dalam kondisi basah saat pemupukan kita lakukan. Cara pengaplikasian pupuk SP 36 dan KCL yaitu dengan membenamkan pupuk sebanyak 1,5 gram pada sela tanaman dan tutup dengan tanah.

  1. Penjarangan

Lakukan penjarangan tanaman jika jarak antar tanaman terlalu rapat

  1. Pemasangan Ajir

Pasang ajir pada bedengan saat bibit telah tumbuh setinggi 17 – 23 cm. Berikan jarak sekitar ± 4 – 7 cm antara 1 ajir dengan ajir lainnya

  1. Penyiangan Gulma

Sebelum melakukan penyulaman bibit, lakukan penyiangan gulma dan rumput liar terlebih dahulu. Penyiangan gulma bisa kita lakukan saat bibit sudah berumur 15 hari.

Untuk seterusnya, penyiangan gulma bisa kita lakukan sewaktu – waktu agar pertumbuhan gulma dan rumput liar tetap terkendali sehingga tidak mengganggu pertumbuhan bengkoang.

  1. Penyulaman Bibit

Penyulaman bibit bisa kita lakukan setelah bibit berumur 14 hari. Jika terdapat bibit dengan kualitas kurang baik, maka segera lakukan penyulaman bibit.

Jika penyulaman bibit kita lakukan saat bibit melebihi 15 hari, maka pertumbuhan bibit menjadi tidak seragam dan tidak merata akibat kekurangan nutrisi dan sinar matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *