MENGENAL JENIS PESTISIDA

Beri Penilaian

pestisida, toko pertanian, obat, lmga agroPestisida adalah substansi yang kita pakai untuk mengendalikan hama pada usaha pertanian. Berasal dari dua kata Bahasa Inggris yaitu pest yang berarti hama dan cida yang berarti pembunuh. Sehingga secara sederhana berarti pembunuh hama.

Pembunuh hama dalam hal ini lebih mengarah pada tingkatan mengendalikan populasi hama yang menyerang pada tanaman budidaya. Pengertiannya secara luas sebenarnya tidak hanya mengendalikan hama tetapi juga mengendalikan penyakit tanaman.

Hama dan penyakit yang biasanya obat tanaman ini kendalikan antara lain tungau, kutu, lalat, tikus, gulma, fungi (jamur), bakteri, virus, nematoda, burung, dan siput. (Rev. 06-02-21)

Menurut peraturan Pemerintah No.7 tahun 1973, pestisida adalah semua zat kimia atau bahan lain serta jasad renik dan virus yang penggunaannya untuk:

  1. Memberantas atau mencegah hama-hama dan penyakit-penyakit yang merusak tanaman atau hasil-hasil pertanian.
  2. Memberantas rerumputan.
  3. Mematikan daun dan mencegah pertumbuhan tanaman atau bagian-bagian tanamna, tidak termasuk pupuk.
  4. Memberantas atau mencegah hama-hama luar pada hewan-hewan peliharaan dan ternak.
  5. Memberantas dan mencegah hama-hama air.
  6. Memberikan atau mencegah binatang-binatang dan jasad-jasad renik dalam rumah tangga, bangunan, alat-alat pengangkutan.
  7. Memberantas atau mencegah binatang-binatang yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia atau binatang yang perlu kita lindungi dengan penggunaan pada tanaman, tanah , dan air.

JENIS-JENIS PESTISIDA

Berikut adapun jenis-jenis pestisida yang umumnya para petani gunakan untuk memberantas hama dan penyakit pada tanaman budidaya antara lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.