Jual Benih Pohon Semangka Buah Lebat Menguntungkan Petani

Jenis jenis semangka, pohon semangka kuning, pohon semangka inul, cara membuat buah semangka besar, umur panen semangka, Lmga Agro

Penyulaman Tanaman Semangka

Petani bisa melakukan penyulaman tanaman semangka paling lambat ketika tanaman berusia 3 hari setelah tanam hingga tanaman berusia 10 hari.

Tanaman semangka yang sudah tua tidak perlu petani sulam untuk menghindari pertumbuhan tanaman semangka yang tidak seragam.

Karena hal itu akan mempengaruhi proses perawatan tanaman yang sudah dewasa dan pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka.

Pemangkasan

Perawatan tanaman semangka selanjutnya adalah pemangkasan tanaman semangka pada cabang yang tidak produktif untuk membentuk cabang baru yang optimal.

Pemangkasan tanaman semangka petani lakukan dengan tujuan untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh seragam dan menekan resiko tanaman terserang hama penyakit.

Selain itu pemangkasan tanaman juga akan membantu merangsang tumbuhnya tunas baru yang produktif dan menjamin tanaman semangka berproduksi secara maksimal.

Pengairan Tanaman Semangka

Pada saat melakukan budidaya pohon semangka, sebetulnya petani tidak perlu banyak melakukan pengairan karena tanaman tidak membutuhkan banyak air.

Pemberian air sebaiknya petani lakukan secara efisien agar tanaman menghasilkan produksi optimal dan menekan biaya produksi.

Pengairan tanaman tidak boleh berlebihan karena tanaman semangka tidak menyukai lahan pertanian yang basah dan terlalu berair.

Ketika musim kemarau petani bisa melakukan pengairan tanaman semangka sebanyak dua kali sehari sampai tanaman semangka akan berbunga.

Setelah proses pembungaan selesai, petani sebaiknya tidak melakukan pengairan agar pembentukan buah semangka tidak buruk dan semangka tidak mudah pecah.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Petani selanjutnya bisa melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman semangka yang terindikasi terserang hama dan penyakit.

Untuk mengendalikan hama dan penyakit petani bisa melakukan sanitasi lahan pertanian milik petani dan petani bisa melakukan penyemprotan pestisida yang sesuai.

Jenis pestisida yang bisa petani gunakan meliputi insektisida, bakterisida, fungisida, akarisida, dan herbisida dan petani sesuaikan dengan hama dan penyakit.

Penyemprotan pestisida juga harus sesuai dengan dosis yang tertera dan tidak boleh berlebihan agar lahan pertanian tidak teracuni.

Selain itu, penyemprotan pestisida yang berlebihan juga akan mengakibatkan hama dan penyakit bermutasi dan menjadi tahan akan pestisida.

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan bisa petani lakukan dengan cara pengocoran dengan tujuan agar buah hasil panen semangka bisa berkualitas super.

Untuk melakukan pemupukan susulan pertama bisa petani lakukan ketika tanaman semangka berusia 5 hari setelah tanam.

Pupuk yang bisa petani gunakan adalah pupuk NPK dengan dosis 3 kg dan pupuk ZK dengan dosis 1 kg.

Pupuk tersebut bisa petani larutkan kedalam air sebanyak 200 liter untuk petani gunakan 1000 tanaman dengan dosis 200 ml per tanaman.

Pemupukan susulan kedua bisa petani lakukan ketika tanaman semangka berusia 15 hari setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK dan ZK.

Dan pemupukan susulan ketiga bisa petani berikan ketika tanaman memasuki usia 25 hingga 30 hari setelah tanam dengan pupuk NPK.

Baca Juga : Semangka Merah Jenis Buah – buahan Favorit Masyarakat Idola Petani Sukses

Bibit Semangka Terbaik Yang Bisa Menjadi Pilihan Petani

Jenis jenis semangka, pohon semangka kuning, pohon semangka inul, cara membuat buah semangka besar, umur panen semangka, Lmga Agro
Petani Memilih Bibit Semangka Terbaik Untuk Petani Tanam

Bibit semangka merupakan salah satu faktor penentu yang sukses atau tidaknya petani dalam melakukan budidaya tanaman semangka di lahan pertanian.

Petani perlu melakukan pemilihan bibit semangka terbaik yang mampu untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas dan menghasilkan buah yang berkualitas super.

Selain itu bibit semangka terbaik juga memiliki keunggulan yang bisa membantu dan menguntungkan petani dalam melakukan budidaya tanaman semangka.

Petani akan terbantu karena bibit semangka terbaik akan menghasilkan tanaman semangka yang memiliki resistensi tinggi terhadap hama dan penyakit.

Keuntungan yang petani dapatkan adalah benih semangka terbaik akan menghasilkan tanaman yang produktif dan bisa menghasilkan panen berkualitas.

Berikut merupakan bibit semangka terbaik yang bisa menjadi pilihan utama petani :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *