Obat Pembasmi Ulat Pada Tanaman Jagung Ampuh Pilihan Petani

obat pembasmi ulat pada tanaman jagung,budidaya jagung,pestisida,insektisida,lmga agro

Jenis Hama Ulat Perusak Tanaman Jagung

Hama tanaman menjadi ancaman serius bagi usaha budidaya tanaman yang banyak petani lakukan termasuk tanaman jagung. Hal ini karena, hama mampu merusak dan membuat kualitas pertumbuhan tanaman jagung menurun.

Jenis-jenis hama tanaman cukup banyak mulai dari serangga, hewan pengerat, burung, hingga moluska. Ulat menjadi salah satu jenis hama tanaman jagung yang cukup meresahkan dan merugikan bagi para petani jagung.

Hal ini karena, serangan hama ulat pada tanaman jagung mampu merusak beberapa bagian tanaman jagung. Sehingga, tanaman jagung menjadi cacat dan berpotensi menurunkan hasil produksi panen budidaya.

Hama ulat yang menyerang tanaman jagung memiliki beberapa jenis berbeda dan para petani harus mengetahuinya. Sehingga, petani bisa melakukan langkah pencegahan dan pengendalian seperti penggunaan obat pembasmi ulat pada tanaman jagung.

Selain itu, langkah pencegahan dan pengendalian lain juga bisa petani lakukan guna melindungi kualitas pertumbuhan tanaman jagung. Berikut ini terdapat beberapa jenis hama ulat yang menyerang tanaman jagung dan merugikan petani.

Ulat Daun

Ulat daun merupakan jenis hama ulat pada tanaman jagung yang menyerang bagian pucuk daun pada tanaman yang berumur 1 bulan. Sehingga, tanaman jagung akan mengalami kerusakan pada bagian daun ketika sudah bertumbuh.

Tanaman jagung yang telah terserang oleh hama ulat daun akan mengalami proses fotosintesis yang kurang sempurna. Sehingga, membuat kualitas pertumbuhan tanaman jagung tidak bisa maksimal dan berpotensi merugikan bagi petani.

Ulat Grayak

Ulat grayak termasuk dalam kelompok hama ulat yang menyerang tanaman jagung secara bergerombol. Sehingga, daun tanaman yang diserang oleh ulat grayak hanya akan meninggalkan bekas sisa epidermis bagian atas bahkan tulang daun saja.

Oleh karena itu, para petani membutuhkan cara yang tepat guna mencegah dan mengendalikan serangan ulat grayak pada tanaman. Salah satu caranya adalah menggunakan jenis perangkap hama ulat sejak tanaman jagung berumur 2 minggu.

Ulat Tongkol

Ulat tongkol merupakan jenis hama ulat yang menyerang bagian tongkol pada tanaman jagung dan sangat meresahkan bagi petani. Hal ini karena, serangan ulat tongkol meninggalkan bekas gigitan pada biji jagung.

Selain itu, serangan hama ulat tongkol juga mampu melubangi tongkol jagung hingga membentuk sebuah terowongan. Sehingga, petani berpotensi mengalami kerugian besar karena produksi jagung kemungkinan menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *