SI HIJAU TIMUN KOMANDO, TAHAN VIRUS TIDAK PAHIT

benih, benih timun, tahan virus, komando f1, bintang asia, lmga agro
Timun Komando

Timun (Cucumis sativus) merupakan salah satu jenis sayuran yang masih tergolong ke dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah timun memiliki kandungan air yang cukup banyak dan rasa yang segar. Selain itu, buah timun juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Timun adalah salah satu komoditi sayur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Timun biasanya digunakan sebagai lalapan utama atau pendamping makanan dalam berbagai industri kuliner seperti pecel lele, rujak, sambal, salad, dsb. Selain itu, timun juga dapat dijadikan minuman sehat, jus timun. Manfaat timun tidak hanya sebagai makanan saja, tetapi juga digunakan diberbagai industri komestik atau kecantikan. Kandungan dalam timun cukup baik untuk menjaga kelembaban kulit tubuh. Oleh sebab itu, hingga saat ini timun masih memiliki banyak peminat di kalangan masyarakat.

Tingginya tingkat konsumsi buah timun menjadikan usaha budidaya timun sangat menguntungkan. Timun memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di masyarakat dan potensi pasar besar. Faktor utama yang menjadikan semakin tingginya permintaan buah timun adalah semakin banyaknya jumlah pengusaha kuliner yang membutuhkan timun. Hal ini menjadi pertanda baik bagi para petani timun, karena kemungkinan besar hasil panen timun akan cepat laku dipasaran.

Peluang usaha budidaya timun terbuka lebar bagi petani. Budidaya timun memiliki beberapa kelebihan diantaranya timun memiliki teknik dan cara budidaya yang cukup mudah. Teknik budidaya timun sangatlah sederhana dan tidaklah terlalu rumit. Biaya dalam pemeliharaannya pun tidak terlalu besar. Sebelum memulai budidaya, petani harus mengenal karakteristik timun yang akan ditanam. Tanaman timun mampu beradaptasi dengan baik di berbagai jenis iklim dan musim. Namun, akan lebih maksimal hasilnya jika ditanam saat musim kemarau dengan sinar matahari penuh dan kebutuhan air yang tercukupi. Tanaman timun dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000-1200 mdpl. Kondisi tekstur tanah gembur berpasir dengan pH ideal 6,7.

Saat ini, budidaya timun sudah semakin intensif dilakukan oleh petani dan area penanamannya semakin luas. Namun, dengan semakin intensifnya budidaya timun tentu akan memperbesar potensi terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini membuat petani harus lebih berhati-hati. Hama dan penyakit mudah menyerang tanaman timun kapanpun apalagi jika daerah budidaya tersebut sudah endemik virus. Pada daerah endemik virus, serangan virus menjadi lebih berbahaya dan sangat merusak pertumbuhan tanaman. Jenis yang paling sering menyerang tanaman timun adalah Cucumber Mosaic Virus (CMV) dan Squash Mosaic Virus (SMV). Serangan virus ini bisa mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman timun dengan sangat cepat. Jika tidak segera dicegah kerugian pada hasil panen pun dapat terjadi.

Salah satu cara pencegahan awal terhadap serangan virus yang dapat dilakukan petani yaitu dengan memilih benih timuntahan virus. Aneka pilihan benih timun sangat mudah kita temukan di pasaran saat ini, seperti benih timun F1 Komando. Benih Timun F1 Komando adalah varietas benih timun hibrida dan tahan virus dari Bintang Asia. Adapun karakteristik dari tanaman timun Komando dari Bintang Asia sebagai berikut:

  • Tanaman timun F1 Komando cocok ditanam di dataran rendah
  • Tanaman tahan di segala musim, dapat tumbuh dengan baik di musim penghujan maupun musim kemarau
  • Timun F1 Komando dapat ditanam di daerah endemik virus
  • Tanaman juga tahan terhadap penyakit kresek daun (downey mildew)
  • Buah timun Komando memiliki bentuk silinder dengan ujung tumpul dan berwarna gelap
  • Ukuran buah sekitar 24 x 4,5 cm
  • Buah tahan penyimpanan dan rasa yang tidak pahit
  • Potensi hasil timun Komando sekitar 70-80 ton/ha

Kelebihan dari Timun F1 Komando ini terletak pada ketahannya terhadap virus dan penyakit. Timun Komando dapat ditanam di daerah endemik virus. Sebagaimana yang telah kita ketahui, di daerah endemik virus, tanaman akan sulit tumbuh jika ketahanannya terhadap virus rendah. Selain itu, timun Komando memiliki rasa buah yang tidak pahit. Mayoritas timun yang kita temui di pasaran memiliki rasa pahit terutama di bagian ujungnya. Namun, pada buah timun Komando rasa pahit tersebut tidak ada sehingga membuat timun ini banyak dicari masyarakat dan tentunya sangat menguntungkan petani.

Si hijau timun Komando, tahan virusdan tidak pahit sangat diincar petani saat ini. Apabila berminat benih Timun F1 Komando bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim pesanan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8,Indah Cargo, Rosalia dan beberapa ekspedisi kapal laut. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan segera hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *