Cara Menyuburkan Tanaman Seledri Untungkan Petani

Khasiat seledri, manfaat daun seledri, manfaat seledri, khasiat daun seledri, menyuburkan tanaman

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Sayur seledri  memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Seledri sudah banyak peneliti dan peneliti buktikan mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Apabila kadar kolesterol jahat dalam darah masih banyak akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung atau stroke.

Hasil ekstrak seledri juga peneliti buktikan mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mencegah Terjadinya Peradangan

Dalam sayuran seledri memiliki kandungan apigenin yang mempunyai sifat yang baik yaitu antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri serta antioksidan.

Kandungan tersebut mampu untuk membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya serangan penyakit kanker.

Baca Juga : Jual Jenis Bibit Seledri Unggul Favorit Petani

Cara Menanam Seledri Yang Baik Dan Benar Agar Petani Sukses

Khasiat seledri, manfaat daun seledri, manfaat seledri, khasiat daun seledri, menyuburkan tanamanSebelum melakukan petani melakukan budidaya tanaman seledri, petani perlu mengetahui cara menanam seledri yang baik dan benar .

Selain cara menanam seledri yang baik dan benar, petani juga perlu mengetahui cara menyuburkan tanaman seledri yang petani budidayakan.

Untuk cara menanam seledri yang baik dan benar petani bisa memulai dengan menyesuaikan lahan pertanian dengan syarat tumbuh tanaman seledri.

Tanaman seledri cocok untuk petani budidayakan pada lahan pertanian yang terletak di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Tanaman seledri juga membutuhkan udara yang sejuk dengan kelembaban udara mencapai 80 % hingga 90 %.

Selain itu, tanaman seledri juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak tahan akan curah hujan yang tinggi.

Oleh karena itu petani bisa melakukan budidaya tanaman seledri ketika memasuki akhir dari musim hujan yang memiliki curah hujan rendah.

Tanaman seledri membutuhkan tanah yang ideal seperti tanah yang subur dan mengandung humus, drainase yang bagus, serta pH tanah stabil.

Tingkat pH tanah yang tanaman seledri butuhkan adalah berkisar antara 5,5 hingga 6,5 atau bisa juga  pada 6,0 hingga 6,8.

Tanah yang mengandung kalsium, natrium, boron, dan fosfor menjadi favorit tanaman seledri untuk hidup dengan baik dan subur.

Setelah semua itu terpenuhi barulah petani bisa memulai cara menanam seledri yang baik dan benar dengan mengikuti cara sebagai berikut:

Pengolahan Lahan Pertanian

Untuk melakukan pengolahan lahan pertanian, petani bisa melakukan pencangkulan lahan pertanian dan penggaruan tanah.

Petani juga perlu melakukan pembuatan bedengan kasar dengan lebar 110 hingga 120 cm dan tinggi 40 hingga 70 cm. Bedengan kasar juga harus terdapat parit dengan lebar 50 hingga 70 cm.

Pemberian kapur juga perlu petani lakukan pada lahan pertanian milik petani apabila tingkat pH tanah di bawah 6,5.

Petani juga bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang yang sudah petani fermentasi dengan konsentrasi 20 ton / ha.

Selanjutnya petani bisa melakukan pencampuran / pengadukan bedengan agar pupuk yang petani berikan bisa tercampur rata dengan tanah.

Petani juga perlu melakukan pembuatan jarak tanam dengan jarak ideal 60 cm x 60 cm antar tanaman agar tumbuh optimal.

Penanaman

untuk cara menanam seledri yang baik dan benar selanjutnya petani bisa melakukan penanaman bibit seledri di lahan pertanian.

untuk membantu mempermudah petani dalam proses perawatan dan pengairan, petani bisa membuat parit di sekitar areal tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *