JENIS MULSA DAN MANFAATNYA

Beri Penilaian

JENIS MULSA DAN MANFAATNYA. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Dalam beberapa kegiatan pertanian adakalanya akan membutuhkan sarana dan prasarana khusus dalam budidaya tanaman. Misalnya saja mulsa yang biasa dipakai saat menanam cabai.(Rev.12-01-21)

Manfaat Pemakaian

Pemakaian alat pertanian ini mempunyai keuntungan dalam beberapa budidaya tanaman sekaligus juga akan memberikan dampak yang buruk saat salah dalam pemakaiannya. Oleh karena itu pengetahuan tentang alat pertanian ini sangat perlu mengetahuinya untuk membantu meningkatan hasil produksi pertanian.

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang maksudnya untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Atau juga bisa mengartikannya sebagai setiap bahan yang terhamparkan untuk menutupi sebagian atau seluruh permukaan tanah dan mempengaruhi lingkungan mikro tanah yang tertutupi tersebut.

Bahan-bahan dari mulsa dapat berupa sisa-sisa tanaman atau bagian tanaman yang pengelompokannya sebagai mulsa organik dan anorganik.

Pada umumnya mulsa ialah sisa tanaman, lembaran plastik, atau susunan batu yang tersebar pada permukaan tanah.

Alat pertanian ini berguna untuk melindungi permukaan tanah dari terpaan hujan, erosi, dan menjaga kelembaban, struktur, kesuburan tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma (rumput liar).

Pemakaian alat pertanian ini akan memberikan dampak yang baik/bermanfaat pada produksi tanaman. Manfaat penggunaannya antara lain :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.