Usaha Kecil-kecilan Pertanian Menguntungkan dan Patut Dicoba

usaha kecil, pertanian, peluang usaha, toko pertanian, online shop, lmga agro
Usaha Kecil Budidaya Tanaman

Usaha Kecil-kecilan Pertanian Menguntungkan dan Patut Dicoba. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro mendukung usaha pertanian segala kebutuhan petani. Benih hibrida sayuran dan buah, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian awalnya juga merupakan usaha kecil-kecilan yang patut dicoba. Terutama bagi masyarakat desa yang ingin mempunyai sebuah usaha pertanian. Usaha kecil-kecilan dimulai dengan modal usaha yang minim. Biasanya didirikan dan dikelola oleh perseorangan dan bisa dari rumah.

Selain toko pertanian banyak usaha kecil-kecilan pertanian yang bisa dicoba. Perlu usaha keras dan ketekunan dalam menjalankannya. Agar usaha ini bisa berkembang dan menguntungkan jangka panjang.

Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerjasama peluang usaha bidang online. Yaitu sebagai dropshipper dan reseller. Usaha pertanian ini juga bisa dilakukan seorang petani sebagai usaha sampingan.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis seputar bercocok tanam. Konsultasi juga mengenai permasalahan di lapangan dan seluk beluk usaha menanam tanaman. Kami siap kirim pesanan Anda di seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan pasti sampai tujuan.

Usaha Kecil-kecilan Pertanian

Usaha kecil-kecilan juga bisa disebut usaha kecil, dilakukan oleh perseorangan. Dilakukan dengan sederhana dengan tujuan mendapatkan keuntungan dengan batasan tertentu. Usaha kecil-kecilan dibangun dalam skala kecil, modal kecil dan cakupan pasar yang kecil.

Namun bila ada kesempatan besar, suatu usaha sederhana bisa memberikan pemasukan yang cukup lumayan. Usaha ini biasanya dikerjakan sendiri bersama keluarga. Berupa usaha rumahan yang dikerjakan disamping pekerjaan utama.

Usaha perseorangan milik pribadi ini ciri-cirinya antara lain manajemen tergantung pemilik usaha. Modal berasal dari satu sumber yaitu pemilik usaha. Skala usaha dan jumlah modalnya relatif kecil.

Peluang Usaha ini biasanya beroperasi pada sekitar tempat tinggal pemilik. Bersifat lokal dan tidak mengangkat tenaga kerja lain untuk membantunya. Jenis usaha juga tidak jauh dari kebutuhan kehidupan sehari-hari. Bila ada yang membantu pun tidak jauh dari keluarga sendiri.

Dari penjelasan tentang pengerian usaha tadi dapat dikatakan kekurangan dari usaha kecil-kecilan. Antara lain : modal terbatas, produk terbatas, pegawai kurang dan kredibilitas.

Selain kekurangannya, juga pasti ada kelebihannya. Kelebihan usaha kecil-kecilan adalah usaha sudah milik pribadi. Usaha juga memiliki motivasi yang lebih tinggi dan fleksibilitas tinggi pula.

Usaha kecil-kecilan minim birokrasi dan peraturan yang mengikat. Usaha juga melayani pasar lokal. Namun adanya internet jual online bisa lebih luas lagi.

Perlu diketahui, bahwa ada 3 jenis usaha di Indonesia. Yaitu :

  1. Usaha Manufactur yaitu usaha mengubah bahan dasar ( input ) menjadi suatu produk jual. Contohnya usaha pembuatan tahu, tempe, pengrajin rotan, bambu dan lain-lain.
  2. Usaha Dagang yaitu usaha menjual produk kepada konsumen. Contohnya warung sayuran, jualan tanaman hias, toko kelontong, toko buah dan lain-lain.
  3. Usaha Jasa yaitu usaha menjual bukan barang. Contohnya usaha tim penyuluh pertanian, jasa membuat web, blog pertanian. Juga jasa salon, penjahit dan lain-lain.

Baca Juga : Budidaya Cabe F1 Laba Panah Merah, Petani Untung Nyata 

Usaha Kecil-kecilan Modal Minim

usaha kecil, pertanian, peluang usaha, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Kecil Jual Benih Murah

 Membangun sebuah usaha tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memulai usaha meskipun hanya usaha kecil-kecilan. Hal ini agar modal dan tenaga yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia.

Usaha kecil-kecilan adalah bisnis yang dilakukan dengan biaya/modal minim. Meskipun tampak sederhana namun memilikinya bisa menguntungkan pelakunya.

Peluang usaha ini bisa digunakan untuk menambah penghasilan keluarga/pibadi atau pendapatan. Untuk yang sudah berkeluarga, tambahan pendapatan ini sangat menguntungkan. Karena dapat dijadikan sebagai uang tabungan untuk biaya sekolah anak. Juga untuk keperluan lainnya.

Usaha kecil-kecilan tidak membutuhkan modal banyak. Biasanya modal diambil dari menyisihkan uang belanja/saku. Peluang usaha ini juga lebih tahan banting saat krisis ekonomi dan moneter. Dibandingkan dengan usaha besar. Hal ini karena manajeman usaha bersifat fleksibel.

Apabila ada kerugian juga tidak terlalu besar. Karena modal yang dikeluarkan juga tidak besar. Sehingga kerugian masih bisa ditutup keuntungan hari itu atau hari-hari sebelumnya.

Mendirikan usaha kecil-kecilan harus diawali sebuah niat yang mantap. Harus sungguh-sungguh dalam menjalankan sebuah usaha. Jangan yang dipikirkan hanya keuntungan yang akan didapatkan nanti.

Karena bila suatu saat tidak mendapat untung. Justru menyebabkan tidak bersemangat lagi atau putus harapan.

Minat pun harus ada bila ingin mendirikan suatu usaha. Menekuni sesuatu yang diminati akan bisa bertahan lama meski pernah menemui kesulitan.

Baca Juga : Meraup Untung Dengan Budidaya Melon

Menjalankan Sebuah Usaha Kecil-kecilan

Sebuah perusahaan baik kecil maupun besar pasti ada proses perputaran uang setiap hari. Proses perputaran mulai dari modal terpakai, produk terjual sampai keuntungannya. Semua proses ini pasti butuh untuk dikelola dengan baik.

Hindari pemakaian keuangan usaha untuk hal-hal pribadi seperti berlibur. Bila dipakai untuk keadaan darurat, pastikan ada catatannya. Catatan berapa keuangan usaha yang sudah dipakai. Agar untuk selanjutnya, pengelolaan uang tidak menjadikan usaha merugi.

Usaha kecil-kecilan dibangun hasil meniru usaha orang lain, tidak akan bisa berjalan lama. Karena sukses di orang lain belum tentu sukses di kita. Oleh sebab itu, butuh strategi untuk menjalankan usaha kecil-kecilan. Usaha yang unik, kreatif, sesuai anggaran, minat dan banyak dibutuhkan orang. Usaha tersebut akan bisa bertahan lama.

Menikmati proses menjalankan usaha kecil-kecilan adalah lebih baik. Daripada kita bernafsu ingin agar bisnis cepat besar. Apalagi bila caranya dengan berhutang ke bank. Karena pada dasarnya setiap usaha pasti ada hambatan dan pernah mengalami kerugian.

Modal besar belum tentu membuat usaha kita menjadi untung besar. Semua ini hanya membutuhkan kreatifitas dalam bisnis dan pengelolaan keuangan yang tepat.  Sebaiknya untuk usaha kecil-kecilan memakai modal dari milik pribadi.

Promosi penting untuk menjalankan usaha menjadi lebih berkembang. Promosi digunakan untuk memberitahukan warga sekitar ada usaha kecil-kecilan di lokasi tersebut. Promosi sederhana adalah dari mulut ke mulut. Promosi agar usaha semakin berkembang adalah lewat media sosial.

Selalu jaga kualitas produk kita dengan baik karena akan mempengaruhi selera beli dari konsumen. Kualitas yang selalu dijaga dengan baik akan menyebabkan meningkatnya kepercayaan pembeli.

Baca Juga : Jual Bibit Melon Termurah Dan Kualitas Terbaik

Peluang Usaha Sampingan Ini Patut Anda Coba

1.Usaha Tanaman Sayuran Hidroponik

Usaha tanaman hidroponik dapat diawali dengan usaha kecil-kecilan dan sederhana. Hanya membutuhkan modal untuk membeli bahan, media dan benih. Untuk awal hanya dibuat dengan jumlah sedikit dulu. Dan dikerjakan di pekarangan rumah. Sehingga bisa menjadi usaha rumahan.

2. Usaha Jual Bahan Membuat Hidroponik

Menyediakan bagi masyrakat yang ingin mencoba belajar menanam hidroponik di rumahnya. Beberapa orang menjadikan hidroponik sebagai hobi berkebun. Karena menanam hidroponik lebih higienis, mudah, murah dan praktis. Juga cocok untuk belajar anak-anak sekolah bagaimana cara menanam hidroponik.

Kriteria media untuk hidroponik adalah :

  • Harus mampu menyimpan air.
  • Strukturnya gembur.
  • Kandungan garam rendah.
  • Tidak mudah berubah walau terjadi perubahan suhu.
  • Memiliki kandungan kapur atau kalsium.

Media hidroponik antara lain : rockwool, arang sekam, sabut kelapa ( cocopeat ), perlit dan lain-lain. Pengetahuan tentang hidroponik dan cara menanamnya banyak ditemui di Youtube. Cocok bagi yang hobi berkebun dan belajar tentang hidroponik.

3. Beternak Kroto

Usaha kecil-kecilan ini patut Anda coba terutama bila tinggal di desa. Kroto adalah semut rangrang dan harga per kilonya sangat mahal. Kebutuhan telur semut kroto cukup tinggi, yaitu untuk pakan ikan dan burung.

4. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha ini juga bisa merambah hingga pasar nasional dan masuk industri kreatif. Usaha kerajinan tangan banyak ditemui di pedesaan atau kampung-kampung. Banyak dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai upaya mendayagunakan para ibu di desa. Agar mereka juga dapat mencari uang sendiri.

Baca Juga : Budidaya Melon Kuning Anti Virus Alisha F1

Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan di Desa

1.Menjual Aneka Bibit

Rata-rata penduduk desa suka bercocok tanam. Mereka risih jika ada tanah kosong yang tidak ditanami tanaman. Kebiasaan penduduk desa yang demikian, bisa Anda manfaatkan dengan jual aneka bibit. Amati trend di masyarakat dan apa saja yang dibutuhkan masyarakat di sana.

2. Usaha Perkebunan

Beberapa warga desa ada yang mempunyai lahan cukup luas. Dan biasanya digunakan untuk perkebunan. Kebun luas biasanya ditanami tanaman pohon. Seperti buah mangga, jeruk, tanaman karet, kelapa dan lain-lain.

3. Perkebunan Kelapa

Harga kelapa kini cenderung naik terutama di daerah belum banyak pohon kelapa. Bagi Anda pemilik lahan luas, kebun kelapa cukup menjanjikan. Panen kelapa dapat dijual ke penampung. Atau Anda bisa membuka warung sendiri sekaligus menjual santan kelapa.

Perawatan kebun kelapa cukup mudah. Kebun kelapa hanya perlu bersih dan jenis tanah yang sesuai kebutuhan tumbuhnya.

4. Usaha Bercocok Tanam Cabe

Usaha pertanian menanam cabe ini sangat menjanjikan. Harga cabe sangat fluktuatif, karena tiba-tiba bisa naik dan juga tiba-tiba menurun tajam. Buah cabe banyak dibutuhkan di pasar tradisional maupun moden ( swalayan ). Pemasaran cabe juga bisa dilakukan secara online dengan kemasan menarik dan aman.

Agar hasil panen cabe bisa maksimal, belajarlah pada petani yang telah mahir. Yaitu petani yang berhasil menanam cabe. Karena budidaya cabe meskipun tidak begitu sulit namun perlu ketrampilan didalamnya.

5. Usaha Budidaya Jamur Tiram

Usaha budidaya jamur tiram merupakan usaha kecil di desa yang cukup menjanjikan. Karena usaha kecil ini dapat memberikan keuntungan cukup besar. Usaha budidaya jamur tiram membutuhkan modal sedikit. Juga bahan mudah didapat dan bisa dilakukan di rumah.

Cara budidaya jamur tiram banyak kita temui di Youtube sebagai bahan untuk belajar. Anda dapat juga belajar dari buku atau artikel di Google.

Bisnis Online Dalam Usaha Pertanian

Usaha kecil-kecilan juga bisa dijalankan seperti bisnis online. Bisnis online artinya bisnis menggunakan internet sebagai perantaranya. Jaringan internet sudah menyebar luas mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Sehingga bisnis online bisa dikerjakan dari mana saja tanpa batas dan waktu.

Jenis bisnis online macam-macam. Ada yang menjual sendiri produknya, menjual produk orang lain atau menjual jasa. Dengan memilih kriteria bisnis yang ingin dijalankan. Maka dapat mengetahui strategi apa yang ingin diterapkan.

Begitu juga bila Anda tinggal di desa, masih bisa untuk menjalankan usaha dengan baik. Media sosial paling cepat untuk mempromosikan produk jualan kita. Pemakai media sosial saat ini cukup tinggi mulai anak muda hingga dewasa.

Usaha kecil-kecilan online dengan modal kecil dapat Anda mulai sebagai dropship dan reseller. Asal kita berlaku jujur, niat baik dalam mencari rezeki. Maka dengan mudah kita mendapatkan pelanggan.

Demikian artikel kami judul Usaha Kecil-kecilan Pertanian Menguntungkan dan Patut Dicoba. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian online LMGA Agro. Jual murah benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Kami juga melayani untuk konsultasi gratis tentang pertanian. Kami mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller Toko Pertanian LMGA Agro. Harga promo, bersaing dan produk lengkap.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel tentang Usaha Kecil-kecilan Pertanian bisa bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba dan yakinlah akan berhasil. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *