Jenis-Jenis Pestisida : Manfaat, Bahan Baku, Sasaran dan Cara Kerja

Pestisida, Jenis Pestisida, Jenis-jenis Pestisida, Apa Itu Pastisida, Padi, Tanaman Padi, Pestisida Padi, Lmga Agro, Toko Pertanian, Toko Tani, Toko Pertanian Terdekat

Jenis Pestisida Berdasar Bahan Baku

1. Organik/Biopestisida 

Berupa penggunaan jenis senyawa kimia yang bahannya berasal dari alam. Pestisida ini juga ada yang menggunakan dengan istilah pestisda alami.

Bahan pestisida ini berasal dari bahan seperti tumbuh-tumbuhan untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT) atau juga kita sebut dengan pestisida hayati.

Pestisida organik merupakan salah satu solusi ramah lingkungan dalam rangka menekan dampak negatif penggunaan pestisida non hayati yang berlebihan.

Saat ini pestisida organik telah banyak pengembangannya pada masyarakat khususnya petani.

Namun, belum banyak petani yang menjadikan pestisida organik sebagai penangkal dan pengendali hama penyakit untuk tujuan mempertahankan produksi.

 2. Anorganik/Sintetis

Berupa jenis senyawa kimia non alami/buatan pabrik yang banyak kita temui terjual luas pada grosir obat pertanian. Penggunaan pestisida ini relatif mudah tetapi berbahaya dalam jangka waktu lama.

Untuk Pestisida jenis ini berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia apabila penggunaannya berlebihan dan terus-menerus.

Pestisida sintetis memiliki sifat polutan yang menimbulkan radikal bebas, yang mana dapat menyebabkan kerusakan organ pada tubuh manusia.

Pestisida Berdasar Cara Kerja

Pestisida, Fumigasi, Fumigan, Gudang, Jenis Pestisida, Jenis-jenis Pestisida, Apa Itu Pestisida, Lmga Agro, Toko Pertanian, Toko Tani, Toko Pertanian Terdekat
Fumigasi Pestisida Gudang
Berdasarkan Mekanisme
  1. Sistemik

Senyawa racun kimia jenis ini pada umumnya terdapat pada insektisida, fungisida dan herbisida.

Cara kerja pestisida sistemik ini adalah setelah menyemprotkan atau menebarkan pada bagian tanaman, maka racun akan terserap ke dalam jaringan tanaman melalui akar atau daun.

Sehingga dapat membunuh hama yang berada dalam jaringan tanaman seperti jamur dan bakteri.

Pada insektisida sistemik, serangga akan mati setelah memakan atau menghisap cairan tanaman yang telah tersemprot.

  1. Kontak

Bahan senyawa racun kimia jenis ini bekerja masuk ke dalam tubuh serangga sasaran lewat kulit (kutikula) dan mentransportasikannya ke bagian tubuh serangga tempat pestisida aktif bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *