SI HIJAU TIMUN KOMANDO, TAHAN VIRUS TIDAK PAHIT

benih, benih timun, tahan virus, komando f1, bintang asia, lmga agroSi Hijau Timun Komando Tahan Virus Tidak Pahit. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Timun (Cucumis sativus) merupakan salah satu jenis sayuran yang masih tergolong ke dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

Buah timun memiliki kandungan air yang cukup banyak dan rasa yang segar. Selain itu, buah timun juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Timun adalah salah satu komoditi sayur yang sangat masyarakat butuhkan. Penggunaan Timun biasanya untuk bahan lalapan utama atau pendamping makanan dalam berbagai industri kuliner seperti pecel lele, rujak, sambal, salad, dsb.

Selain itu, timun juga dapat kita jadikan minuman sehat, jus timun. Manfaat timun tidak hanya sebagai makanan saja, tetapi juga berguna pada berbagai industri komestik atau kecantikan. Kandungan dalam timun cukup baik untuk menjaga kelembaban kulit tubuh. Oleh sebab itu, hingga saat ini timun masih memiliki banyak peminat pada kalangan masyarakat. (Rev. 16-02-21)

POTENSI USAHA BUDIDAYA TIMUN

Tingginya tingkat konsumsi buah timun menjadikan usaha budidaya timun sangat menguntungkan. Timun memiliki nilai ekonomis cukup tinggi pada masyarakat dan potensi pasar besar.

Faktor utama yang menjadikan semakin tingginya permintaan buah timun adalah semakin banyaknya jumlah pengusaha kuliner yang membutuhkan timun. Hal ini menjadi pertanda baik bagi para petani timun, karena kemungkinan besar hasil panen timun akan cepat laku pada pasaran.

Peluang usaha budidaya timun terbuka lebar bagi petani. Budidaya timun memiliki beberapa kelebihan antara lainnya timun memiliki teknik dan cara budidaya yang cukup mudah. Teknik budidaya timun sangatlah sederhana dan tidaklah terlalu rumit.

Biaya dalam pemeliharaannya pun tidak terlalu besar. Sebelum memulai budidaya, petani harus mengenal karakteristik timun yang akan petani tanam. Tanaman timun mampu beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis iklim dan musim.

Namun, akan lebih maksimal hasilnya jika menanamnya saat musim kemarau dengan sinar matahari penuh dan kebutuhan air yang tercukupi. Tanaman timun dapat tumbuh pada dataran tinggi maupun dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000-1200 mdpl. Kondisi tekstur tanah gembur berpasir dengan pH ideal 6,7.

PENYAKIT DAN VIRUS YANG SERING MENYERANG TANAMAN TIMUN

Saat ini, budidaya timun sudah semakin intensif petani lakukan dan area penanamannya semakin luas. Namun, dengan semakin intensifnya budidaya timun tentu akan memperbesar potensi terhadap serangan hama dan penyakit.

Hal ini membuat petani harus lebih berhati-hati. Hama dan penyakit mudah menyerang tanaman timun kapanpun apalagi jika daerah budidaya tersebut sudah endemik virus. Pada daerah endemik virus, serangan virus menjadi lebih berbahaya dan sangat merusak pertumbuhan tanaman.

Jenis yang paling sering menyerang tanaman timun adalah Cucumber Mosaic Virus (CMV) dan Squash Mosaic Virus (SMV). Serangan virus ini bisa mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman timun dengan sangat cepat. Jika tidak segera mencegahnya, maka kerugian pada hasil panen pun dapat terjadi.

TIMUN F1 KOMANDO PILIHAN TEPAT PETANI MENTIMUN

Salah satu cara pencegahan awal terhadap serangan virus yang dapat petani lakukan yaitu dengan memilih benih timun tahan virus. Aneka pilihan benih timun sangat mudah kita temukan pada pasaran saat ini, seperti benih timun F1 Komando.

Benih Timun F1 Komando adalah varietas benih timun hibrida tahan virus dari Bintang Asia. Adapun karakteristik dari tanaman timun Komando dari Bintang Asia antara lainnya :

  • Tanaman timun F1 Komando cocok tanam pada dataran rendah.
  • Tahan pada segala musim, dapat tumbuh dengan baik pada musim penghujan maupun musim kemarau.
  • Timun F1 Komando dapat tanam pada daerah endemik virus.
  • Tahan terhadap penyakit kresek daun (downey mildew).
  • Bentuk buah timun Komando berbentuk silinder dengan ujung tumpul berwarna gelap.
  • Ukuran buah sekitar 24 x 4,5 cm.
  • Tahan penyimpanan dan rasanya tidak pahit.
  • Potensi hasil mentimun Komando sekitar 70-80 ton/ha.

Kelebihan dari Timun F1 Komando ini terletak pada ketahanannya terhadap virus dan penyakit. Timun Komando dapat tanam pada daerah endemik virus. Sebagaimana yang kita ketahui, pada daerah endemik virus, tanaman akan sulit tumbuh jika ketahanannya terhadap virus rendah.

Selain itu, timun Komando memiliki rasa buah yang tidak pahit. Mayoritas timun yang kita temui pada pasaran memiliki rasa pahit terutama pada bagian ujungnya. Namun, pada buah timun Komando rasa pahit tersebut tidak ada sehingga membuat timun ini banyak masyarakat cari dan sangat menguntungkan petani.

BELANJA ONLINE BENIH TIMUN F1 KOMANDO DI LMGA AGRO

Si hijau timun Komando, tahan virus dan tidak pahit petani sangat mengincarnya saat ini. Apabila berminat benih Timun F1 Komando bisa Anda dapatkan pada Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

LMGA AGRO siap mengirim pesanan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, Indah Cargo, Rosalia dan beberapa ekspedisi kapal laut. Kami juga melayani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura.

Apabila berminat, silakan segera hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO pada CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *