MENANAM KACANG PANJANG YANG BAIK DAN BENAR

kacang panjang, lebat, tahan Virus, Parade Tavi, Kanton Tavi, Maraton,Puspita 06, Katrina, Janges, LMGA AGROMenanam Kacang Panjang yang Baik dan Benar. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kacang Panjangadalah salah satu dari sekian banyak Bahan sayur yang sangat di kenal di Indonesia. Kacang Panjangdapat di temui di semua lini pasar baik pasar Tradisional maupun pasar Modern. Rev 16/10/2020.

 

 

 

 

Kacang Panjang dapat diolah untuk berbagai macam masakan  sayuran kacang panjang seperti misal Oseng Kacang Panjang, Tumis Kacang Panjang dan Sayur Asem Kacang Panjang. Sekarang untuk Buku Resep Kacang Panjang bisa anda dapatkan pada berbagi toko buku pada kota anda. Selain untuk masakan kacang panjang dapat digunakan untuk terapi penyembuhan berbagai macam penyakit seperti mengobati sakit pinggang, sembelit, mengobati batu ginjal, mengobati kurang darah DLL.

SYARAT PERTUMBUHAN DALAM MENANAM KACANG PANJANG
Untuk menanam kacang panjang memerlukan syarat tumbuh agar kacang panjang panjang dapat bertahan hidup dan terhindar dari penyakit. Tanaman ini tumbuh baik pada tanah Latosol atau lempung berpasir yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, drainasenya baik dan pH sekitar 5,5-6,5. Suhu antara 20-30 derajat Celcius, iklimnya kering, curah hujan antara 600 – 1.500 mm/tahun dan ketinggian optimum kurang dari 800 m dpl.
PEMBIBITAN KACANG PANJANG
Benih kacang panjang yang baik dan bermutu adalah sebagai berikut: penampilan bernas/kusam, daya kecambah tinggi di   atas 85%, tidak rusak/cacat, tidak mengandung wabah hama dan penyakit. Keperluan benih untuk 1 hektar antara 15-20 kg.
  • Benih tidak usah disemaikan secara khusus, tetapi benih langsung tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan.
  • Untuk saat ini sebaiknya kalau ingin menanam Kacang Panjang menggunakan Benih yang benar-benar sudah yerbukti tahan   terhadap serangan penyakit Kuning yang sudah merajalela di Lapangan dan bahkan menyebabkan kegagalan panen.
  • Benih Kacang Panjang yang sudah terbukti tahan Virus antara lain adalah : Kacang Panjang Maraton, Blirik, Janges, Katrina, Parade Tavi, Kanton Tavi, Puspita 06, Doi
PENGOLAHAN MEDIA TANAM KACANG PANJANG
  • Bersihkan lahan dari rumput-rumput liar bisa dengan Obat Rumput berbahaan aktif Glifosat seperti Rambo dan Ruso atau dengan obat rumput berbahan aktif Parakuat seperti Noxone dan Divaxon setelah rumput kering, dicangkul/dibajak hingga tanah menjadi gembur.
  • Buatlah bedengan menghadap Utara Selatan biar cahaya dapa merata ke seluruh tanaman dengan ukuran lebar 60-80 cm, jarak antara bedengan 30 cm, tinggi 30 cm, panjang bedengan Maximal 15 Meter ( agar mudah dalam kontrol tanaman ). Untuk sistem guludan lebar dasar 30-40 cm dan lebar atas 30-50 cm, tinggi 30 cm dan jarak antara guludan 30-40 cm.
  • Lakukan pengapuran jika pH tanah lebih rendah dari 5,5 dengan dolomit sebanyak 1-2 ton/ha dan campurkan secara merata dengan tanah pada kedalaman 30 cm.
  • Setelah dilakukan pengapuran, berikutnya siapkan Pupuk Dasar dengan Dosis ( Ha ) yaitu Za 100 Kg, TSP 200 Kg dan KCL 250 KG dan Pupuk Kandang 3 Ton / Ha. Tebarkan Pupuk Dasar Za, TSP, KCL dan Pupuk Kandang dengan kedalaman 30 Cm dan di bagi rata dalam setiap Bedengan.
  • Biarkan bedengan kurang lebih 7 hari sambil dilakukan penutupan Mulsa Plastik.
TEKNIK PENANAMAN
  • Untuk jarak lubang tanam tipe merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, 30 x 40 cm dan jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm.
  • Waktu tanam yang baik adalah pada awal musim kemarau atau awal musim penghujan, tetapi dapat saja sepanjang musim asal air tanahnya memadai.
  • Cara penanaman dengan memasukkan benih ke dalam lubang tanam sebanyak 2 biji kemudian tutup dengan tanah tipis atau dengan sekam abu.
PENYULAMAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *