MENGENAL LALAT BUAH (BACTROCERA SP)

PENANGANAN HAMA LALAT

Cara pengendalian

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan hama ini, mulai dari pengendalian secara mekanis seperti pembungkusan buah dengan plastik dan memadatkan tanah. Selain itu juga pengendalian secara kimiawi yaitu menggunakan insektisida.

Namun, jika insektisida tidak kita gunakan secara bijak justru akan mencemari lingkungan dan hama menjadi lebih kebal. Untuk itu telah tersedia alternatif pengendalian lalat buah yang ramah lingkungan dan efektif yaitu dengan menggunakan perangkap lalat.

Perangkap lalat merupakan suatu unit pengendalian yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu wadah, atraktan, dan media/bahan pembunuh. Antraktan yang terdapat pada dalam perangkap lalat buah adalah methyl eugenol.

Methyl eugenol merupakan makanan yang lalat jantan butuhkan untuk memikat lalat betina. Lalat betina akan lebih memilih lalat jantan yang mengkonsumsi methyl eugenol. Maka dari itu yang tertarik dengan methyl eugenol hanya dengan lalat jantan.

Prinsip kerja perangkap lalat dengan atraktan methyl eugenol adalah dengan mengendalikan populasi lalat buah jantan sehingga apabila populasi lalat buah jantan turun maka lalat buah betina akan kesulitan untuk membuahinya dan pada akhirnya akan mengurangi jumlah populasi generasi berikutnya.

Perangkap Lalat buah, Yellow Trap, LMGA AGRO, toko pertanian, cara mengatasi lalat buahSalah satu perangkap lalat yang memiliki kandungan atraktan methyl eugenol adalah perangkap lalat Sainindo Trap 800 L. Perangkap lalat Sainindo Trap 800 L berbentuk tabung silinder berwarna kuning berbahan PP&HDPE dan dalam pemasangannya menggunakan sistem knowkdown (bongkar pasang).

Cara pemasangan perangkap buah ini bisa anda lihat di www.lmgaagro.web.id dengan judul “Perangkap Lalat Buah Praktis Tinggal Pakai”. Selain itu, perangkap buah ini berwarna kuning  bermaksud untuk menambah daya pikat bagi lalat buah karena hama ini sangat menyukai warna kuning.

Atraktan Sainindo 800 L merupakan atraktan berbahan aktif methyl eugenol dengan konsentrasi 80 %. Atraktan ini berfungsi untuk memikat lalat buah jantan. Perangkap Sainindo 800 L mengendalikan populasi lalat buah pada lapangan pada berbagai komoditas tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *