Strategi Pengolahan Tanah Di Musim Penghujan

  • Pemasangan mulsa pada bedengan

tanah,Mulsa, Metalizing, Harga Murah, LMGA AGRO, Dealer mulsa, Agen Mulsa, Harga murahPemasangan mulsa ini sangat penting melakukannya pada musim hujan untuk mengatisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi. Penggunaan Mulsa yang cocok adalah mulsa plastik hitam perak.

Penggunaan mulsa plastik hitam perak pada musim hujan memiliki tujuan tersendiri bagi budidaya tanaman. Warna perak pada bagian atas mulsa bertujuan agar memantulkan cahaya matahari lebih banyak sehingga proses fotosintesis menjadi optimal, mencegah serangan hama dan penyakit.

Selain itu juga untuk mempertahankan kelembaban dan suhu tanah, mempertahankan strukturnya agar tetap gembur, serta mengurangi kehilangan unsur hara pada tanah karena aliran air hujan. Sedangkan penggunaan warna hitam pada bagian bawah mulsa bertujuan untuk menyerap panas.

Sehingga suhu pada perakaran tanaman menjadi hangat dan perkembangan akar akan optimal. Selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari menembus ke dalam tanah sehingga benih-benih gulma tidak akan tumbuh.

  • Membuat dan memperlebar saluran drainase air

Pada saat musim hujan air bisa saja dapat melebihi kapasitas normal sehingga menimbulkan genangan yang menyebabkan tumbuh kembang tanaman terganggu. Untuk itu sangat perlu pembuatan saluran drainase yang tepat dan tempat pembuangan air yang diarahkan secara benar.

Pelebaran saluran drainase ini juga bertujuan agar saluran mampu menampung dan menyalurkan air dalam jumlah banyak sehingga tidak sampai mengenangi tanaman. Melakukan pengaturan drainase air sangat penting agar kelembaban tanah yang ideal bagi tumbuh dan kembang tanaman tetap terjaga.

Konsultasi Pertanian Di Lmga Agro

Demikianlah sedikit ulasan tentang strategi pengolahan tanah pada musim penghujan, semoga bermanfaat dan dengan cara tersebut tanaman budidaya kita dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dengan potensi hasil yang optimal.

Terakhir sebagai penutup pembahasan kali ini, apabila pembaca semua membutuhkan sarana dan prasarana pengolahan lahan dan segala yang berhubungan dengan pertanian (budidaya tanaman). Mulai dari benih, pupuk, pestisida, hingga alat – alat pertanian lainnya. Kini bisa Anda dapatkan pada Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga murah dan terjangkau.

LMGA AGRO siap mengirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO pada CP Budi telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih.

Salam sukses LMGA AGRO dan seluruh petani Indonesia… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *