Umur Panen Labu Air Berkualitas Hingga Siap Petani Pasarkan

Budidaya labu air, daun labu air, tanaman labu air panjang, tanaman blonceng, labu putih, LMGA AGRO

Persiapan Lahan

Sebelum melakukan budidaya tanaman labu air, petani perlu melakukan pengolahan lahan pertanian yang akan petani gunakan untuk budidaya labu air.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani lakukan mulai dari pembersihan tanaman liar atau gulma yang terdapat pada lahan.

Apabila tanaman liar sudah petani bersihkan, petani bisa melakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 25 cm dan kedalaman 20 cm.

Jika lubang tanam sudah petani buat, petani bisa memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan konsentrasi 5 kg tiap lubang.

Selanjutnya petani bisa diamkan dahulu lubang tanam yang sudah petani campur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Persemaian Bibit

Sebelum melakukan persemaian bibit labu air yang sudah petani pilih, petani bisa melakukan perendaman bibit dengan menggunakan air hangat.

Perendaman bibit labu air terbaik yang sudah petani pilih bisa petani lakukan dengan durasi kurang lebih 1 hingga 2 jam.

Selama melakukan perendaman petani juga bisa menyiapkan tempat perkecambahan bibit dengan menggunakan tisu yang sudah petani basahi dan toples.

Selanjutnya bibit yang sudah petani rendam bisa petani keringkan dan petani masukkan kedalam tisu yang sudah petani basahi.

Tisu yang berisi bibit labu air bisa petani masukkan ke dalam toples dan petani simpan di tempat yang sejuk.

Perkiraan waktu perkecambahan labu air yang petani kecambahkan kurang lebih selama 1 – 2 minggu tergantung bibit yang petani gunakan.

Apabila tunas bibit labu air sudah memiliki akar dengan panjang 5 mm hingga 1 cm petani bisa melanjutkan ke proses persemaian.

Sebelum melakukan persemaian bibit labu air setelah perkecambahan, petani perlu menyiapkan media tanam terlebih dahulu.

Petani bisa membuat media tanam dengan menggunakan campuran pasir halus, tanah, sekam, dan campuran pupuk organik berkualitas.

Bibit labu air hasil perkecambahan bisa petani masukkan ke dalam media semai dengan menggunakan pinset agar tidak terkena tangan.

Media persemaian yang sudah petani isi dengan bibit labu air harus petani siram dan petani simpan di yang sejuk.

Petani bisa melakukan pemindahan tanam bibit labu air ketika bibit mulai terdapat 4 helai daun atau lebih.

Penanaman Bibit

Setelah petani melakukan pengolahan lahan dan persemaian benih, petani bisa melanjutkan ke proses penanaman bibit labu air.

Apabila bibit labu air hasil semai sudah petani tanam, petani bisa memberikan abu sekam pada tanaman agar tidak terserang hama bekicot.

Pemberian abu sekam bisa petani lakukan pada tanaman labu air muda hingga tanaman tumbuh dengan tinggi 25 cm.

Selanjutnya petani bisa melakukan pembuatan ajir untuk menjaga pertumbuhan tanaman labu air dan mampu menopang buah labu air.

Ajir yang petani buat bisa menggunakan bahan bambu atau bahan lain dengan tinggi ajir kurang lebih 1,5 m.

Lebar ajir yang petani buat bisa petani sesuaikan dengan kondisi lahan pertanian yang petani gunakan untuk budidaya labu air.

Baca Juga : Labu Air Hibrida Orbit Tanaman Langka Untung Nyata

Petani Perlu Melakukan Perawatan Tanaman Labu Air

Untuk mendapatkan tanaman labu air yang produktif dan tumbuh subur petani perlu melakukan perawatan tanaman saat melakukan budidaya labu air.

Dengan melakukan perawatan tanaman labu air petani juga bisa membantu petani karena tanaman menjadi tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Petani pun bisa lebih mudah dalam melakukan pengendalian hama dan penyakit serta mengurangi penggunaan pestisida pada saat budidaya.

Dengan mengurangi penggunaan pestisida bisa membuat tanaman labu air tumbuh lebih subur karena lahan tidak terkontaminasi bahan kimia.

Tanaman labu air yang tumbuh subur dapat membantu petani mendapatkan hasil panen labu air yang berkuantitas tinggi dan berkualitas.

Berikut ini merupakan cara melakukan perawatan tanaman labu air untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *