Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan di Era Digital

peluang usaha pertanian,peluang usaha,usaha pertanian,era digital,lmga agro

Marketplace

Marketplace juga toko online namun perbedaannya dengan E-Commerce adalah penjualnya. E-commerce penjualnya hanya satu orang. Marketplace berisi banyak penjual dan terkenal dengan sebutan mall internet. Marketplace di Indonesia banyak sekali seperti Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain.

Peluang Usaha Pertanian Terbuka Lebar

Hasil Pertanian Berkualitas dan Melimpah

Hasil pertanian merupakan kebutuhan primer manusia. Selain itu, hasil pertanian ini juga berperan penting untuk kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat. Kondisi ini seharusnya bisa terkelola dengan baik oleh orang yang profesional.

Indonesia merupakan negara agraris dengan potensi peluang usaha pertanian terbuka lebar. Dengan adanya internet, menjadikan banyak ide kreatif muncul. Yaitu usaha yang berkaitan dengan pertanian.

Sama dengan usaha lainnya, peluang usaha di pertanian banyak pilihannya. Mulai dari usaha sederhana, sampingan sampai usaha rumahan dengan modal kecil. Bahkan usaha pertanian dengan modal menengah sampai besar.

Dulu usaha pertanian dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Kini daerah perkotaan juga bisa membuka bisnis bidang pertanian. Semua ini bisa kita lakukan dengan mudah bila kita mau menjalani prosesnya.

Baca Juga : Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan

Usaha Pertanian Sayuran Organik

Usaha pertanian ini cukup modern di saat ini. Karena sayuran organik peminatnya adalah masyarakat menengah ke atas. Mereka ini memilih sayuran organik karena sudah menjadi gaya hidup masyarakat kota.

Tak jarang, peluang usaha ini banyak petani lakukan pada lingkungan perkotaan. Menanam sayuran organik pun tidak membutuhkan lahan luas dan berhektar-hektar. Peluang usaha sayuran organik bisa berjalan cukup di pekarangan rumah saja.

Sayuran organik merupakan sayuran yang petani tanam dengan cara alami tanpa pestisida. Sayuran organik juga dipupuk secara alami yaitu kompos dan pupuk kandang. Menanam sayuran organik perlu seorang ahli dengan pengetahuan tentang penanaman sayuran organik.

Karena tanpa pestisida dan pupuk kimia, sulit saat ada serangan hama dan penyakit. Juga selama ini, petani terbiasa mempuk menggunakan pupuk kimia. Karena menggunakan pupuk kimia lebih praktis dan cepat tampak hasilnya ke tanaman.

Sayuran organik juga bisa kitanam secara hidroponik. Menanam sayuran secara hidroponik lebih bersih dan rasanya lebih renyah. Namun teknologi hidroponik cukup mahal sehingga harga sayuran hidroponik memang sangat mahal.

Pemasaran sayuran organik bisa kita jual ke restoran, supermarket atau hotel-hotel mewah. Sayuran organik juga bisa kita kemas plastik khusus dan berlabel.

Peluang usaha sayuran organik menguntungkan. Karena bisa panen 2 sampai 4 kali bahkan lebih. Sebagai tahap awal, bisa petani coba untuk menanam 1 atau 2 jenis sayuran dulu. Seperti sayuran selada atau kangkung. Bila keuntungan meningkat, dapat petani kembangkan dengan menambah jenis sayuran lainnya.

Baca Juga : Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

Usaha Toko Pertanian Lengkap

Toko pertanian sudah ada sejak dulu seiring perkembangan pertanian Indonesia. Toko pertanian lengkap menyediakan benih, pupuk, hormon vitamin tanaman sampai alat pertanian.

Peluang usaha toko pertanian akan terus selalu menguntungkan dan menjanjikan. Apalagi bila petani kelola dengan tepat dan berada pada lokasi tepat pula. Sediakan terutama barang atau alat yang banyak warga sekitar toko cari.

Mendirikan toko petanian juga sama dengan mendirikan toko lainnya. Cukup ada tempat dan modal Anda dapat memulai peluang usaha toko pertanian offline. Lokasi sangat mempengaruhi laris tidaknya usaha toko kita.

Toko pertanian menjadi salah satu usaha menguntungkan untuk wilayah pedesaan karena terdapat banyak petani. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan keuntungan apabila pelaku usaha mendirikan toko pertanian pada wilayah perkotaan. Karena pada wilayah perkotaan juga tak sedikit masyarakat suka berkebun. Berkebun pasti membutuhkan benih, pupuk, pestisida dan lain-lain.

Peluang usaha toko pertanian pada wilayah perkotaan sedikit berbeda dengan toko pertanian pedesaaan. Di kota, Anda harus survey dulu barang apa banyak dibutuhkan masyarakat sekitarnya. Kebutuhannya pasti berbeda dengan petani di desa yang lebih kompleks.

Karena berhubungan dengan pertanian, pemilik toko harus memiliki pengetahuan tentang pertanian. Pemilik toko memiliki pengetahuan tentang bercocok tanam yang cocok dilakukan di kota. Orang kota menyukai menanam secara hidroponik atau organik. Sehingga pestisida cukup disediakan beberapa saja jenisnya.

Toko pertanian di kota tidak perlu menyediakan alat-alat mengolah tanah. Alat mengolah tanah tidak begitu masyarakat kota butuhkan untuk usaha pertanian. Di perkotaan lebih baik disediakan kebutuhan menanam secara hidroponik dan benih hibrida berkualitas.

Baca Juga : Toko Pertanian Usaha Yang Menjanjikan Di Era Go Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *