MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI KOTORAN SAPI YANG BAIK DAN BENAR

  1. Campur kotoran sapi + sekam + abu sekam + dedak padi sesuai takaran, kemudian aduk keseluruhan hingga merata.
  2. Tuang campuran larutan EM-4 + tetes + air ke dalam campuran No 1 dan kemudian aduk hingga merata sampai membentuk adonan dengan kadar air + 40%.
  3. Setelah itu tutup tempat adonan dengan karung goni atau tikar. Dalam kondisi aerob fermentasi akan berlangsung cepat sehingga suhu bokhasi meningkat 35-40oC.
  4. Bila suhu mencapai 50oC, maka bolak balikan bokhasi agar udara masuk dan suhu menjadi turun.
  5. Lama fermentasi antara 4-5 hari dan anggapan bokhasi sudah jadi apabila berbau khas fermentasi, kering, dingin dan tertumbuhi jamur berwarna putih. Apabila berbau busuk, maka pembuatan bokhasi anggapannya gagal.
CARA PEMAKAIAN KOMPOS ORGANIK (HI-GRADE)

Hi-grade adalah nama dagang kompos organik hasil dari mitra kerja pengguna teknologi inovatif, dan merupakan hasil dari Loka Penelitian Sapi Potong. Penggunaan kompos hi-grade bisa untuk tanaman padi, polowijo dan hortikultura.

Cara pemberiannya dengan menebari merata pada permukaan tanah menggunakan dosis sesuai jenis tanaman. Untuk pemupukan individu seperti pada tanaman dalam pot misal jeruk, mangga, bunga, dsb dengan menebar kompos pada bawah kanopi terluar dari daun.

Sedang untuk hamparan tanaman padi dan tanaman polowijo, bisa memberikan 10 ton/ha setiap 6 bulan. Untuk tanaman bawang merah dengan memberikan 20.000 kg/ha dan untuk tanaman semangka sebesar 2 kg/bedengan.

Marsono (2001) menyatakan bahwa pemakaian pupuk kompos organik berdasarkan umur tanaman adalah 500 g/tanaman pada umur 1 – 3 bulan, 1000 g/tanaman pada umur tanaman 4 – 9 bulan.

Berdasarkan hasil pengkajian BPTP Jawa Barat menunjukkan bahwa tanaman tomat varietas sakura yang terpupuk kompos kotoran sapi mampu berproduksi 3,15 kg/tanaman.

Sedangkan untuk tanaman bawang daun dan seledri, dengan pemakaian kompos organik kotoran sapi dapat meningkat produksinya masing-masing 57,1% dan 47,6%.

Belanja Online Kebutuhan Petani Lengkap di LMGA AGRO

Demikian Cara pembuatan Kompos dari Kotoran Sapi ini kami tulis dan tuangkan . Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang mau konsultasi silakan menghubungi toko Online LMGA AGRO ( Dealer, Agen, Distributor resmi ). Silakan hubungi CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117, mana pun anda berada kami siap membantu dan mengirim sampai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *