Gambas Anggun Cocok Di Segala Musim

Beri Penilaian

gambas anggun, benih gambas, benih panah merah, benih gambas anggun, benih, LMGA AGRO, toko pertanian, gambar gambasGambas Anggun Cocok di Segala Musim. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Gambas atau biasa orang menyebutnya dengan oyong adalah komoditi sayuran minor yang biasa melakukan penanamanya pada perkarangan rumah ataupun pada bagian lahan yang tanaman lain tidak menggunakannya. Rev. 01/02/21.

Sayuran dengan nama latin Luffa acutangula ini termasuk ke dalam suku labu-labuan atau lebih terkenal dengan famili Cucurbitaceae. Sayur gambas umumnya bisa panen ketika buahnya masih muda sehingga rasanya masih manis dan dagingnya tidak berserat.

Ketika buah mulai tua atau sudah tua buah akan terasa pahit. Dan dagingnya pun penuh dengan serat-serat keras yang tentu saja tidak enak untuk konsumsi. Walaupun gambas masih sebagai sayuran minor tapi gambas cukup masyarakat sukai karena menghasilkan manfaat.

Manfaat gambas/oyong ini terpercaya dapat menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes. Serta menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, radang usus. Dapat juga meningkatkan keluarnya ASI bagi ibu-ibu setelah melahirkan. Karena manfaatnya kebutuhan gambas menjadi meningkat pada pasaran.

Pada kalangan mayoritas petani masih menganggap kurang menguntungkan untuk budidaya gambas karena gambas bukan termasuk komoditi yang banyak masyarakat cari sehingga area budidayanya sedikit. Padahal apabila kita bisa berpikiran terbuka dan melihat peluang yang ada, anggapan tersebut tentu tidaklah benar.

Gambas sekalipun memang masih bukan komoditi unggulan seperti cabai, tomat, melon, dan semangka tapi gambas cukup potensial untuk membudidayakannya.

Mengingat pasokan gambas yang masih sedikit, kebutuhan gambas yang relatif stabil dan semakin meningkat membuat budidaya gambas berpotensi untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Cara budidaya dan perawatan gambas terbilang cukup mudah tambah lagi umur panennya yang cepat membuat sayuran ini layak menjadi pilihan untuk budidaya.

Tempat budidayanya dapat kita lakukan mana saja bisa perkarangan rumah, ladang, maupun lahan yang tidak terpakai tanaman lain/sebagai tanaman sampingan dari tanaman utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *