UNTUNG DARI BAWANG DAUN DATARAN RENDAH FRAGRANT

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Daun bawang terbagi menjadi dua macam yaitu daun bawang bakung atau bawang semprong/sibol yang dalam bahasa latin sebutannya yaitu allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin sebutannya allium porrum. Kedua daun bawang tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda.

Daun bawang bakung/semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei/leek tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang dan liat.

Meski dari segi fisik berbeda, namun daun bawang memiliki khasiat yang sama banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya bermanfaat mempercantik dan membuat makanan manjadi lezat dengan rasanya yang segar dan khas, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *