Budidaya Seledri Amigo Berpotensi Menguntungkan Petani

Sayur seledri, cara menanam bibit seledri, khasiat seledri, bibit seledri besar, cara menyuburkan tanaman seledri, LMGA AGRO

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang tinggi mampu untuk meningkatkan resiko terserang penyakit  jantung maupun stroke.

Untuk itu seledri mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga bisa menekan resiko terserang penyakit tersebut.

Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 membuktikan bahwa kandungan air dalam sayur seledri mencapai 90 hingga 99 %.

Dengan begitu sayur seledri mampu untuk menjaga tubuh kita untuk tetap terhidrasi dengan baik dan tidak dehidrasi.

Bagi orang yang sering mengalami dehidrasi bisa mulai mengkonsumsi sayuran seledri menjadi salah satu cemilan saat udara panas.

Baca Juga : Sayuran Hijau Bergizi Jadi Peluang Usaha Petani

Cara Menanam Seledri Amigo Agar Tanaman Berkualitas

Sayur seledri, cara menanam bibit seledri, khasiat seledri, bibit seledri besar, cara menyuburkan tanaman seledri, LMGA AGRO
Cara Membuat Seledri Amigo Menghasilkan Tanaman Berkualitas

Budidaya tanaman merupakan salah satu kegiatan pertanian yang menjadi favorit petani dalam dunia pertanian untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu jenis tanaman yang bisa petani budidayakan di lahan pertanian milik petani adalah tanaman seledri yang memiliki banyak peminat.

Untuk melakukan budidaya seledri petani perlu melakukan pemilihan bibit seledri terbaik yang bisa menghasilkan tanaman seledri berkualitas tinggi.

Bibit seledri terbaik yang bisa menjadi pilihan petani untuk budidaya seledri adalah bibit seledri Amigo Cap Panah Merah.

Untuk melakukan budidaya seledri amigo yang baik dan benar, petani perlu mengetahui cara menanam seledri amigo yang baik dan benar.

Apabila petani mengetahui dan menerapkan cara menanam seledri yang baik dan benar petani berpotensi mendapatkan tanaman seledri yang berkualitas.

Budidaya seledri amigo yang menghasilkan tanaman seledri berkualitas berpotensi menguntungkan petani karena bisa menghasilkan panen berkualitas.

Berikut merupakan cara menanam seledri yang baik dan benar agar tanaman berkualitas :

Pengolahan Lahan Pertanian

Sebelum melakukan budidaya seledri amigo sebaiknya petani melakukan pengolahan lahan pertanian agar sesuai dengan syarat tumbuh tanaman seledri.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani lakukan secara bertahap dengan cara mencangkul tanah untuk mendapatkan lahan pertanian yang gembur.

Lahan pertanian perlu petani cangkul dengan kedalaman 30 – 40 cm dan selanjutnya bisa petani diamkan dulu selama 15 hari.

Selanjutnya petani bisa melakukan pembuatan bedengan dengan lebar 80 hingga 100 cm dengan tinggi 30 cm, dan panjang sesuai lahan.

Jarak antar bedengan yang perlu petani buat agar tanaman seledri tumbuh optimal adalah 30 hingga 40 cm.

Petani juga perlu membuat parit antar bedengan untuk drainase dan pengairan lahan pertanian yang petani gunakan untuk budidaya seledri amigo.

Selanjutnya petani bisa melakukan pemupukan pertama dengan menggunakan pupuk kandang 2kg /m2 pada bedengan dan bisa petani campur pasir.

Petani juga perlu menutup bedengan dengan menggunakan mulsa plastik agar bedengan tidak terdapat gulma lagi.

Persemaian Bibit Seledri

Untuk melakukan persemaian bibit seledri amigo, petani bisa lakukan di bedengan semai yang memiliki lebar 100 cm, tinggi 40 cm.

Sebelum petani semai, bibit seledri amigo bisa petani rendam dulu dengan menggunakan air hangat selama 15 menit.

Bibit seledri amigo petani semai dalam larikan sedalam 0,5 cm dengan jarak antar larikan adalah 10 hingga 20 cm.

Petani bisa memindahkan bibit seledri amigo hasil semai setelah berusia 1 bulan atau sudah memiliki 3 hingga 4 helai daun.

Pemindahan tanam bibit seledri amigo sebaiknya petani lakukan ketika sore hari agar tidak terkena terik sinar matahari.

Setelah melakukan pemindahan tanam bibit seledri amigo, sebaiknya petani melakukan  penyiraman agar tanaman tidak layu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *