Manfaat Pupuk CNG Pak Tani Untuk Pertumbuhan Tanaman

cng pak tani, kalsium cng, manfaat pupuk kalsium, cara aplikasi pupuk kalsium nitrat, LMGA AGRO

Cara Aplikasi Pupuk CNG Secara Tepat Agar Tanaman Aman

cng pak tani, kalsium cng, manfaat pupuk kalsium, cara aplikasi pupuk kalsium nitrat, LMGA AGRO
Jual Pupuk CNG Pak Tani Harga Murah Kualitas Terbaik | LMGA AGRO

Pupuk CNG Pak Tani adalah salah satu produk pupuk berkualitas unggul, produk dari CV Saprotan Utama yang populer untuk kelompok petani.

Manfaat pupuk CNG Pak Tani sudah terkenal baik untuk tanaman budidaya, sehingga menjadi andalan petani ketika membudidayakan tanaman pada lahan pertanian.

Beberapa contoh manfaat pupuk CNG Pak Tani untuk tanaman adalah seperti pada bawah ini :

  • Bisa menyediakan unsur hara Nitrogen serta Kalsium untuk tanaman budidaya
  • Dapat mengatasi keasaman tanah lahan tanam dan keracunan tanaman
  • Mampu untuk memperbaiki struktur tanah, sehingga tanah lahan pertanian akan lebih gembur
  • Memaksimalkan pertumbuhan sistem perakaran dari tanaman
  • Tanaman akan tumbuh dengan lancar, baik saat masa vegetatif atau generatif
  • Hasil panen tanaman akan lebih meningkat dan kualitasnya cenderung unggul

Selain manfaat tersebut, manfaat pupuk CNG Pak Tani yang lain juga masih banyak, yang dapat petani aplikasikan pada tanaman budidaya.

Walaupun manfaat pupuk CNG Pak Tani untuk tanaman lumayan beragam, petani tetap perlu memperhatikan cara aplikasi pupuk CNG secara tepat.

Untuk cara aplikasi pupuk CNG Pak Tani pada tanaman yang tepat adalah, petani perlu melarutkannya ke dalam air terlebih dahulu.

Dengan dosis penggunaannya sekitar 10 sampai 15 gram atau 2 hingga 3 sendok teh, untuk campuran 10 liter air.

Setelah larut dalam air, petani dapat mengaplikasikannya secara langsung pada beberapa bagian tanaman yang sedang petani budidayakan.

Cara aplikasi pupuk CNG Pak Tani adalah, bisa petani semprot pada bagian daun atau lewat akar, saat petani melakukan pengairan ke tanah.

Petani yang mengikuti cara aplikasi pupuk CNG pada tanaman secara tepat, akan menjaga tanaman agar tetap aman dan pertumbuhannya akan maksimal.

Agar lebih jelas, petani dapat mengetahui dosis dan cara aplikasi pupuk CNG Pak Tani, yang biasanya tertera dalam kemasan produk pupuk ini.

Baca Juga : Jual Bayfolan Pupuk Daun Berkualitas Dari Bayer

Hal Yang Harus Petani Ketahui Sebelum Menggunakan Pupuk CNG

Pada saat akan memanfaatkan manfaat pupuk CNG Pak Tani pada tanaman budidaya, petani perlu untuk mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Dengan petani mengetahui hal ini sebelum memanfaatkan manfaat pupuk CNG Pak Tani pada tanaman, pertumbuhan tanaman akan aman dan berjalan lebih sehat.

Salah satu contoh hal yang harus petani ketahui seperti, waktu aplikasi yang cocok untuk memanfaatkan pupuk CNG Pak Tani pada tanaman.

Pemanfaatan manfaat pupuk CNG Pak Tani sebenarnya bisa petani aplikasikan saat awal penanaman.

Akan tetapi, hal tersebut kurang tepat, karena dalam persiapan lahan pertanian, asupan Nitrogen bisa berasal dari pupuk lain, contohnya urea.

Selain itu, kondisi tanah pada lahan pertanian masih kemungkinan dalam keadaan netral, sebab petani sudah menaburkan kapur dolomit pada lahan.

Sehingga, waktu yang cocok untuk memanfaatkan manfaat pupuk CNG Pak Tani adalah setelah petani menguji unsur hara dalam tanah.

Hal itu bertujuan untuk mencegah pemberian pupuk yang berlebihan pada tanah, serta memastikan tingkat pH tanah sudah tercukupi.

Apabila ketika pemeriksaan tanah hasilnya kekurangan unsur kalsium atau nitrogen dan tingkat pH rendah, petani bisa mengaplikasikan pupuk CNG.

Tetapi, jika petani tidak memeriksa kesuburan tanah, pemberian pupuk CNG Pak Tani dapat petani lakukan saat tanaman akan berbunga.

Karena, dalam tahapan tersebut, keasaman tanah kemungkinan sudah meningkat, karena semakin banyaknya ion hidrogen yang berasal dari akar tanaman.

Ion hidrogen adalah suatu ion asam yang akan berdampak terhadap kondisi tanah lahan pertanian menjadi lebih masam.

Jika tanah terlalu masam, unsur hara makro semacam kalium, magnesium, fosfor dan yang lain tidak akan tersedia untuk tanaman.

Sementara yang akan tersedia hanyalah unsur hara mikro yang akan menyebabkan toksisitas atau keracunan pada tanaman.

Untuk itu, agar tanaman tidak kekurangan kalsium serta menjaga tanah tetap netral, pemanfaatan pupuk CNG harus petani lakukan saat tanaman akan berbunga.

Baca Juga : Jual Bambu Ijo Pupuk Cair Lengkap Kualitas Terbaik Dari Bio Agritech Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *