Budidaya Semangka Inul Kuning Menguntungkan Banyak Petani

Budidaya semangka inul, masa panen semangka, umur panen semangka, cara merawat pohon semangka, perawatan semangka, Lmga Agro

Persemaian Bibit Semangka Inul Kuning

Untuk melakukan persemaian bibit semangka inul kuning, petani bisa merendam bibit semangka inul kuning dengan menggunakan air hangat 24 jam.

Selanjutnya bibit semangka inul kuning bisa petani bungkus dengan menggunakan kain basah selama 12 jam hingga menjadi kecambah.

Bibit semangka inul kuning yang sudah berkecambah bisa petani pindah tanam ke bedengan semai atau ke polibag yang berisi humus.

Petani juga perlu menjaga kelembaban media semai dengan cara menyiram agar media semai tidak kering dan selanjutnya petani biarkan.

Media semai sebaiknya petani jauhkan dari sinar matahari langsung dan tanaman harus petani rawat hingga muncul daun beberapa helai.

Penanaman Bibit Semangka Inul Kuning

Sebelum melakukan penanaman semangka inul kuning, sebaiknya petani melakukan pelubangan tanah yang petani tutup dengan mulsa plastik sedalam 10 cm.

Jarak antar lubang tanam yang perlu petani buat adalah dengan lebar 15 cm agar tanaman semangka inul kuning tumbuh optimal.

Sebaiknya pemindahan tanam bibit semangka inul kuning petani lakukan ketika sore hari untuk menghindari sinar matahari langsung.

Akan lebih baik apabila lubang tanam petani kocori dengan menggunakan larutan pupuk npk, insektisida, dan fungisida.

Setelah bibit semangka inul kuning petani tanam di lahan pertanian, sebaiknya petani siram area bedengan dengan air secukupnya.

Jika petani bisa melakukan cara menanam semangka inul yang baik dan benar seperti diatas membuat petani bisa mendapatkan panen lebat.

Panen semangka inul kuning yang lebat dan berkualitas membuat petani berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Baca Juga : BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09 HIBRIDA F1

Perawatan Semangka Inul Untuk Menyuburkan Tanaman

Budidaya semangka inul, masa panen semangka, umur panen semangka, cara merawat pohon semangka, perawatan semangka, Lmga Agro
Petani Harus Merawat Tanaman Semangka Inul Agar Subur

Perawatan tanaman semangka inul kuning merupakan bagian dari budidaya semangka inul kuning yang baik dan benar agar menghasilkan tanaman berkualitas.

Petani juga perlu melakukan perawatan tanaman semangka inul kuning untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh seragam dan merata.

Selain itu, perawatan tanaman semangka inul kuning juga bertujuan untuk mencegah hama dan penyakit menyerang tanaman semangka inul kuning.

Tanaman semangka inul kuning yang tidak terserang hama dan penyakit akan tumbuh subur dan optimal.

Dengan begitu petani bisa mendapatkan panen semangka inul kuning yang berkualitas tinggi dan berkuantitas tinggi agar petani bisa untung besar.

Berikut ini merupakan cara perawatan tanaman semangka inul kuning yang baik dan benar agar tanaman tumbuh subur:

Penyulaman Tanaman

Penyulaman atau rotasi tanaman semangka inul kuning perlu petani lakukan untuk merotasi tanaman semangka inul kuning yang gagal tumbuh.

Petani bisa merotasi tanaman semangka inul kuning yang gagal tumbuh dengan menggunakan bibit semangka inul kuning yang bagus sisa persemaian.

Hal itu bertujuan untuk mendapatkan tanaman semangka inul kuning yang seragam ketika petani melakukan budidaya di lahan pertanian.

Penyiangan Tanaman

Ketika melakukan budidaya semangka inul kuning di lahan pertanian, petani perlu melakukan penyiangan tanaman liar atau gulma.

Gulma akan mengganggu tanaman semangka inul kuning muda yang sedang tumbuh dan mengakibatkan tanaman berebut zat hara dengan gulma.

Tanaman semangka inul kuning muda yang berebut nutrisi dalam tanah dengan gulma maka akan mengakibatkan tanaman tidak tumbuh seragam.

Dengan tumbuhnya tanaman semangka inul kuning yang tidak seragam maka akan mempengaruhi proses panen yang akan petani lakukan.

Penyiangan gulma bisa petani lakukan dengan cara mencabut gulma yang berada di sekitar lahan pertanian yang petani gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *