JUAL BENIH CABE BESAR GADA F1 | CARA MENANAM CABE

BIBIT CABE BESAR GADA F1

Agar tanaman cabe besar GADA F1 dapat tumbuh kokoh di lahan tetap, maka perlu kiranya dibuat persemaian untuk mendapatkan bibit yang baik dan sehat. Membuat bibit cabe besar GADA F1 tidaklah sulit. langkah-langkah membuat bibit cabe besar GADA F1 antara lain :

  1. Media semai yang digunakan adalah yang memiliki tekstur halus dan lembut sehingga sebelumnya harus diayak hingga halus. Media yang dipakai yaitu menggunakan campuran tanah + pupuk kandang + arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau kombinasi tanah : kompos ( 1 : 1 ).

  2. Menyiapkan tempat semai untuk tumbuhnya bibit seperti tray semai, baki, box atau wadah yang memiliki ketebalan 5 – 7 cm.

  3. Menanam benih pada setiap wadah sebanyak 1 – 2 butir/lubang.

  4. Benih-benih yang ditanam diletakkan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung sampai siap dipindah ke lahan tetap. Bibit dipelihara sampai berumur 25 – 30 hari.

  5. Melakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media sebanyak 1 – 2 kali sehari tergantung kondisi tanah media.

CARA MENANAM CABE BESAR GADA

Penanaman cabe besar GADA F1 dapat dilakukan di polybag maupun pada bedengan atau pun box bedeng. Syarat tanah yang diinginkan adalah gembur, subur dan banyak mengandung unsur hara.

Bila penanaman menggunakan polybag adalah yang berdiameter 30 – 50 cm. Bila bibit ditanam pada bedengan menggunakan jarak tanam 45 – 50 cm agar sirkulasi udara lancar.

Kondisi iklim di Indonesia sangat cocok untuk penanaman cabe besar GADA F1, dimana matahari bersinar penuh sepanjang hari.

Suhu optimal ideal pertumbuhan cabe besar GADA F1 adalah 24 – 28 °C, suhu yang terlalu dingin hingga minus 15 °C dan suhu tinggi di atas 32 °C menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu dan tumbuh abnormal.

Di musim kemarau, tanaman cabe masih dapat tumbuh asalkan mendapatkan pengairan yang cukup. Curah hujan yang dibutuhkan berkisar 800 – 2000 mm per tahun dan kelembabannya 80%.

Penanaman pada bedengan, tanah harus digemburkan terlebih dahulu juga mengecek pH tanah. Bila pH tanah masih rendah maka dtebarkan kapur pertanian dolomit ± 2 – 3 ton/ha sampai didapatkan pH yang normal. Bila tanah terlalu asam, tanaman rentan terhadap serangan bakteri dan jamur dalam tanah.

Bedengan tanaman cabe besar GADA F1 dibuat dengan tinggi 40 cm, lebar 1 m dan panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan adalah 60 cm, panjang bedengan dibuat maksimal 15 m untuk memudahkan dalam perawatan nantinya.

Sebelum bibit dipindahkan, lahan diberi pupuk dasar berupa pupuk kandang atau kompos sebanyak 20 ton/ha. Selain pupuk kandang, juga ditambahkan pupuk kimia, yaitu KCl 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha.

Untuk memudahkan dalam perawatannya, bedengan sebaiknya ditutup mulsa plastik hitam perak ( MPHP ) untuk menjaga kelembaban tanah, mengendalikan pertumbuhan gulma dan tanah tidak mudah longsor. Sebaiknya pemasangan mulsa dilakukan saat siang hari agar mudah dan mulsa terpasang dengan erat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *