Jual Bibit Melon Unggulan Harga Murah Untuk Petani

Tanam melon, pohon melon, jenis jenis melon, budidaya melon, cara menanam melon

Penyulaman

Penyulaman tanaman melon perlu petani lakukan ketika petani melakukan budidaya tanaman melon di lahan pertanian milik petani.

Petani perlu melakukan penyulaman tanaman dengan tujuan merotasi tanaman yang gagal tumbuh dengan baik di lahan pertanian.

Tanaman melon yang gagal tumbuh bisa petani rotasi dengan benih sisa semai yang terlihat bagus dan bisa tumbuh dengan baik.

Penyulaman tanaman melon bisa petani lakukan setiap 3 – 5 hari setelah tanam pada lahan pertanian.

Setelah melakukan penyulaman tanaman melon lebih baik petani melakukan penyiraman tanaman melon baru.

Untuk melakukan penyulaman tanaman melon lebih baik petani lakukan pada sore hari ketika tidak terkena sinar matahari langsung.

Penyiangan

Penyiangan tanaman perlu petani lakukan untuk membasmi gulma atau rumput liar yang terletak di lahan pertanian yang petani tanam melon.

Gulma atau rumput liar harus petani cabut atau petani bersihkan agar tanaman melon tidak berebut nutrisi dengan gulma.

Apabila tanaman melon yang petani budidayakan berebut nutrisi dengan gulma akan mengakibatkan tanaman melon bisa layu.

Penyiraman

Petani bisa melakukan penyiraman tanaman melon sejak awal masa pertumbuhan tanaman hingga masa panen tiba kecuali terkena air hujan.

Saat melakukan penyiraman usahakan untuk tidak membasahi daun tanaman melon dan air yang terkena tanah tidak mengenai buah dan daun.

Penyiraman tanaman melon bisa petani lakukan ketika pagi sekali sebelum tanaman melon terkena sinar matahari langsung.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman melon petani  bisa melakukan sanitasi lahan pertanian atau menggunakan pestisida yang sesuai.

Pestisida hama dan penyakit yang bisa petani gunakan seperti insektisida, akarisida, herbisida, bakterisida, dan fungisida.

Petani harus memilih pestisida yang sesuai dengan hama dan penyakit yang menyerang tanaman melon yang petani budidayakan.

Penggunaan pestisida juga perlu petani perhatikan dosis yang akan petani gunakan agar tidak berlebihan atau bisa petani lihat pada kemasan.

Penggunaan pestisida yang berlebihan akan mengakibatkan hama dan penyakit tanaman melon bermutasi dan menjadi kebal akan pestisida.

Baca Juga : Mengenal Hama Tanaman Melon Dan Obatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *