METAVY F1 : BENIH MENTIMUN TAHAN VIRUS | PANAH MERAH

METAVY F1, MENTIMUN METAVY F1, TIMUN METAVY F1, KETIMUN METAVY F1, BENIH METAVY F1, LMGA AGRO
METAVY F1

LMGAAGRO.COM – Metavy F1 : benih mentimun tahan virus Panah Merah. Jual benih mentimun Metavy F1 dapat dibeli di toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ; khusus SMS/WA 0812 5222 117. Benih timun Metavy F1 cap Panah Merah, benih timun terbaik produksi dari East-West Seed ( EWINDO ) tahan virus dan direkomendasikan untuk daerah dataran rendah dan dataran menengah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian secara gratis perihal budidaya timun Metavy F1 dan jenis mentimun unggul lainnya dan cara menanam tanaman budidaya lainnya. LMGA Agro telah berpengalaman lama melayani pesanan benih sayuran dan buah ke seluruh wilayah Indonesia.

Juga melayani pesanan selain benih, yaitu seperti pestisida, alat sarana prasarana pertanian seperti alat kocor pertanian dan lain-lain.  LMGA Agro siap melayani dan mengantarkan pesanan Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

BENIH MENTIMUN METAVY F1

Metavy F1, bibit timun unggul cap Panah Merah produksi East-West Seed ( EWINDO ) direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah dan dataran menengah. Benih Metavy F1 memiliki keunggulan tahan penyakit Gemini Virus ( GV ) dan gummy stem blight (GSB).

Mentimun hibrida Metavy F1 adalah timun genjah, bentuk buah silindris, panjang buah 21 – 23,5 cm, diameter buah 4,8 – 5,2 cm. Buah yang tumbuh akan seragam, berdaging tebal dan produktif.

Mentimun Metavy F1 dapat dipanen pada umur 34 – 36 hari setelah semai dan menghasilkan bobot buah sebesar 300 – 350 gram per buah. Budidaya timun Metavy F1 memiliki potensi hasil sekitar 40 – 52 ton/ha.

Mengenal Gemini Virus ( GV ) Tanaman Mentimun

Gemini virus atau dikenal dengan virus kuning tidak ditularkan melalui biji, tetapi dapat ditularkan melalui penyambungan dan melalui serangga vektor kutu kebul.

Kutu kebul dapat menularkan gemini virus secara persisten, yaitu bersifat tetap dimana bila sekali menyerang tanaman yang mengandung virus, selamanya sampai mati dapat menularkan.

BACA JUGA : TIMUN KOMANDO F1 TAHAN VIRUS BUAH MANIS

Gejala secara umum yang tampak akibat Gemini Virus adalah warna tulang daun berubah menjadi kuning terang, mulai dari daun-daun pucuk. Warna yang tadinya tampak kuning menjadi warna kuning yang tampak jelas, tulang daun yang menebal dan daun menggulung ke atas ( cupping )

Pada infeksi lanjutan yang terjadi, daun-daun menjadi mengecil dan berwarna kuning terang, tanaman mengerdil dan selanjutnya produksi buah menurun atau tidak menghasilkan buah. Tanaman inang Gemini Virus adalah tanaman tomat, cabe rawit, tembakau dan beberapa gulma.

Cara mengendalikan :

  • Menggunakan benih sehat dan bukan berasal dari daerah terserang. Menanam varietas yang agak tahan terhadap virus tersebut, karena pada dasarnya tidak ada benih yang benar-benar tahan.

  • Menutup atau mengerodongi persemaian sejak benih disebar untuk mencegah masuknya vektor virus. kerodong atau nanungan yang digunakan adalah kasa atau kelambu halus yang tembus sinar matahari.

  • Bedengan menggunakan mulsa plastik untuk di dataran tinggi, dan menggunakan jerami untuk di dataran rendah.

  • Pemberian pupuk kandang/kompos minimal 20 ton/ha.

  • Sanitasi lingkungan, mengendalikan gulma yang berdaun lebar dan dari jenis bebadotan yang juga merupakan tanaman inang virus.

  • Eradikasi tanaman yaitu tanaman yang menunjukkan gejala segera dicabut, dimusnahkan dengan cara dibakar.

  • Rotasi tanaman dengan tanaman yang bukan dari famili Solanaceae ( kentang, tembakau ) dan famili Cucurbitaceae ( melon ). Rotasi tanaman dilakukan dalam hamparan bukan tanaman per tanaman, serentak setiap satu musim tanam dan seluas mungkin.

Mengenal Penyakit GSB : Gummy Stem Blight Tanaman Mentimun

Salah satu penyakit yang juga ditakuti pada keluarga Solanaceae adalah GSB. Benih mentimun Metavy F1 toleran terhadap Gummy Stem Blight ( GSB ). Penyebab penyakit ini adalah jamur/cendawan.

Penyakit ini menyebabkan buah, sulur atau akar lateral terdapat luka yang memanjang hingga ke jaringan kortikal batang sehingga tanaman menjadi layu kemudian mati.

BACA JUGA : TIMUN METAVY MANTAP JADI PILIHAN PETANI

Gummy Stem Blight adalah penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan cendawan. Gejala yang tampak nyata yaitu pangkal batang yang terserang mula-mula seperti tercelup minyak kemudian akan keluar lendir yang berwarna coklat yang menyebabkan kelayuan tanaman dan kemudian mati.

Daun tanaman yang terserang akan kering dan apabila diremas akan seperti krupuk, bila tertiup angin akan berbunyi kresek-kresek.

Cara mengendalikan atau mencegah serangan GSB adalah :

  • Bedengan ditutup dengan Mulsa Plastik Hitam Perak untuk mengendalikan kelembaban di sekitar pangkal batang. Adanya mulsa dapat mencegah terjadinya luka pada akar dan pangkal batang pohon saat penyiangan.

  • Mencabut daun-daun tanaman yang terserang.

  • Penyemprotan Fungisida Derasol 500 SC ( carbendazim ) dengan konsentrasi 1 – 2 ml/liter ; pangkal batang yang terserang diolesi dengan larutan Fungisida Calixin 750 EC ( tridemorph ) dengan konsentrasi 5 m/liter.

METAVY F1 : JENIS MENTIMUN UNGGUL PANAH MERAH

Mentimun atau biasa disebut timun atau ketimun ( Cucumis sativus L. ) dari suku labu-labuan ( Cucurbitacea ) merupakan buah yang dapat dikonsumsi langsung.

Petani memanen mentimun saat belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung dari jenis mentimun tersebut.

METAVY F1, CARA MENANAM METAVY F1, TANAMAN METAVY F1, BUDIDAYA METAVY F1, LMGA AGRO
BENIH METAVY F1

Mentimun mudah ditemui disegala hiadangan makanan di seluruh dunia. Mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup banyak dan dapat berfungsi sebagai minuman penyegar.

Untuk kecantikan, potongan mentimun sudah terkenal dimanfaatkan sebagai masker wajah dan melembabkan wajah. Untuk kesehatan, mentimun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tanaman mentimun merupakan herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim yang akan mati setelah berbunga dan berbuah. Pembungaan tanaman mentimun berumah satu ( monoecious ) dengan tipe bunga jantan dan betina yang hemaprodit.

Bunga pertama yang tumbuh biasanya pada umur 4 – 5 minggu adalah bunga jantannya. Dan bunga-bunga selanjutnya yang tumbuh adalah bunga betinanya, apabila pertumbuhannya baik.

Satu tumbuhan dapat menghasilkan hingga 20 buah, namun dalam budidayanya, jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang maksimal.

MANFAAT DAN KHASIAT MENTIMUN METAVY F1

Mentimun Metavy F1 sering dijadikan pelengkap hidangan makanan seperti lalapan dan acar. Mentimun mengandung 95% kadar air sehingga dapat membantu mengatasi dehidrasi. Timun Metavy F1 juga mengandung banyak vitamin C.

  • Untuk kesehatan kulit dan rambut. Mentimun membantu mengatasi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Timun mengandung sulfur untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Irisan mentimun juga dapat meringankan bengkak di bawah mata.

  • Mengontrol kadar gula darah, terutama jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus dalam tubuh yang diperlukan oleh sel-sel pankreas agar memproduksi insulin.

  • Melawan kanker, karena timun mengandung 3 lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol, yang dapat mengurangi resiko kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat hingga kanker rahim.

  • Mengurangi sakit kepala dan mabuk. Dengan mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi harinya. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit yang berkhasiat mengisi beberapa nutrisi penting dalam tubuh.

  • Dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol tekanan darah. Mentimun mengandung “sterol” yaitu senyawa yang membantu menurunkan kolesterol. Disamping itu mentimun juga mengandung Magnesium, Kalium dan serat yang berkhasiat mengontrol tekanan darah.

  • Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan yang berlebihan. Mentimun juga merupakan sumber silika yang dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung Kalsium, Folat, Potassium, Magnesium dan Vitamin A, C, D, B1 dan B6. Mengkonsumsi mentimun setiap hari dapat mengurangi nyeri persendian encok dan menurunkan kadar asam urat.

BUDIDAYA MENTIMUN METAVY F1

Tanaman timun Metavy F1 dapat tumbuh di lahan yang memiliki ketinggian sekitar 200 – 800 m dpl, pertumbuhan optimal tanaman timun Metavy F1 pada ketinggian 400 m dpl. Tekstur tanah yang ideal adalah tanah berkadar liat yang rendah dengan pH tanah sekitar 6 – 7.

  1. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara dibajak/dicangkul. Membuat bedengan yang tingginya 50 cm, lebar bedengan 120 cm, jarak antar bedengan 40 cm.

  2. Pemakaian mulsa disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  3. Pupuk dasar diberikan 4 – 7 hari sebelum tanam, yaitu SP-36 sebanyak 20 gram per tanaman dan ZK Plus 10 gram per tanaman.

  4. Pembuatan lubang tanam dua baris atau double rows dengan jarak 60 x 40 cm. Lubang pupuk dibuat disamping lubang  tanaman, dengan cara ditugal berjarak 5 cm.

  5. Benih Metavy F1 yang ditanam, ditutup dengan abu jerami pada musim kemarau dan pada musim hujan, abu ditambahkan pupuk kandang.

  6. Segera lakukan penyulaman secepatnya untuk mendapatkan pertumbuhan  tanaman yang seragam.

PEMELIHARAAN MENTIMUN METAVY F1
  • Selama melakukan perawatan terhadap tanaman timun Metavy F1 membutuhkan : Urea 1000 kg/ha, NPK 300 kg/ha, SP-36 200 kg/ha, ZA 200 kg/ha, KNO3 50 kg/ha, KCl 100 kg/ha, pupuk daun 2,5 l/ha, ZPT 2,5 ml/ha, Fungisida 4 kg/ha, insektisida 3 l/ha.

  • Pengontrolan terhadap bibit yang baru ditanam, dimulai 3 – 4 hari setelah tanam. Jika ditemukan bibit yang mati atau sakit, segera dicabut dan diganti dengan bibit yang baru.

  • Bila disekitar area tumbuh, tumbuh gulma maka harus segera dicabut.

  • Penyulaman dilakukan sampai hari ke-10 sejak pindah tanam, penyulaman pada lubang tanam yang kosong atau bibit yang tidak tumbuh. Juga penjarangan terhadap tanaman yang tumbuh pada satu lubang.

  • Dilanjutkan juga dilakukan pendangiran sekitar tanaman.

  • Memasuki umur 2 minggu biasanya daun mulai bermunculan, maka dapat diberikan pupuk cair agar pertumbuhan dapat optimal. Berikan 1 liter pupuk cair untuk kebutuhan tanaman per m2.

Pemupukan Susulan Mentimun Metavy F1
  • Saat tanaman berumur 12 hari setelah pindah tanam, tanaman diberi pupuk dengan cara dikocor. Pupuk yang dikocorkan yaitu Urea : ZA : SP-36 : DAP : KNO3 dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1 : ¼ atau 100 g Urea + 100 g ZA + 100 g DAP + 25 g KNO3 dilarutkan dalam 10 liter air. Bisa juga menggunakan 100 g Urea + 100 g TSP + 100 g Ponska dilarutkan dalam 5 liter air. Aduk sampai pupuk larut, pupuk dikocorkan ke tanaman tetapi jangan mengenai daun mentimun karena akan menyebabkan daun layu dan mengering.

  • Pemupukan lanjutan diberikan pada umur 20 hari setelah pindah tanam, dengan cara kering atau ditabur. Pupuk diletakkan pada tengah-tengah bedengan, membuat lubang pupuk diantara 4 lubang tanaman. Pupuk yang diberikan Urea : SP-36 : KCl : NPK dengan perbandingan 2 : ½ : ½ : 1. Selanjutnya lubang pupuk ditutup tanah.

  • Setelah pemupukan selesai dilanjutkan dengan memasang lanjaran/ajir untuk merambatkan tanaman mentimun. Kebutuhan ajir sebanyak 11200 – 15000 untuk luasan 2500 m2.  Selanjutnya cabang tanaman mentimun diikatkan pada lanjaran.

  • Penyemprotan insektisida dan  fungisida mulai umur 15 hari setalah pindah tanam dengan interval 3 hari sekali. Dapat diberikan bersamaan dengan penyemprotan pupuk daun dan zat perangsang tumbuh ( ZPT ) untuk menghemat energi, waktu dan biaya perawatan tanaman. Pelaksanaan disesuaikan dengan keadaan dan umur tanaman serta serangan hama dan penyakitnya.

BACA JUGA : BENIH CHIN CHANG 2 MENTIMUN LALAP RASA MANIS 
PANEN DAN PASCAPANEN MENTIMUN METAVY F1

Mentimun Metavy F1 dilakukan pada umur 36 – 38 hari setelah pindah tanam. Pembungaan tanaman mentimun terjadi saat tanaman berumur 20 hari mulai dari masa tanamnya, tanaman berbuah pada umur 40 hari. Panen dilakukan bertahap 1 – 1,5 bulan pada setiap tanaman, sebanyak 1 – 2 buah saja.

Mentimun Metavy F1 yang sudah dipetik, diletakkan pada tempat yang sejuk karena kadar air mentimun yang cepat berkurang.

Jika dijual di pasar sebaiknya dimasukkan dalam wadah yang memiliki sirkulasi udara yang baik, agar nanti saat dijual masih dalam kondisi segar.

BACA JUGA : JUAL BENIH TIMUN LA TAVI F1 RASA MANIS | BENIH INTI

Demikian ulasan kami tentang benih mentimun Metavy F1 tahan virus dari Panah Merah. Benih Metavy F1 dapat diperoleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi Bapak Budi 0821 4174 7141 khusus SMS/WA 0812 5222 117.

Kami siap mengirimkan Benih Metavy F1 pesanan Anda dimanapun alamat Anda, kami siap. Ulasan juga mengenai cara budidaya tanaman mentimun dan cara merawat tanaman mentimun hingga panen mentimun.

LMGA Agro juga menyediakan alat-alat pertanian untuk mendukung cara bercocok tanam pertanian Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

LMGA Agro sudah berpengalaman dalam hal pengiriman  benih sayuran Metavy F1 dan buah hortikultura ke seluruh  wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *