Cara Menanam Tomat Mutiara Known You Seed Mudah Menguntungkan

cara menanam tomat mutiara,budidaya tomat,benih tomat,bibit tomat,petani,lmga agro

Persemaian Benih Tomat

Langkah pertama yang perlu petani lakukan dalam cara menanam tomat Mutiara Known You Seed adalah persemaian benih. Proses persemaian benih tomat Mutiara penting untuk petani lakukan agar mendapatkan bibit tomat dengan kualitas terbaik.

Petani bisa memulai proses persemaian benih tomat Mutiara dengan mempersiapkan wadah seperti polybag maupun tray semai. Penggunaan polybag untuk persemaian benih tomat lebih direkomendasikan karena meminimalisir stres pada tanaman ketika hendak pindah tanam.

Proses persemaian benih tomat Mutiara bisa petani lakukan dengan membuat lubang pada tengah media tanam sedalam 1 cm. Kemudian benamkan benih tomat Mutiara dan tutup kembali dengan tanah.

Dalam satu polybag petani hanya perlu menanam 1 butir benih tomat Mutiara. Setelah itu, rawat benih tanaman hingga menjadi bibit tomat, sekitar 35-40 hari.

Pengolahan Lahan Pertanian

Pengolahan lahan pertanian menjadi langkah selanjutnya yang bisa petani lakukan dalam rangkaian cara menanam tomat Mutiara. Proses ini penting untuk petani lakukan karena berkaitan dengan pertumbuhan tanaman tomat nantinya.

Langkah pertama yang perlu petani lakukan adalah mengecek tingkat keasaman dari lahan pertanian dengan pH meter. Pastikan lahan pertanian memiliki pH ideal antara 5.5-7, apabila nilai pH terlalu asam maka petani bisa melakukan pengapuran dengan dolomit.

Kemudian petani bisa mengolah lahan pertaniannya dengan memanfaatkan alat pertanian seperti mesin bajak atau cangkul. Proses pembajakan lahan bisa petani lakukan hingga tekstur tanah menjadi gembur.

Lalu, petani bisa membuat bedengan dengan ukuran tinggi 30 cm, lebar 1 meter, dan panjang menyesuaikan dengan lahan pertanian. Selain itu, atur jarak antar bedengan sepanjang 30-40 cm dan diamkan selama 1 minggu.

Kemudian lakukan proses pemupukan dasar pada lahan pertanian dengan pupuk organik sebanyak 20 ton/ha lahan pertanian. Sebarkan merata pada semua permukaan bedengan yang sebelumnya sudah petani buat.

Apabila petani ingin lahan pertanian lebih kaya akan fosfor bisa menambahak TSP 5 gram/tanaman. Setelah itu, biarkan lahan pertanian selama 1 minggu agar pupuk mampu bekerja dan meresap dalam tanah.

Kemudian tutup bedengan dengan mulsa pertanian guna menjaga tingkat kelembaban lahan pertanian. Selain itu, penggunaan mulsa pertanian juga mampu menekan pertumbuhan gulma yang merugikan petani.

Pemindahan Bibit Tomat Mutiara

Sebelum memulai proses pemindahan bibit tomat, petani perlu membuat lubang tanam satu hari sebelum pemindahan bibit. Langkah ini penting dalam proses atau cara menanam tomat Mutiara di lahan pertanian.

Pembuatan lubang tanam bisa petani lakukan dengan memanfaatkan alat pelubang mulsa yang bisa petani beli di LMGA Agro. Proses pelubangan mulsa bisa petani atur 2 jalur pada setiap bedengan di lahan pertanian.

Jarak antar lajur di bedengan sekitar 70-80 cm dan jarak lubang tanam pada tiap lajurnya petani atur sekitar 40-50 cm. Sedangkan untuk kedalaman lubang tanam bisa petani buat sedalam 5-7 cm/lubang tanam.

Petani bisa menyiram lubang tanam hingga basah sebelum proses pemindahan bibit tomat Mutiara dimulai. Hal yang sama juga petani lakukan pada polybag bibit tomat agar mudah untuk petani pindahkan.

Masukkan bibit tomat ke lubang tanam secara hati-hati lalu tutup dan ratakan kembali dengan tanah disekitarnya. Kemudian siram kembali bibit yang sudah petani tanam guna menjaga tingkat kelembabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *