Usaha Kecil-kecilan Pertanian Menguntungkan dan Patut Dicoba

Namun bila ada kesempatan besar, suatu usaha sederhana bisa memberikan pemasukan yang cukup lumayan. Usaha ini biasanya dikerjakan sendiri bersama keluarga. Berupa usaha rumahan yang dikerjakan disamping pekerjaan utama.

Usaha perseorangan milik pribadi ini ciri-cirinya antara lain manajemen tergantung pemilik usaha. Modal berasal dari satu sumber yaitu pemilik usaha. Skala usaha dan jumlah modalnya relatif kecil.

Peluang Usaha ini biasanya beroperasi pada sekitar tempat tinggal pemilik. Bersifat lokal dan tidak mengangkat tenaga kerja lain untuk membantunya. Jenis usaha juga tidak jauh dari kebutuhan kehidupan sehari-hari. Bila ada yang membantu pun tidak jauh dari keluarga sendiri.

Dari penjelasan tentang pengerian usaha tadi dapat dikatakan kekurangan dari usaha kecil-kecilan. Antara lain : modal terbatas, produk terbatas, pegawai kurang dan kredibilitas.

Selain kekurangannya, juga pasti ada kelebihannya. Kelebihan usaha kecil-kecilan adalah usaha sudah milik pribadi. Usaha juga memiliki motivasi yang lebih tinggi dan fleksibilitas tinggi pula.

Usaha kecil-kecilan minim birokrasi dan peraturan yang mengikat. Usaha juga melayani pasar lokal. Namun adanya internet jual online bisa lebih luas lagi.

Perlu diketahui, bahwa ada 3 jenis usaha di Indonesia. Yaitu :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *