SERANGAN LALAT BUAH PADA TANAMAN CABE

perangkap lalat buah
perangkap lalat buah

www.lmgaagro.comSerangan Lalat Buah Pada Tanaman Cabe. Toko Pertanian Online LMGA AGRO, jual perangkap lalat beserta kelengkapannya. Hubungi LMGA AGRO CP P. Budi No.Hp.082 141747141; SMS/WA: 08125222117.

Tersedia juga beragam benih tanaman hortikultura, pupuk, pestisda dan sarana pertanian lainnya di LMGA AGRO. Pengiriman produk pesanan ke seluruh wilayah Indonesia. Kami juga melayani konsultasi pertanian.

Lalat buah merupakan salah satu penyebab kegagalan panen pada beberapa budidaya tanaman hortikultura. Tergolong sebagai hama, munculnya biasanya pada saat tanaman mulai berbuah, banyak pada saat penghujan.

Saat ini hujan mulai datang dibeberapa daerah. Pada saat musim peralihan dari musim kemarau ke hujan seperti ini, banyak terjadi pergeseran serangan Hama dan Penyakit ditanaman Hortikultura.

Lalat Buah Pada Budidaya Tanaman Cabe

Lalat buah menambah kerusakan pada tanaman disamping serangan lainnya yang muncul pada saat musim penghujan yang diakibatkan oleh jamur seperti cacar buah (Antracknose). Serangan bisa pada tanaman hortikultura yang menghasilkan buah, termasuk pada budidaya tanaman cabe. Baik itu pada tanaman cabe jenis cabe besar, cabe kecil maupun cabe keriting.

Tanaman cabe merupakan tanaman berjenis sayuran yang memerlukan perlakuan yang khusus dalam pembudidayaannya. Mulai dari persiapan budidaya harus memperhatikan musimnya karena akan sangat berpengaruh pada proses produksi buah cabe nantinya. Persiapan lahan, olah lahan tanam dan persiapan sumber pengairan dan saluran irigasinya, pemeliharaan dan perawatan tanaman cabe.

Permasalahannya apabila ketersediaan air bagi tanaman kurang tidak baik bagi pertumbuhan. Begitu juga sebaliknya apabila berlebihan akan menyebabkan kebusukan dan rentan serangan hama penyakit. Tentunya saat ini sudah dipermudah dengan adanya benih-benih hibrida berkualitas dari pabrikan benih Nasional yang ada saat ini. Dan sudah menjadi kepercayaan seluruh petani  sukses yang ada di Indonesia.

Pabrik benih Nasional yang eksis dan banyak digunakan produknya antara lain seperti PT Ewindo dengan merek dagangnya Cap Panah Merah. PT BISI International dengan merek dagangnya Cap Kapal Terbang. PT Known You Seed, dan masih banyak lagi pabrikan nasional lainnya. Benih cabe yang diproduksi sudah diuji dan berhasil dibudidayakan di beberapa sentra budidaya cabe yang ada.

Penggunaan Yellow Trap Untuk Menangani Serangan Lalat Buah
  1. Lalat buah (Bractocera dorsalis) adalah hama yang menyerang buah dan sayur termasuk cabe, biasa disebut lalat buah cabe, lalat buah jeruk pada tanaman jeruk, dan sebagainya.
  2. Serangan lalat menyebabkan kerusakan dengan cara melubangi cabe dan meletakan telur lalat dilapisan epidermis buah cabe. Saat telur lalat menetas, larva akan memakan daging buah, sehingga warna buah menjadi jelek dan tidak bisa dipanen.
  3. Buah cabe yang diserang akan menjadi kecil dan berwarna kuning. Telur lalat tidak hanya diletakkan di dalam buah tetapi juga pada bunga dan batang. Batang yang diserang akan menjadi bisul.
  4. Akibat serangan lalat buah, cabai akan gugur sebelum waktunya, hitam mengeras dan busuk. Hal tersebut berakibat pada berkurangnya kualitas dan kuantitas panen.
  5. Pengendalian lalat atau cara mengusir lalat buah bisa dilakukan dengan cara penggunaan insektisida pembasmi lalat buah, aroma yang tidak disukai lalat buah, racun lalat buah, pemanfaatan musuh alami berupa tanaman pengusir lalat buah, penggunaan flovonoid dan bioinsektisida.
  6. Salah satu cara penanganan yang mudah, ramah lingkungan dan praktis adalah penggunaan perangkap lalat Yellow Trap.
  7. Perangkap lalat buah Yellow Trap terdiri dari tabung perangkappetrogenol 10 cc, kapas dan kasa serta tali penggantung. Cara aplikasi Yellow Trap sangatlah mudah. Tabung Yellow Trap digantung pada dahan atau ranting pohon setinggi 1,5 meter dari permukaan tanah.
  8. Kemudian air 300-500ml dimasukkan kedalam perangkap. Terakhir, kapas yang sudah ditetesi petrogenol diletakkan pada tongkat tutup perangkap. Perangkap lalat yellow trap siap menjalankan fungsinya.
  9. Adapun untuk bisa mencegah serangan lalat secara Optimal di area tanaman Cabe Idealnya jumlah Perangkap Lalat Yellow Trap yang di gunakan adallah 20 Biji / Hektar.
Toko Pertanian Online LMGA AGRO Sedia Perangkap Lalat Yellow Trap Harga Murah

Apabila ada yang berminat terhadap Yellow Trap lengkap bisa pesan dengan menghubungi Toko Online LMGA AGRO CP Budi melalui Telp.082141747141 atau SMS/WA: 08125222117. Atau dengan mengunjungi website kami lainnya di www.lmgaagro.web.id dan www.lmgaagro.wordpress.com. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai produk-produk yang ada di tempat kami, juga artikel-artikel lainnya yang membahas mengenai pertanian. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Hama Dan Penyakit Tanaman Cabai Pada Musim Peralihan
Baca Juga : Mengenal Lalat Pada Buah ( Bactrocera SP )
Baca Juga : Jual Benih Sayuran Tomat Dan Cabe Berkualitas | LMGA AGRO

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *