Jarak Tanam Kangkung Yang Ideal Agar Pertumbuhannya Lancar

budidaya kangkung, tanaman kangkung, menanam kangkung, cara tanam kangkung, media tanam kangkung

Jarak Tanam Kangkung Yang Tepat Serta Penanaman Dengan Benar

budidaya kangkung, tanaman kangkung, menanam kangkung, cara tanam kangkung, media tanam kangkung
Jual Benih Tanaman Kangkung Berkualitas Unggulan Harga Terjangkau | LMGA AGRO

Dalam sayuran kangkung, terdapat beraneka ragam kandungan gizi serta nutrisi, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta menangkal penyakit berbahaya.

Tidak mengherankan, sayuran kangkung menjadi kesukaan oleh banyak masyarakat, karena dapat berkhasiat sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Ketika melakukan budidaya tanaman kangkung pada lahan pertanian, petani perlu untuk menerapkan jarak tanam kangkung yang tepat.

Dengan menjalankan jarak tanam kangkung yang tepat, tanaman kangkung akan tumbuh lancar serta optimal dan tidak terhalang oleh gangguan satupun.

Pertumbuhan dari tanaman kangkung yang berjalan dengan lebih maksimal dan sehat, berpotensi dapat menghasilkan panen berproduksi tinggi dan berkualitas bagus.

Oleh sebab itu, saat budidaya tanaman kangkung petani harus menjalankan jarak tanam kangkung yang tepat, supaya tanaman menghasilkan panen berproduksi melimpah.

Jarak tanam kangkung yang tepat adalah sekitar 5 X 10 cm, agar tidak terlalu rapat, dan mampu untuk tumbuh dengan lancar serta optimal.

Selain melaksanakan jarak tanam kangkung yang tepat, petani juga perlu melakukan penanaman dengan benar, supaya pertumbuhannya berjalan lebih optimal.

Pada bawah ini merupakan beraneka cara penanaman tanaman kangkung dengan benar, agar pertumbuhan tanaman berjalan lancar serta memproduksi panen melimpah.

Memilih Benih Terbaik

Sebelum melaksanakan kegiatan budidaya, terlebih dahulu petani harus memilih benih terbaik, yang akan petani manfaatkan ketika budidaya.

Petani biasanya menggunakan benih tanaman kangkung yang berkualitas terbaik dan tahan serangan berbagai jenis penyakit tanaman yang berbahaya.

Dengan memakai benih tanaman kangkung yang kualitasnya unggulan serta tahan penyakit, pertumbuhannya akan berjalan sehat serta tidak terhalang apapun.

Tanaman kangkung yang tumbuh dengan sehat dan tidak terganggu oleh apapun, berpotensi mampu memproduksi panen yang melimpah dan berkualitas unggul.

Sehingga, ketika memilih benih kangkung, petani sebaiknya memanfaatkan benih berkualitas terbaik serta anti penyakit, selain melaksanakan jarak tanam kangkung yang tepat.

Petani dapat membeli berbagai merek benih kangkung yang berkualitas unggul dan berharga terjangkau pada Toko Pertanian LMGA AGRO.

Menyiapkan Lahan Pertanian

Sebelum menerapkan jarak tanam kangkung yang tepat, petani harus menyiapkan lahan pertanian yang akan petani gunakan ketika menjalankan budidaya.

Langkah awal dari menyiapkan lahan pertanian adalah, petani perlu memusnahkan gulma dan bekas tanaman yang petani budidayakan sebelumnya.

Jika lahan pertanian sudah terbebas dari gulma dan bekas tanaman, petani dapat mulai melakukan penggemburan tanah.

Untuk menggemburkan tanah, petani dapat mencangkul atau membajaknya dengan kedalaman sekitar 30 cm.

Kemudian, petani dapat membuat bedengan dengan lebar sekitar 1 meter, serta panjangnya petani sesuaikan dengan luas lahan pertanian.

Untuk jarak bedengan yang optimal adalah sekitar 40 cm, yang dapat berguna menjadi drainase lahan, supaya bisa berjalan dengan baik.

Memberikan Pupuk Dasar

Proses budidaya tanaman kangkung yang selanjutnya adalah, petani dapat memberikan pupuk dasar pada sekitar bedengan lahan pertanian.

Tujuan dari memberikan pupuk dasar pada tanaman kangkung adalah, supaya keperluan unsur hara serta nutrisi tanaman kangkung dapat tercukupi dengan baik.

Petani bisa memberikan pupuk kandang pada lahan pertanian sekitar 2 – 3 hari sebelum penanaman benih tanaman kangkung.

Untuk pupuk yang dapat petani manfaatkan merupakan kotoran ayam, sebab pupuk ini mudah terurai bila dibanding pupuk dari kotoran sapi atau kambing.

Berikan pupuk kandang kotoran ayam dengan dosis sekitar 10 ton, apabila petani melaksanakan budidaya pada lahan pertanian satu hektar.

Setelah pemberian pupuk dasar, lahan pertanian sebaiknya petani biarkan selama 3 hari, supaya pupuk bisa terurai dengan sangat baik.

Menanam Benih

Proses menanam benih tanaman kangkung dapat petani lakukan dengan dua cara, yakni menyebar benih dan memakai sistem tugal.

Tetapi, sistem menyebar benih memerlukan tenaga kerja yang terampil, supaya penyebarannya bisa lebih merata.

Untuk menanam benih tanaman kangkung dengan sistem tugal, petani bisa mengatur jarak tanam kangkung yang tepat, supaya pertumbuhannya maksimal.

Jarak tanam kangkung yang tepat adalah sekitar 5 X 10 cm, agar tanaman bisa tumbuh dengan lebih lancar dengan optimal.

Pada setiap lubang tanam, petani dapat mengisi sekitar 2 sampai 3 benih tanaman kangkung yang berkualitas terbaik.

Dalam menanam benih, petani sebaiknya tidak melakukannya terlalu dalam, sebab tanaman tidak memerlukan sistem perakaran yang terlalu kuat.

Menanam tanaman kangkung dengan sistem tugal memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi tanaman nantinya akan memproduksi panen berkualitas unggul.

Baca Juga : Merk Bibit Kangkung Yang Bagus Harga Murah Idola Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *