JUAL BIBIT JAGUNG MANIS BONANZA F1 | MURAH | PANAH MERAH

Persiapan Lahan Menanam Jagung

Persiapan lahan budidaya bibit jagung manis petani lakukan 15 hari sebelum tanam, yaitu dengan mengolah tanah secara intensif.

Pengolahan tanah untuk menanam jagung manis Bonanza memiliki tujuan agar tanah tempat tumbuh tanaman bersifat gembur dan memudahkan tanaman menyerap unsur hara tanah.

Baca Juga : Jagung Manis Bonanza Tetap yang Terbaik

Untuk tanah yang berat, pengolahan tanah petani lakukan lebih intensif sedangkan tanah yang relatif ringan, mengolah tanah secara minimum.

Tanah untuk lokasi tanam jagung manis harus petani bajak dengan cara membolak-balikkan tanah dengan tujuan memperbaiki aerasi dan drainase tanah serta membunuh organisme tanah yang bisa mengganggu tanaman.

Seminggu kemudian, tanah petani cangkul kembali dengan meratakan tanah dan membuat petak-petak tanah ( bedengan ). Pada sekat antar bedengan petani membuat parit atau saluran air dengan lebar 35 cm.

Bila tanah tampak kurang subur, maka dapat petani sebar pupuk kandang sebanyak 2.5 ton/ha kemudian aduk merata.

Penanaman Jagung Bonanza

Penanaman jagung manis Bonanza dilakukan pada bedengan yang telah petani persiapkan sebelumnya. Saat penanaman, tanah petani siram air agar lembab namun tidak terlalu becek. Jarak tanam bibit jagung manis yaitu 75 x 25 cm.

Tanah petani tugal dengan kedalaman 2 cm ( saat musim hujan ) dan kedalaman 4 cm ( saat musim kemarau ). Bila kondisi tanah gembur, aerasi dan drainase tanah baik maka setiap lubang petani tanam 1 benih.

Sedangkan bila lahan kurang optimum maka setiap lubang tanam petani tanam 2 benih. Untuk mencegah serangan serangga pada bibit jagung manis, sekitar lubang tanam petani taburi karbofuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *