Sukses Bertanam Cabe di Musim Penghujan

Sukses Bertanam Cabe,Pertanian Cabe,budidaya cabe,benih cabeSukses Bertanam Cabe Di Musim Penghujan. LMGA AGRO sedia Benih Cabe Musim Hujan, Benih Tanaman Hortikultura. Hubungi P. Budi pada No.HP: 082141747141; SMS/WA: 08125222117. Toko Pertanian Online LMGA AGRO  juga menjual bermacam jenis benih hortikultura, pupuk, dan obat pertanian, harga terjangkau.

Sukses bertanam cabe pada musim hujan memerlukan beberapa perlakukan yang khusus.  Cara menanam cabe, cara pemupukan cabe pada musim penghujan, hingga cara merawat tanaman cabe harus benar-benar dalam perhatian. Agar nantinya budidaya tanaman cabe pada musim penghujan berhasil dan juga petani cabenya menjadi petani sukses.

Sukses Bertanam Cabe Pada Musim Hujan

Sukses bertanam cabe mulai dari pemilihan benih cabe yang tepat. Seperti misal benih cabe besar musim hujan, harus memang benar benih cabe yang khusus untuk tanam pada musim hujan. Kemudian cara menyemai cabe, harus melakukannya dengan benar untuk mendapatkan bibit cabe yang tumbuh sehat.

Cara pembibitan cabe yang tepat akan menghasilkan bibit cabe yang berkualitas. Olah dan persiapkan sebaik mungkin penggunaan lahan tanam untuk tempat budidaya tanaman cabe nantinya. Mengingat akan melakukan budidaya cabe pada musim penghujan. Perhatikan juga untuk Jarak tanam bibit cabe, agar pohon cabe dapat tumbuh sehat.

Selain itu perlu mempersiapkan untuk sukses bertanam cabe, yaitu pada saat masa pemeliharaan dan perawatan. Pupuk untuk cabe, bagaimana cara merawat tanaman cabe agar cepat berbuah dan memperhatikan ancaman penyakit cabai pada musim penghujan. Nantinya perlu mempertimbangkan penggunaan pestisida semisal fungisida cabai musim hujan.

Sebenarnya tanaman cabe termasuk tanaman hortikultura yang bisa penanamannya pada semua musim. Sehingga pemilihan bulan yang tepat menanam cabe tergantung kesiapan petani cabe dan lahan pertanian cabe yang ada. Tanaman cabe termasuk tanaman yang cocok tanam musim hujan. Semua jenis cabe seperti cabe besar, cabe keriting, cabe rawit sama, memerlukan perlakukan budidaya yang tepat sesuai iklim dan cuaca.

Potensi sukses bertanam cabe pada musim kemarau dan musim penghujan sama, tingkat kesulitannya juga sama. Hasil panen juga relatif sama, hanya saja perlu untuk memperhatikan mengenai cara budidaya cabe, harus melakukannya dengan tepat. Yang menjadi perhatian sukses bertanam cabe, mengenai ketersediaan air sebagai kebutuhan utama selain nutrisi pupuk cabe.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABAI RED KRISS BISA PETIK 35 KALI
Tips Sukses Bertanam Cabe Pada Musim Hujan

Bagi petani cabe, menanam cabe pada musim penghujan memiliki tantangan tersendiri. Curah hujan yang tinggi, intensitas cahaya matahari yang kecil dan kelembaban yang tinggi adalah faktor yang dapat memperbesar kegagalan panen. Maka untuk memperkecil kegagalan, harus memperhatikan beberapa faktor antara lain :

  1. Pemilihan benih. Pemilihan benih yang tepat dapat memperkecil resiko kegagalan. Pilihlah benih yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit yang banyak menyerang dimusim hujan misalnya Cabe F1 Imperial 10 untuk cabe besar, Cabe F1 Bhaskara untuk cabe kecil dan Cabe F1 Flash untuk Cabe keriting. Untuk mendapatkan info benih utama lebih lengkap, dapat dilihat di www.lmgaagro.web.id.

  2. Pengaturan jarak tanam untuk sirkulasi udara lebih baik, mengurangi kelembaban dan menjadikan cahaya matahari dapat masuk lebih banyak.

  3. Memperbaiki saluran drainase. Pastikan saluran drainase harus berjalan lancar sehingga air bisa mengalir dan tidak menggenang. Air yang menggenang merupakan sumber penyakit seperti penyakit layu.

  4. Meninggikan bedengan untuk menahan kelembaban. Pada saat menanam cabe pada musim penghujan sebaiknya buat bedengan lebih tinggi daripada penanaman pada musim kemarau.

  5. Penggunaan mulsa hitam perak untuk mengontrol kelembaban tanah dan menjaga tanaman dari cipratan tanah saat hujan yang kemungkinan mengandung hama dan penyakit. Kelengkapan bercocok tanam menggunakan mulsa seperti mulsa hitam perak dan alat pelubang mulsa tersedia di www.lmgaagro.web.id.

  6. Sanitasi areal pertanaman dengan memusnahkan gulma dan tanaman liar yang bisa menjadi inang bagi hama dan penyakit

  7. Penggunaan pestisida dan perekat yang sesuai. Penggunaan perekat misalnya seperti Anrin Stick, dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pestisida. Penyebabnya karena pestisida dapat melekat kuat dan menyebar rata sehingga tidak tercuci oleh hujan. Pestisida dan perekat bisa didapatkan di www.lmgaagro.web.id.

BACA JUGA : CARA KERJA OBAT LAYU ARASHI DI TANAMAN HORTIKULTURA
BACA JUGA : BUDIDAYA CABE RAWIT SOLUSI CARA MEMANFAATKAN PEKARANGAN
sukses bertanam cabe-gambar cabe
Sukses Bertanam Cabe-Gambar Cabe

Demikian tips singkat cara sukses bertanam cabe pada musim penghujan. Untuk mendapatkan informasi lebih detil, yang membahas seputar budidaya cabe. Kunjungi website kami : www.lmgaagro.web.id. atau langsung bisa via online dengan menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO CP P. Budi Tlp : 082141747141; SMS/WA : 08125222117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *